redesain-navbar Portlet

null

Blog

SBMPTN 2021: Info Terbaru LTMPT, Jadwal, dan Pendaftaran

Mengetahui jadwal dan persyaratan pendaftaran membantu persiapan UTBK-SBMPTN 2021 yang lebih baik.

SBMPTN 2021, photo by Zen Chung on Pexels

Semester enam sudah di depan mata nih, artinya kita harus siap-siap dengan pendaftaran SBMPTN 2021. Jalur masuk PTN yang satu ini memang menjadi pilihan mayoritas pelajar karena berbagai alasan. Tapi apapun alasanmu, kita semua berada pada fase yang sama: menantikan jadwal SBMPTN 2021.

 

Tentang SBMPTN 2021

Photo by Zen Chung on Pexels

Again, jalur masuk kuliah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) menjadi pilihan sebagian besar pelajar. Alasan kita memilih SBMPTN bermacam-macam, misalnya nilai rapor yang enggak banget buat SNMPTN atau justru kepedean bakalan lolos di jalur tes daripada mengikuti seleksi tanpa tes.

Apapun alasanmu mengikuti jalur tes ini, tapi apa itu SBMPTN sebenarnya? SBMPTN adalah seleksi masuk kampus negeri atau PTN berdasarkan hasil UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Kriteria seleksi yang lain dapat disertakan bila kampus atau PTN yang bersangkutan menghendaki demikian.

 

Tentang LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi)

Photo by fotografierende on Unsplash

Jalur SBMPTN dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Lembaga ini mengelola seleksi masuk PTN sejak tahun 2019. Selain SBMPTN LTMPT juga mengelola seleksi masuk kampus negeri pada jalur tanpa tes atau SNMPTN.

Pada jalur SBMPTN LTMPT juga mengelola pelaksanaan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Kompetensi). As we know it, SBMPTN dan UTBK merupakan satu rangkaian yang tak dapat dipisahkan.

 

Jadwal UTBK-SBMPTN 2021

Photo by kaboompics on Pixabay

Sebagai satu rangkaian proses masuk PTN jalur tes, jadwal UTBK tak dapat dipisahkan dari jadwal SBMPTN 2021. UTBK direncanakan akan berlangsung dalam dua gelombang. Setiap harinya, mulai Senin sampai Minggu, akan ada dua sesi yaitu pada waktu pagi dan siang.

Perlu dicatat, ada kemungkinan terjadi perubahan jumlah hari dan sesi guna menyesuaikan dengan jumlah peserta UTBK nantinya. Berikut jadwal SBMPTN 2021 secara keseluruhan.

Jadwal SBMPTN 2021

Kegiatan

7 Februari 2021 – 12 Maret 2021

Registrasi akun LTMPT

15 Maret 2021 – 1 April 2021

Pendaftaran UTBK & SBMPTN

12 – 18 April 2021

UTBK gelombang I

26 April – 2 Mei 2021

UTBK gelombang II

14 Juni 2021

Pengumuman hasil SBMPTN

 

Jika sudah menjadi peserta SNMPTN 2021, Sobat Pintar tak perlu mengulangi tahap pengisian biodata. But, wait! Itu artinya Sobat tidak lolos di SNMPTN. Pasalnya, peserta SNMPTN yang telah lolos seleksi akan ditolak mengikuti pendaftaran SBMPTN 2021.

 

Cara Daftar SBMPTN 2021 Online

Photo by Markus Spiske on Unsplash

Dan bagaimanakah pendaftaran SBMPTN 2021? Seluruh proses pendaftaran SBMPTN 2021 akan dilakukan secara online dengan membuat akun di laman LTMPT SBMPTN 2021.

Setelah mengisi biodata, kita harus mencantumkan pilihan PTN dan program studi. Jika memilih program studi seni dan olah raga, Sobat harus mengunggah portofolio. Setelah menyelesaikan pendaftaran SBMPTN 2021 ini, kita tinggal nungguin pengumuman hasilnya, deh!

 

Persyaratan Peserta SBMPTN

Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Tapi siapa saja yang bisa mengikuti pendaftaran SBMPTN 2021? Dan kalaupun Sobat eligible untuk mengikuti pendaftarannya, ketentuan apa saja yang wajib dipatuhi? Here are the list for you, Sobat Pintar.

1. Siswa SMA/ MA/ SMK/ sederajat yang lulus tahun 2019, 2020, dan 2021.

2. Peserta SBMPTN 2021 wajib mengikuti dan memiliki hasil UTBK 2021.

Untuk mengikuti UTBK, kita harus membayar biaya tes. Bahkan, pembayaran biaya UTBK juga menjadi bagian dari syarat pendaftaran SBMPTN 2021. Berapa biaya yang harus kita siapkan? Berikut ini skema pembiayaannya:

1. Biaya UTBK 2021 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum: Rp Rp200.000,00

2. Biaya UTBK 2021 untuk kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum): Rp300.000,00.

Ketentuan pemilihan program studi juga perlu diperhatikan. Ada dua pilihan, Sobat:

1. Dua program studi pada satu PTN

2. Satu program studi pada satu PTN dan satu program studi lagi pada PTN lain.

 

Persyaratan Sekolah

Photo by Free-Photos on Pixabay

Untuk SBMPTN LTMPT hanya mensyaratkan tahun kelulusan. Tak jadi soal apakah Sobat Pintar lulusan SMA, MA, SMK, atau Paket C (tak berusia lebih dari 25 tahun per 1 Juli 2021). Seluruh proses pendaftaran SBMPTN 2021 menjadi tanggung jawab setiap peserta.

 

Materi Tes UTBK SBMPTN 2021

Photo by jan_photo on Pixabay

Karena SBMPTN merupakan jalur tes, satu-satunya tolok ukur lolos tidaknya peserta adalah pada hasil tes (UTBK). Dan materi tes apa sajakah yang harus kita siapkan?

Tes Potensi Skolastik (TPS)

Tes Potensi Skolastik (TPS) mengukur kemampuan kognitif kita. Ada empat jenis soal TPS, yaitu:

1. Penalaran umum

2. Pengetahuan kuantitatif

3. Pengetahuan dan pemahaman umum

4. Memahami bacaan dan menulis.

Tes Kompetensi Akademik (TKA)

Tes Kompetensi Akademik (TKA) mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan kita. Pada materi tes ini, kita akan bertemu soal-soal HOTS (Higher Order Thingking Skills) sesuai dengan ranah masing-masing (TKA Saintek atau TKA Soshum).

Untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum, alokasi waktu masing-masing untuk mengerjakan soal-soal TPS dan TKA yaitu 195 menit. sedangkan untuk kelompok ujian Campuran, alokasi waktunya 285 menit (TPS + TKA Saintek dan TKA Soshum). Jangan khawatir, Sobat. Aku Pintar selalu sedia membantumu belajar dan berlatih soal ujian – bahkan ada Try Out UTBK-nya juga!

So, are you ready for your test, Sobat Pintar? Catet jadwal UTBK dan jadwal SBMPTN 2021 di atas, dan siapkan diri sebaik-baiknya, ya!

280

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet