redesain-navbar Portlet

null

Blog

7 Kampus Ini Siap untuk Kuliah Tatap Muka – Apa Saja Ketentuannya?

Beberapa kampus sudah siap dengan skenario perkuliahan tatap muka tanpa mengesampingkan faktor keamanan dan kesehatan bersama.

kuliah tatap muka, Photo by J. Kelly Brito on Unsplash

Sekolah tatap muka sudah berjalan, lantas bagaimana dengan kuliah tatap muka? Setelah sekian lama kuliah daring, Sobat Pintar yang saat ini berstatus mahasiswa, atau mahasiswa baru, pasti bertanya-tanya kapan kuliah tatap muka dimulai. Nah, berikut ini beberapa kampus yang sudah dan sedang bersiap untuk menjalankan kuliah offline.

kuliah tatap muka 2021
Photo by Sarah Noltner on Unsplash

1. Universitas Negeri Jakarta

UNJ menjadi bagian dari kampus yang siap tatap muka pada semester ini. Walau begitu, perkuliahan tatap muka dibatasi untuk kegiatan praktikum saja dan dilakukan secara bertahap, yang diperkirakan terus berlangsung hingga Desember. Bagaimana dengan perkuliahan materi yang bukan praktikum? Hingga sekarang masih belum dapat dipastikan kapan kuliah tatap muka pemberian materi yang tak memerlukan praktikum akan dimulai.

 

2. Institut Teknologi Bandung

Sempat merencanakan pembelajaran hybrid untuk semester ganjil 2021, ITB harus mengurungkan niat akibat PPKM. Namun persiapan perkuliahan hybrid itu tak sia-sia. Dengan tetap mengedepankan kehati-hatian, ITB saat ini tengah disibukkan oleh persiapan kuliah tatap muka. Jika situasi terus membaik, kuliah tatap muka di ITB akan dimulai setelah UTS dengan kapasitas ruang kelas tak lebih dari 30%.

 

3. Institut Pertanian Bogor

Berkenaan dengan kapan kuliah tatap muka akan dimulai, IPB juga mengutamakan kehati-hatian sama seperti ITB. Bila keadaan cukup kondusif, kuliah tatap muka 2021 di IPB akan dimulai pada bulan Oktober atau setelah UTS. Kuliah offline tersebut nantinya akan lebih mengutamakan kegiatan praktikum.

 

4. Universitas Sebelas Maret

Berdasarkan surat edaran Walikota, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di UNS sudah dimulai sejak 6 September 2021. Disebut terbatas karena kuliah offline dilakukan dengan pembatasan kapasitas ruang kelas. Dimulai dengan 30% dari kapasitas normal, penggunaan ruang kelas direncanakan akan terus meningkat bila situasi terus membaik. Mahasiswa semester I Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Keolahragaan (FKOR), dan Fakultas Kedokteran (FK) yang mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas akan disusul oleh mahasiswa semester V dan VI.

 

5. Universitas Airlangga

Sama seperti UNS, Unair mengawali perkuliahan tatap muka terbatas pada 6 September 2021. Kuliah tatap muka di Unair diikuti oleh 25% mahasiswa pada seluruh program studi. Setelah UTS pada bulan Oktober nanti, Unair direncanakan akan memulai praktikum hybrid, secara offline dan online, pada prodi-prodi Ilmu Kesehatan.

 

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Bulan September juga menjadi pilihan ITS untuk mengawali kuliah tatap muka 2021. Akan tetapi, tak seperti UNS dan Unair, ITS memilih untuk mengawali Pembelajaran Tatap Muka (PTM) hybrid pada akhir bulan. ITS mengutamakan mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 yang tinggal di kawasan Surabaya Raya untuk mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) hybrid karena mereka belum merasakan pengalaman kuliah secara langsung di kampus.

 

7. Universitas Negeri Surabaya

Jika ITS memilih menjalankan perkuliahan tatap muka pada pekan ke-4 September, Unesa menetapkan 20 September sebagai awal kuliah tatap muka 2021. Saat ini setiap prodi di Unesa sedang menyiapkan segala yang diperlukan untuk kuliah tatap muka karena hanya 25% saja kapasitas ruang kelas yang digunakan. Perkuliahan tatap muka Unesa juga akan dimulai dengan mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 yang tinggal di kawasan Surabaya Raya, tepatnya Kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Disamping itu, Unesa juga mensyaratkan mahasiswa sudah divaksin sebelum mengikuti kuliah tatap muka.

kuliah offline
Photo by sean Kong on Unsplash

Itulah ketujuh kampus yang sudah siap menjalankan kuliah tatap muka 2021. Oleh karena pandemi masih belum sepenuhnya berakhir, tiap kampus membatasi perkuliahan tatap muka melalui kapasitas ruang kelas yang cukup jauh di bawah batas normal. Perkuliahan hybrid yang memadukan aktivitas kuliah offline dan online juga dipilih demi menjaga keamanan dan kesehatan bersama.

Sobat Pintar sudah tak sabar ingin mengikuti kuliah offline? Jangan lupa untuk terus memakai masker dan menjaga jarak, terutama saat berada di dalam ruang kelas. Maksimalkan pertukaran udara dengan memastikan jendela terbuka selama kuliah tatap muka berlangsung. Kuliah tatap muka 2021 memang akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tapi kita harus bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin setelah bisa masuk kuliah lagi.

1
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
wah keren
00

CssBlog

metablog-web Portlet