redesain-navbar Portlet

null

Blog

Seleksi dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Indonesia 2021: Manakah Pilihanmu?

SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ujian Masuk Perguruan Tinggi, photo by Yeh Xintong on Unsplash

Sobat Pintar udah nggak asing lagi dengan macam-macam jalur masuk Pergurun Tinggi Negeri, kan? Iya, untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri, kita bisa menggunakan jalur SNMPTN, SBMPTN, atau Seleksi Mandiri. Tapi seberapa banyak yang Sobat ketahui tentang tiap-tiap jalur masuk kampus negeri itu? For now, kita cari tahu lebih banyak, yuk!

 

SNMPTN

Photo by Jamie Taylor on Unsplash

Apa itu SNMPTN? Kalau tentang kepanjangannya, kita sudah tahu jalur masuk kampus negeri ini adalah akronim dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tapi bagaimana kita menggunakan SNMPTN untuk masuk kampus negeri?

Jalur SNMPTN adalah jalur pertama yang bisa kita coba untuk masuk kampus negeri. Jalur seleksi ini dikenal juga sebagai jalur tanpa tes atau jalur undangan.

Meskipun tanpa tes, bukan berarti SNMPTN adalah jalur termudah untuk masuk kampus negeri. Pasalnya, nilai rapor kita sejak semester I sampai semester V harus cukup menarik bagi Perguruan Tinggi Negeri yang dituju. Selain itu, masih ada sederet pertimbangan-pertimbangan penting yang harus kita perhatikan agar sukses melewati seleksi tanpa tes ini.

Untuk SNMPTN 2021, registrasi akun LTMPT sudah dapat dilakukan sejak 4 Januari yang lalu sampai tanggal 1 Februari 2021. Segera konsultasikan dengan Wali Kelas atau guru BK kalau ingin masuk kampus negeri melalui jalur ini ya, Sobat!

 

SBMPTN

Photo by MChe Lee on Unsplash

Berikutnya, apa itu SBMPTN? Kepanjangan SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, jalur kedua yang bisa kita pilih untuk masuk kampus negeri. SBMPTN dikenal juga sebagai jalur tes karena setiap calon mahasiswa baru wajib mengikuti tes masuk Perguruan Tinggi Negeri. Saat ini tes masuk tersebut ialah UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Jalur SBMPTN adalah pilihan mayoritas calon mahasiswa baru karena siapapun bisa mengikutinya – bukan hanya juara kelas yang rapornya selalu bagus sejak semester I! Makanya, SBMPTN terbilang fair karena setiap kita punya peluang yang sama untuk berjuang dan lolos di ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Basically, beda SNMPTN dan SBMPTN memang terletak pada ujian masuk perguruan tinggi (UTBK) ini. Nilai atau skor UTBK itulah faktor penentu lolos tidaknya kita pada jalur SBMPTN.

Jika SBMPTN menjadi jalur pilihanmu untuk masuk kampus negeri, persiapkan diri sebaik-baiknya ya, Sobat Pintar! Ketahui semua tentang SBMPTN 2021 sesegera mungkin agar persiapanmu juga semakin baik.

 

Seleksi Mandiri

Photo by Armin Rimoldi on Pexels

Yang terakhir, apa itu Seleksi Mandiri? Well, inilah jalur masuk PTN selain SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi Mandiri adalah seleksi calon mahasiswa baru yang dilakukan oleh setiap Perguruan Tinggi Negeri secara mandiri dan independen. Dengan kata lain, ketentuan yang diterapkan saat menyeleksi calon mahasiswa baru pada jalur ini sepenuhnya menjadi kewenangan dari Perguruan Tinggi Negeri masing-masing.

Sebagai contoh, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia masing-masing terkenal dengan Ujian Tulis (Utul UGM) dan Seleksi Masuk (Simak UI) sebagai ujian Seleksi Mandirinya. Sementara itu, Institut Teknologi Bandung baru membuka jalur Seleksi Mandiri pada tahun 2019.

Fleksibilitas Seleksi Mandiri juga tampak pada seleksi calon mahasiswa baru pada tahun 2020. Karena pandemi yang tengah berlangsung, Seleksi Mandiri pada berbagai Perguruan Tinggi Negeri dilakukan dengan menggunakan skor UTBK alih-alih menyelenggarakan ujian di kampus masing-masing.

 

SNMPTN, SBMPTN, atau Seleksi Mandiri?

Photo by Armin Rimoldi on Pexels

Lantas, dari macam-macam jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri di atas, manakah jalur seleksi yang sebaiknya dipilih? It surely is yours to choose, Sobat Pintar. Jika nilai rapormu cukup baik untuk mengikuti SNMPTN, go for it! Bolehkah juara kelas berturut-turut dari semester I mengikuti SBMPTN alih-alih SNMPTN? Boleh-boleh saja!

Bagi mereka yang kurang percaya diri dengan nilai rapornya untuk mengikuti SNMPTN, SBMPTN menjadi tumpuan harapan untuk masuk kampus negeri. And it's okay! Perlu dicatat, karena kesuksesan SBMPTN ditentukan dari hasil UTBK saja, kita harus mau belajar tekun dan berjuang menyiapkan diri menghadapi tes masuk Perguruan Tinggi Negeri ini.

Bagaimana dengan Seleksi Mandiri? Jika dibandingkan dengan SNMPTN dan SBMPTN, mahasiswa pada jalur Seleksi Mandiri dikenakan biaya kuliah yang cenderung lebih tinggi. Some of you may want to take it into account.

After all, dari macam-macam jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri ini, setiap pilihan tentu memiliki sisi-sisi yang tampak sebagai kelebihan atau kekurangan bagi kita masing-masing. Untuk mengetahui syarat SBMPTN, SNMPTN, dan Seleksi Mandiri lebih lanjut, kunjungi laman LTMPT.

180

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Kunjungi Pameran