redesain-navbar Portlet

null

Blog

Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar Mengajar di Masa Pandemi

5 Jurus-jurus menjaga semangat guru dalam mengajar online

Foto oleh Dziana Hasanbekava dari Pexels

Akibat pandemi COVID-19 yang entah kapan selesai, seluruh kegiatan belajar mengajar masih harus dilakukan secara online/daring. Kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi telah dilakukan dari rumah sudah lebih dari satu tahun lamanya. Banyak siswa telah mengeluhkan kejenuhan belajar. Begitu pula dengan guru yang turut mengalami kejenuhan dalam mengajar.

Siswa sudah bosan karena kegiatan belajar mengajar menjadi terbatas dan kurangnya interaksi dengan teman-teman sekelasnya. Cara mengatasi kejenuhan dalam belajar siswa menjadi tantangan yang harus ditaklukkan oleh guru. Di sisi lain, guru juga mengalami rasa bosan saat mengajar. Hanya duduk di depan laptop atau komputer seharian, menjadi salah satu alasan munculnya rasa jenuh bagi guru.

Mengatasi rasa jenuh siswa dalam belajar sudah menjadi satu tantangan. Tantangan lainnya yang harus segera diselesaikan adalah mengatasi kejenuhan mengajar bagi guru. Nah, jika Guru Pintar mulai merasa Bosan atau jenuh saat mengajar, tidak ada salahnya mencoba jurus berikut ini untuk Kembali mengobarkan semangat mengajar dan mengusir rasa bosan.

Meluangkan waktu untuk hobi

Cara mengatasi kejenuhan belajar mengajar di kala pandemi
Foto oleh Gary Barnes dari Pexels


Melakukan hobi yang Guru Pintar sukai merupakan salah satu Jurus pintar mengusir rasa bosan saat melakukan rutinitas mengajar. Melakukan kegiatan yang Guru Pintar sukai dapat mengalihkan sejenak rasa tidak nyaman yang melanda sekaligus membuat Guru Pintar merasa rileks. Dengan demikian, Guru Pintar dapat berpikir jernih dalam merancang dan menjalankan tugas mengajar. Tidak ada salahnya juga mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya sebagai variasi.

Buat kelompok belajar


Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Tidak hanya siswa yang harus membuat kelompok belajar. Guru Pintar juga disarankan membentuk kelompok belajar terutama yang berkaitan dengan pengajaran. Kan harus jaga jarak? Kegiatan diskusi atau belajar bersama tidak harus dilakukan dengan tatap muka. Guru Pintar dapat melakukannya dengan menggunakan aplikasi video conference. Berdiskusi dengan sesama guru untuk menemukan terobosan-terobosan mengajar atau menyelesaikan masalah mengajar yang sedang dihadapi, akan meringankan beban Guru Pintar. Selain itu, Guru Pintar jadi tidak merasa sendiri menghadapi pandemi ini.

Pilih tempat Mengajar yang nyaman


Foto oleh EKATERINA BOLOVTSOVA dari Pexels

Salah satu cara mengatasi kejenuhan belajar di rumah bagi siswa adalah dengan menyediakan tempat belajar yang nyaman. Hal ini juga berlaku untuk Guru Pintar juga, lho.  Menciptakan suasana mengajar di rumah yang nyaman dapat mengatasi rasa bosan pembelajaran daring / online. Guru Pintar dapat mendekorasi ruangan tempat bekerja seindah dan senyaman mungkin, misalnya dengan memberi hiasan dinding, lukisan, atau bahkan tanaman hidup untuk menyegarkan suasana. Guru Pintar juga dapat memanfaatkan area terbuka di rumah seperti teras dan balkon untuk mengajar.

Gunakan metode mengajar yang kreatif


Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Mengajar dengan cara yang sama secara berulang-ulang dalam waktu yang lama sudah pasti akan menimbulkan rasa bosan. Jika dibiarkan saja, akan sangat berbahaya karena dapat berdampak pada keberhasilan proses pembelajaran. Supaya Guru Pintar dan juga siswa tidak bosan dengan suasana dan cara belajar yang sama, Guru Pintar dapat menerapkan strategi mengajar yang kreatif dan jangan menggunakan strategi mengajar yang sama secara berturut-turut. Misalnya Guru Pintar menggunakan aplikasi powerpoint sebagai media. Pada awalnya mungkin akan antusias. Tetapi jika pada pertemuan selanjutnya media yang digunakan sama saja, maka Guru Pintar juga akan merasa bosan dan kehilangan antusiasme dalam merancang pembelajaran yang menyenangkan. Luangkan waktu mempelajari berbagai aplikasi penunjang pembelajaran sebagai alternatif supaya Guru Pintar tetap bersemangat dalam mengajar.

Memberikan reward pada diri sendiri

Cara mengatasi kejenuhan belajar mengajar di masa pandemi
Foto oleh Anete Lusina dari Pexels

Dalam hiruk pikuk kesibukan Guru Pintar mengajar daring / online pada masa pandemi, jangan lupa mengucap syukur pada Sang Pencipta atas nikmat yang kita terima. Selalu melihat peluang dan hal positif dalam segala situasi alih-alih selalu berkeluh kesah akan membuat mental Guru Pintar lebih sehat. Jangan lupa juga ucapkan terimakasih pada diri sendiri. Sekali-kali berilah reward pada diri sendiri atas segala usaha yang telah Guru Pintar lakukan selama ini. Bentuk hadiah pada diri sendiri tidak perlu hal yang mahal-mahal, misalnya pergi ke salon, membeli makanan kesukaan, atau membeli benda lain yang disukai. Tetapi hal ini jangan sampai kebablasan ya, Guru Pintar! Sesuaikan reward dengan kemampuan kantong, ya. Jangan sampai dalih memberi hadiah pada diri sendiri membuat kantong bolong.

Itulah jurus-jurus agar Guru Pintar dapat mengatasi rasa bosan dan jenuh menghadapi pembelajaran secara daring / online di masa pandemi ini. Jangan putus harapan, mari terus berdoa semoga pandemi ini segera berakhir sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara luring. Yuk, tetap semangat dan selalu jaga kesehatan, ya!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet