APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Cara Foto yang Bagus, Trik ala Pinterest dengan Modal HP

Foto yang menarik dapat dihasilkan bahkan dari kamera ponsel sekalipun.

Photo by Prateek Verma on Unsplash

Trik foto biar hasilnya estetik meski cuma pakai ponsel itu gimana, sih? Kok bisa, hasil fotomu beda jauh dari hasil foto bestie-mu padahal kalian pakai satu ponsel yang sama? Jangan-jangan doi punya rahasia yang enggak di-share sama kamu? Eitts, jangan buru-buru, Sobat Pintar!

Kamu juga bisa kok, bikin foto seestetik itu. Mau tau, gimana caranya agar foto kita bagus hanya dengan mengandalkan ponsel? Psstt... ini dia, teknik fotografi dengan HP yang kamu harus tau.

 

1. Terapkan Rule of Thirds Pakai Grid

cara foto yang bagus
Photo by Jules PT on Unsplash

Rule of thirds adalah salah satu prinsip fotografi yang umum digunakan. Cara menerapkan trik fotografi ini adalah dengan membagi layar ponsel menjadi sembilan bagian (grid). Bayangkan ada dua garis horizontal dan dua garis vertikal di layar ponselmu, kemudian taruh subjek foto di salah satu titik persimpangan untuk menciptakan komposisi yang lebih menarik.

 

2. Coba Perspective Photography

cara mengambil foto estetik
Photo by Gemma Evans on Unsplash

Perspective Photography menawarkan alternatif cara foto yang keren, Sobat Pintar. Teknik foto ini dilakukan dengan angle atau perspektif yang unik untuk menciptakan gambar yang menarik dan berbeda. Misalnya, kamu bisa mengambil sudut rendah (dari bawah) atau tinggi (dari atas) untuk menghasilkan tampilan yang berbeda dari satu objek yang sama.

 

3. Gunakan Leading Lines

angle foto yang bagus
Photo by Paul Carmona on Unsplash

Salah satu trik untuk mendapatkan angle foto yang bagus adalah dengan menggunakan leading lines. Leading lines adalah garis-garis atau elemen visual yang digunakan untuk mengarahkan mata ke subjek utama dalam gambar. Leading lines menciptakan perjalanan visual yang mengarahkan pandangan kepada subjek atau titik fokus utama dalam foto, sehingga menciptakan komposisi yang lebih menarik dan dinamis.

 

4. Pilih Pencahayaan yang Baik

agar foto kita bagus
Photo by Mohamed Nohassi on Unsplash

Mau tau gimana cara foto yang bagus, Sobat? Triknya adalah menggunakan pencahayaan alami di luar ruangan sebanyak mungkin. Trik lainnya, terutama kalau kamu mau tau cara mengambil foto estetik, adalah memilih waktu matahari terbenam atau terbit. Sunrise dan sunset hampir selalu menghasilkan cahaya yang indah – no debat!

 

5. Tak Perlu Flash Terus-Terusan

teknik fotografi dengan hp
Photo by Greyson Joralemon on Unsplash

Telah disebutkan di atas, cara berfoto agar hasilnya bagus adalah dengan memperhatikan pencahayaan. Itulah sebabnya kita menggunakan flash di tempat yang redup. Namun mulai sekarang, pikirkan dahulu mood apa yang pengin kamu bangun melalui fotomu, Sobat Pintar. Low light photography, misalnya, tidak selalu membutuhkan flash. Lagipula, flash dapat menghasilkan perbedaan cahaya yang ekstrem. Bayangan yang dihasilkan cenderung tegas, tanpa transisi.

 

6. Stabilkan Ponsel Pakai Tripod

cara foto yang keren
Photo by Burak The Weekender on Pexels

Kamu pasti tau tripod. Si kaki tiga ini sebenarnya sangat membantu bagi fotografer pemula. Tripod benar-benar dapat menstabilkan ponsel, sehingga kamu bisa menghasilkan gambar statis yang jernih bahkan di cahaya rendah sekalipun. Gimana kalau enggak ada tripod? Tenang, kamu bisa manfaatin tumpukan buku atau benda-benda lain yang cukup kokoh.

 

7. Gunakan Aplikasi buat Edit Foto

cara berfoto agar hasilnya bagus
Photo by Mika Baumeister on Unsplash

Udah pakai tripod, tetapi hasil fotomu masih buram? Enggak usah panik, kamu bisa edit foto biar jernih. Masuk aja ke Play Store atau App Store, kemudian pilih aplikasi edit foto yang kamu sukai. Aplikasi seperti ini biasanya menawarkan bermacam filter yang bisa membangun mood tertentu – kamu bisa bikin fotomu menjadi lebih romantis, sendu, syahdu, atau bahkan playful!

 

8. Pakai Mode Manual

edit foto biar jernih
Photo by Gilles Lambert on Unsplash

Bila tersedia, atur kamera ponselmu di mode manual, Sobat. Dengan menggunakan teknik foto manual, kamu bisa mengatur ISO, kecepatan rana, dan fokus. Dengan begitu, kamu lebih bebas menentukan hasil akhir fotonya.

Eh, masih enggak pede pakai mode manual? Join Kelas Kursus Fotografi aja, yuk! Di kelas ini, kamu bakal mendapatkan semua tips dan trik cara foto yang bagus menggunakan HP. Kamu bisa belajar bagaimana mengatur kamera, komposisi, dan pencahayaan. Kamu juga bisa belajar edit foto biar hasilnya ciamik! Kelas ini bakal dibuka dua hari saja, Jumat dan Sabtu, 22 dan 23 September 2023. Ajak bestie-mu sekalian buat sama-sama belajar cara mengambil foto estetik. Ditunggu ya, Sobat Pintar!

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog