APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Pekerjaan Masa Depan Rekomendasi Bapak Mendikbud

Salah satu pendekatan memilih jurusan kuliah adalah menilik prospek kerjanya dimasa depan.

Pekerjaan Masa Depan Rekomendasi Bapak Mendikbud, image via restart-project.eu

Let's be practical for once. Salah satu tujuan kita kuliah juga untuk kemudian memperoleh pekerjaan yang layak setelah lulus. Tapi pekerjaan apa saja yang akan high demand dimasa mendatang? Bapak Menteri Mendikbud punya saran lima pekerjaan ini.

 

1. Analis

Profesi analis dapat dijumpai diberbagai bidang, seperti politik, kesehatan, teknologi, ekonomi, dan lain-lain. Dibidang teknologi, kita mengenal analis sistem. Ahli kimia yang bekerja di laboratorium juga disebut analis. Dibidang kesehatan, ada jurusan Analis Kesehatan atau Teknologi Laboratorium Medik.

Namun apapun bidangnya, tugas seorang analis adalah membedah, menguraikan, memilah, dan mengenal seluruh bagian. Karena tugasnya tersebut, seorang analis harus memiliki kemampuan dalam memahami data dan informasi.

 

2. UX Design

Gen Z tak asing lagi dengan profesi ini, bukan? Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan digital, profesi UX Design juga semakin banyak dibutuhkan untuk mengakomodasi layanan lewat web atau aplikasi. Dalam mendesain, faktor kenyamanan pengguna menjadi pertimbangan utama tanpa mengesampingkan sisi estetika.

 

3. Peneliti

Jika Sobat merasa memiliki kesabaran dan konsistensi, profesi ini mungkin menarik buatmu. Tapi yang paling mendasar dibutuhkan oleh seorang peneliti adalah rasa ingin tahu yang tinggi. Dari rasa ingin tahu inilah dilakukan penelitian dan analisis – yang memerlukan waktu, untuk kemudian informasi yang diperoleh disampaikan kepada klien.

 

4. Software Engineer

Software engineering sendiri merupakan penerapan prinsip-prinsip teknik pengembangan perangkat lunak. Software engineering diaplikasikan pada sistem yang kompleks, seperti organisasi bisnis.

Seorang software engineer mengawali pekerjaannya dengan menganalisis kebutuhan pengguna. Kemudian, berangkat dari kebutuhan tersebut, software engineer mendesain, mengkonstruksi, dan menguji aplikasi melalui penggunaan bahasa pemrograman.

 

5. Product Manager

Sebenarnya bidang product management sudah ada cukup lama. Kenapa masih dibutuhkan lagi dimasa mendatang? Karena perkembangan teknologi yang cukup pesar didunia bisnis. Maka tentunya, ada penyesuaian, pergeseran, bahkan perubahan dalam dunia bisnis seiring dengan penggunaan teknologi yang semakin masif.

Product manager sendiri bertugas menghasilkan produk yang berkualitas. Tak selesai sampai disitu, tugas product manager pula untuk menghasilkan strategi bisnis produk tersebut. Itulah sebabnya, seorang product manager perlu memahami seluruh aspek bisnis dimana ia bekerja.

 

Apakah harus sepakat dengan Bapak Mendikbud? Of course, we don't have to. Tapi untuk Sobat yang cenderung bertipe pragmatis, bolehlah ide ini digunakan sebagai rujukan dalam memilih jurusan kuliah.

370

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
xt
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog