CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Hal yang Perlu Disiapkan Kelas 12

Naik Kelas 12, ada beberapa persiapan penting yang harus dikerjakan.

kelas 12 sma, Photo by Paico Oficial on Unsplash

Kelas 12 SMA, nih! Di satu sisi, bangga juga menjadi senior di sekolah (penting ga, siy). Di sisi lain, kita lebih kayak terkaget-kaget udah kelas 12 SMA aja. Maunya masih gabut aja, tetapi nggak mungkin, kan. Entar bakalan ada ujian sekolah, ujian praktik buat Sobat yang ada di SMK, dan... UTBK!

Memang semua itu masih semester depan, tapi percaya deh. Enggak kerasa aja entar tiba-tiba jadwal ujianmu sudah pekan depan. Panik ga tuh kalau begitu? Ya iyalah, masak enggak! Itulah sebabnya, kamu harus tahu apa saja hal yang perlu di siapkan kelas 12.

Baca juga: 10 PTN Ini Menggunakan Nilai UTBK pada Jalur Mandiri 

 

1. Tetapkan Pilihan Jurusan Kuliah

persiapan kelas 12 sebelum SNMPTN dan UTBK
Photo by Leon Wu on Unsplash

Salah satu persiapan kelas 12 sebelum SNMPTN dan UTBK adalah menetapkan pilihan jurusan kuliah. Enggak ada waktu lagi buat galau soal jurusan, Sobat. Apalagi kalau berencana mengikuti SNMPTN, kamu harus sudah punya pilihan jurusan lebih awal. Pasalnya, pendaftaran SNMPTN diperkirakan akan berlangsung sama seperti tahun sebelumnya, yakni di bulan Februari.

Memilih jurusan kuliah emang ga gampang, tetapi kamu bisa menggunakan Minat Pintar agar bisa menentukan jurusan yang tepat dan sesuai dengan kepribadianmu. Bahkan bila perlu kamu juga bisa berkonsultasi dengan psikolog melalui Konseling Pintar. Dihimpit dengan kesibukan kelas 12, opsi-opsi semacam ini mungkin bakal ngebantu banget, Sobat.

 

2. Kurangi Kegiatan-Kegiatan Seru

hal yang perlu di siapkan kelas 12
Photo by Josiah Gardner on Unsplash

Siapa sih, yang ga suka hura-hura, hahahihi, dan melakukan berbagai hal seru yang lain? Sayangnya, semua kegiatan menyenangkan itu mesti dikurangi, atau bahkan hilangkan sama sekali, begitu kamu berada di awal semester masuk kelas 12.

Hal ini bukan tanpa alasan, Sobat Pintar – dan UTBK bukan satu-satunya alasan. Ada sederet ujian kelas 12 yang harus kamu ikuti, mulai dari Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester, Penilaian Akhir Tahun, sampai ujian sekolah yang ditambah dengan ujian praktik di SMK. Agar lebih jelas melihat jadwal macam-macam ujian kelas 12 ini, kamu bisa memetakannya melalui timeline yang memuat urutan ujian kelas 12.

 

3. Belajar buat UTBK

kelas 12 itu kelas berapa
Photo by Debby Hudson on Unsplash

Setelah mengatur ulang kegiatan seru-seruanmu, kamu bisa menggunakan waktumu untuk belajar materi UTBK. Enggak bisa enggak, mempelajari materi buat UTBK ini harus dicicil sedikit demi sedikit, Sobat. Habisnya, banyak banget materi pelajaran dari kelas 10 itu! Bahkan mungkin salah satu persiapan kelas 12 adalah membongkar lagi buku-buku lamamu sejak masuk SMA.

Jangan lagi ditanya seberapa banyak materi yang mesti dipelajari Sobat Pintar yang lintas jurusan. Bisa jadi ditengah-tengah belajar nanti, kamu sampai lupa kelas 12 itu kelas berapa, sih – saking banyaknya materi dari kelas 10 yang harus kamu pelajari juga.

 

4. Stay Updated dengan Info-Info UTBK

apa saja persiapan kelas 12
Photo by Gilles Lambert on Unsplash

Meskipun berlangsung setiap tahun, jadwal UTBK tidak sama persis dari tahun ke tahun. Di sisi lain, kesibukan kelas 12 mungkin membuatmu tak sempat memeriksa laman LTMPT secara berkala. Mau tau cara yang lebih mudah dan menyenangkan biar kamu tetap updated dengan info-info UTBK, Sobat Pintar?

Manfaatkan media sosial. Kamu bisa follow akun-akun yang rajin membagikan info-info seputar kuliah dan UTBK seperti @akupintar.id. Selain mendapatkan update jadwal UTBK, biasanya kamu juga dapat memperoleh informasi tentang Try Out gratis, Sobat. Sudah tau dong, pentingnya mengikuti Try Out secara rutin sebelum UTBK? Suka enggak suka, mau tak mau, Try Out UTBK memang menjadi rutinitas baru dan kesibukan kelas 12!

 

5. Enggak Ngandelin SNMPTN

daftar macam-macam ujian kelas 12
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Oke, mungkin kamu memang si yang paling jenius di sekolah. Nilai rapormu shining shimmering splendid tanpa cela dan cacat. Masak iya, kamu enggak ikutan SNMPTN? Jelas ikutan, dong. Masak iya, kamu enggak lulus SNMPTN? ... eittss! Nilai rapor yang luar biasa memang bisa membuatmu lulus sekolah tanpa halang rintang, tetapi belum tentu kamu lulus SNMPTN, Sobat.

Ada banyak faktor, yang sebagian besar di luar perhitungan kita, yang mempengaruhi lulus tidaknya seseorang di SNMPTN. Mengikuti SNMPTN boleh-boleh saja, bahkan wajib bagi kalian yang punya nilai rapor bagus, tetapi jangan tumpukan seluruh harapanmu masuk PTN di satu jalur ini saja. Itulah sebabnya, kamu harus tetap belajar buat UTBK sejak awal semester masuk kelas 12.

Baca juga: 4 Tips Lolos UTBK-SBMPTN

Nah, sekarang kamu sudah punya setidaknya lima hal yang harus dipersiapkan sedari awal semester ini. Mungkin persiapanmu lebih pendek atau lebih panjang dari list ini? Boleh-boleh saja, Sobat. Pertanyaan yang lebih penting untuk diajukan adalah: apakah kamu punya komitmen untuk mengerjakannya?

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog