redesain-navbar Portlet

null

Blog

Contek untuk Seleksi Tahun Berikutnya: Tips dan Trik Lulus SNMPTN 2020/2021

Perbesar peluang lolos SNMPTN dengan berkaca pada seleksi tahun sebelumnya.

Lulus SNMPTN, photo by Isaac Smith on unsplash

Jika Sobat Pintar ingin mengikuti SNMPTN 2021, pasti sudah banyak trik dan tips lulus SNMPTN yang telah diperoleh hingga saat ini. Bukan begitu, Sobat? There's nothing wrong with it. Itung-itung, itu kan bagian dari usaha kita juga – iya, nggak?

But then, has it occurred to your mind that learning from experience is the best teacher? Tentu saja kita belajarnya dari experience para peserta SNMPTN 2020/2021. Nggak harus mengenal semua peserta SNMPTN 2020 satu demi satu, kok. Kita hanya perlu belajar dari SNMPTN yang telah berlangsung dan merumuskan strategi SNMPTN kita sendiri.

So, how was it held? Apa yang bisa kita pelajari dari SNMPTN 2020? Dan bagaimana cara kita menemukan cara lulus SNMPTN tahun depan? Let's read on, Sobat.

 

Pentingnya Nilai Rapor

First thing first, apa itu SNMPTN? SNMPTN adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri selain SBMPTN dan Jalur Mandiri. Jika seleksi pada jalur SBMPTN dan Jalur Mandiri menggunakan nilai tes, SNMPTN menggunakan nilai rapor sebagai tolok ukur prestasi akademik. Jadi, syarat lulus SNMPTN yang utama adalah nilai rapor yang konsisten baik.

Ngomongin tentang nilai rapor, ada beberapa mata pelajaran yang penting di jurusan sekolah yang berbeda – IPA, IPS, Bahasa, dan SMK. Bukan berarti mata pelajaran yang lain tidak penting, ya! Kita hanya ingin menerapkan strategi SNMPTN yang efisien.

 

Prestasi di Luar Kelas Juga Penting

Apakah hanya nilai rapor yang kita butuhkan untuk lulus SNMPTN? No. Jika seluruh peserta SNMPTN punya nilai rapor yang bagus, lantas apa yang membedakanmu dari mereka semua, Sobat? Yes, you need something to make yourself outstanding. Maka, lengkapi strategi SNMPTN yang kita gunakan, yaitu dengan prestasi non-akademik.

Compile sertifikat atau piagam penghargaan dari kejuaraan, lomba, atau olimpiade yang selama ini telah diikuti. Tiap-tiap universitas memiliki ketentuannya sendiri, jadi periksa lagi sertifikat perlombaan di tingkat daerah, nasional, atau internasional yang dibutuhkan – termasuk, juara pada peringkat berapa yang diperkenankan.

 

Perhatikan Pilihan Universitas

Salah satu trik lolos SNMPTN yang penting adalah membuat dirimu istimewa, beda dari yang lainnya. Jika ada ribuan hingga puluhan ribu pendaftar SNMPTN dengan nilai rapor yang baik, prestasi non akademik menjadi nilai plus untukmu.

Speaking of thousands of applicants, mereka semua adalah rivalmu berebut kuota jurusan yang terbatas (udah kayak kuota internet aja, ya!). Semakin banyak rival, semakin sengit juga persaingan masuknya. Dan universitas negeri mana saja yang paling banyak peminatnya pada SNMPTN 2020?

Lima universitas negeri dengan pendaftar SNMPTN terbanyak tahun ini yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Negeri Semarang. Sebenarnya menghindari universitas-universitas ini adalah trik lolos SNMPTN yang paling masuk akal.

 

Perhatikan Pilihan Jurusan

Tapi bagaimana mungkin mengabaikan universitas-universitas negeri sekaliber mereka? Berat, bukan? Kalau begitu, kita coba terapkan strategi SNMPTN berikutnya, Sobat. Apa itu?

Salah satu tips lulus SNMPTN yang penting adalah memilih jurusan yang tepat. Again, sama seperti pilihan universitas. Jurusan populer seperti Manajemen atau Teknik Informatika cenderung banyak peminat sehingga tingkat keketatannya pun tinggi – psst... kedua jurusan ini paling tinggi peminat pada SNMPTN 2020. Jadi, bagaimana tips memilih jurusan SNMPTN?

Idealnya, kita dapat memilih jurusan dengan peluang lolos SNMPTN yang besar. Udah gitu, jurusan itu memang di bidang yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita. But reality is usually unpleasant, isn't it? Nah, trik lolos SNMPTN yang tak kalah penting adalah pada urutan pilihan jurusan.

Urutan pertama selalu menjadi prioritas – baik pada urutan universitas maupun jurusan. Jadi, cara mengurutkan jurusan SNMPTN adalah dengan menempatkan jurusan impianmu (minat) pada pilihan pertama. Pilihan kedua adalah jurusan yang sesuai dengan jurusan sekolah (kemampuan), dan ketiga adalah jurusan dengan tingkat keketatan rendah.

 

 

Adakah tips SNMPTN di atas yang akan digunakan, Sobat? You can surely adjust the tips to your needs. Misalnya, Sobat Pintar ingin lolos SNMPTN di Teknik Informatika Universitas Brawijaya. Boleh banget, Sobat! Be confident with your academic and non-academic achievements.

Banyak jalan menuju Roma, kata pepatah. Strategi SNMPTN terbaik adalah menyiapkan diri sebaik mungkin sejak masuk SMA/ SMK. Tapi seandainya pun kita belum berhasil di SNMPTN, masih ada pintu SBMPTN dan Jalur Mandiri yang bisa kita lewati untuk kuliah di universitas negeri. Jadi, bersemangatlah, Sobat!

310

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp