APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Asyik Menguasai Rumus dan Belajar Matematika saat Mager

Belajar Matematika bisa tetap terasa menyenangkan dengan beberapa cara mudah.

Belajar Matematika, photo by Crissy Jarvis on Unsplash

Ada berbagai trik belajar cepat Matematika. Namun sayangnya, hanya sedikit yang kita tahu tentang cara belajar Matematika yang menyenangkan. Yes, Sobat Pintar. Learning Math can be fun. Kita hanya perlu tahu seperti apa sih, cara belajar Matematika yang menyenangkan itu. Then, let's get down to it.

 

Cara Menikmati Pelajaran Matematika dan Belajar Matematika

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Sesuatu itu terasa menyenangkan saat kita menyukainya. Iya nggak sih, Sobat?

Sementara itu, kebanyakan kita merasa kalau pelajaran MTK (Matematika) lebih seperti momok ketimbang sesuatu yang ditunggu-tunggu saking menyenangkannya. Hayo, jujur deh!

It's okay kalau Sobat Pintar juga merasa seperti itu. Tapi penting banget loh, mengubah mindset yang kita punya tentang pelajaran MTK (Matematika) agar bisa menemukan cara mudah belajar Matematika buat diri kita sendiri.

Nah, ada beberapa langkah praktis yang Sobat bisa coba agar belajar Matematikanya bisa dikerjakan dengan mudah namun tetap efektif. Temukan cara belajar Matematika yang efektif dan praktis yang bisa Sobat gunakan dari tips di bawah ini.

1. Membuat Ringkasan Rumus Matematika dalam Susunan yang Paling Mudah Dipahami

Selain Vektor, masih ada berbagai rumus Matematika yang lain seperti rumus kecepatan, debit, skala, bangun datar, bangun ruang, dan masih banyak lagi. Jangan bete dulu, Sobat. Kita bisa menyusun rumus-rumus pelajaran MTK (Matematika) dalam sebuah ringkasan penuh warna dan gambar, misalnya, agar Sobat tertarik untuk mempelajarinya.

Ringkasan rumus Matematika itu dapat ditulis tangan di buku catatan, disimpan di drive-mu, atau dipajang di dinding kamar. Ingat, make it as interesting as possible. Bila menyukai tampilan ringkasan rumus Matematika itu, kita bisa belajar cepat Matematika saking semangatnya.

2. Buat Pelajaran Matematika Lebih Menyenangkan dengan Memahami Konsep Rumus-Rumus

Okay, ada begitu banyak rumus Matematika yang harus kita hafal. Ehm... what? Wait!

Pelajaran MTK (Matematika) itu bukan hafalan loh, Sobat. Memang ada beberapa rumus Matematika yang wajib kita pelajari, tapi kita nggak harus hafal semua rumus itu, kok. Alih-alih menghafal, cara pintar Matematika yang paling jitu adalah dengan memahami konsep dibalik setiap rumus Matematika.

Why is that so? Menghafal rumus Matematika itu boleh-boleh saja kok, Sobat. But it won't stay long in your memory. Nggak percaya?

Bukankah kita mudah lupa apa-apa saja yang disuruh orang tua di rumah? Bagaimana mungkin rumus Matematika bakal lebih mudah diingat?

Anyway, hafalan memang berpeluang besar untuk menguap begitu saja dari memori kita. Namun sekali lalu kita memahami konsep sebuah rumus Matematika, kita bakal mampu mengingat ketika membutuhkan rumus tersebut di kemudian hari.

3. Lebih Mudah Belajar Matematika dengan Kawan yang Menyenangkan dan Pintar Matematika

Yes, pick out your friends wisely, Sobat Pintar. Pasalnya, kita punya kecenderungan untuk menjadi seperti orang-orang yang terbiasa dekat dalam keseharian kita.

Sobat ingin tahu bagaimana cara pintar Matematika? Kepoin cara belajar temanmu yang jago pelajaran MTK (Matematika). Sobat ingin menikmati dan menyukai Matematika? Gih, kepoin juga apa yang membuat temanmu begitu passionate dengan pelajaran MTK. Temukan sisi-sisi yang terasa relatable denganmu.

 

Cara Mudah dan Cepat Menjadi Dewa Matematika

Photo by Michal Matlon on Unsplash

First thing first, bear in mind that when it comes to mastering a skill, time is the magic ingredient. Truth be told, there's no such thing as 'cara cepat jago Matematika.' Nggak ada ceritanya deh, kita bisa jago pelajaran MTK (Matematika) dalam semalam!

Kalau begitu, bagaimana cara belajar Matematika yang paling mujarab? Nah, ada beberapa cara belajar Matematika yang efektif dan efisien yang dapat kita coba.

Pertama, teliti dalam mengerjakan setiap soal Matematika. Be patient. It's going to take time and persistent practices. Next, coba terus dan jangan takut membuat kesalahan. Kita bisa belajar banyak dari setiap kesalahan yang telah terjadi. Ketiga, jangan segan berdiskusi atau bertanya dengan orang yang lebih memahami materi yang terasa sulit bagimu.

Dan terakhir, manfaatkan video belajar yang bisa diakses sepanjang waktu seperti AP Live. Ingin bertanya tentang pembahasan rumus Matematika yang masih sulit dipahami? Sobat Pintar bisa menggunakan aplikasi Aku Pintar agar dapat berinteraksi langsung dengan kakak-kakak tentor melalui AP Live. Nah, ternyata memang ada cara mudah belajar Matematika, bukan?

100

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog