redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.stannesmadrid.com

Cari Tahu Lebih Banyak tentang Jurusan Biologi, Yuk!

Biologi

Udah kenal lama sama Biologi, kan? Pelajaran yang sudah ada sejak SMP ini ada jurusan kuliahnya juga, lho. Ditingkat pendidikan tinggi, Biologi berada di Fakultas MIPA dan khusus mempelajari tentang hewan dan tumbuhan saja. Jadi, jurusan ini bukan pelarian buat kamu yang memang berminat pada manusia, utamanya Kedokteran. Trus, apa lagi sih, yang perlu diketahui tentang Jurusan Biologi?

 

Jurusan buat Kamu yang Doyan Baca

Kalau dari awalnya udah suka baca, kamu punya modal dasar untuk jadi mahasiswa Biologi. Udah pada tau kan, kalau Biologi tuh nggak cuma ngebahas tentang hewan dan tumbuhan? Lingkungan sekitar yang mempengaruhi kehidupan keduanya juga poin penting yang perlu dikaji. Jadi, wajar saja bila banyak banget buku rujukan yang harus dibaca.

Karena luasnya cakupan kajian tersebut, cabang ilmu Biologi yang wajib dipelajari juga cukup banyak, misalnya Bioteknologi, Biologi Molekuler, Genetika, Histologi, Paleontologi, Evolusi, dan lain-lain. Udah gitu, banyak istilah ilmiah yang digunakan untuk menamai setiap makhluk hidup karena mengacu pada aturan binomial nomenklatur. Gimana supaya kamu tahu nama-nama itu? Yak, baca!

 

Praktikum dan Kerja Lapangan

Tapi ya jangan mikir kuliah Biologi bakalan cuma baca buku! Justru sebaliknya, jadi mahasiswa Biologi berarti kamu harus siap membedah lintah atau cacing dalam matakuliah Zoologi Invertebrata. Selain praktikum di laboratorium, tak jarang mahasiswa Biologi juga mempelajari tentang ekosistem langsung ke kebun, hutan, pantai, sungai, danau, maupun tempat-tempat lain yang kadang jauh dari jangkauan teknologi masa kini. Harus segitunya, ya? Praktikum dan kerja lapangan tuh penting banget bagi mahasiswa Biologi karena saat itulah kamu bisa memahami tentang organisme, habitatnya, serta proses yang mengatur dan terlibat dalam aktivitas kehidupannya.

Untuk itu, kamu harus rapi, teliti, nggak gampang jijik, nggak manja, dan tentunya berani. Ada saatnya kamu akan ketemu sama biawak, buaya, ular, atau hewan-hewan lain yang selama ini kamu anggap seram.

 

Lengkap – Ada Teori, Praktek, dan Hitungan

Masa sih, ampe segitunya kuliah di Jurusan Biologi? Oh, masih kurang, Sobat Pintar! Kuliah Biologi berarti juga kamu harus belajar hitungan – iya, Matematika! Perlu kamu tau, Matematika punya peran penting dalam inovasi dan penelitian Biologi. Selama kuliahpun, kamu akan ketemu sama Matematika Dasar, Statistika, hingga Fisika Dasar. Bahkan dalam matakuliah Genetika, kamu masih akan ketemu sama hitung-hitungan.

Ya udah deh, biar ada gambaran, coba lihat matakuliah-matakuliah Jurusan Biologi ini: Ekologi Umum, Kimia Organik, Struktur Hewan, Perkembangan Tumbuhan, Sistematika Hewan, Perkembangan Hewan, Biostatistik, Mikrobiologi, Ekologi Hewan, Fisiologi Tumbuhan, Mikrobiologi Lingkungan, Fisiologi Mikroba, Sistematika Mikroba, Biosistematik, Biologi Sel, Akuakultur, Filogenetik Molekuler, dan lain-lain.

Udah kebayang kompleksnya ilmu Biologi? Memang, dijurusan ini dipelajari tentang fungsi, struktur, dan evolusi semua makhluk hidup. Jamur dan mikroorganisme juga masuk kategori sebagai makhluk hidup ya, nggak cuma hewan dan tumbuhan.

 

Kuliah Biologi di Indonesia

Nah, jika memang minatmu adalah ingin memahami tentang seluk beluk makhluk hidup, mulai dari unit terkecil (sel) hingga ragam spesies, kamu bisa kuliah di Jurusan Biologi. Kalau mau ke PTN, kamu bisa kuliah di Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjadjaran, Universitas Sumatera Utara, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Syiah Kuala, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Andalas, Universitas Udayana, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Padang, Universitas Riau, Universitas Lampung, Universitas Jember, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Universitas Tadulako, Universitas Bengkulu, Universitas Pattimura, dan Universitas Sam Ratulangi.

Bagaimana dengan pilihan PTS-nya? Ada Universitas Nasional, Universitas Pakuan, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Surabaya, Universitas Pelita Harapan, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, ataupun Universitas Surya.

 

Jika kamu suka meneliti, punya daya ingat yang tajam, detil, memiliki minat pada kehidupan hewan dan isu-isu lingkungan, suka dengan aktivitas luar ruangan, bahkan menyukai serangga, maka kemungkinan besar kuliah Biologi akan membuatmu bersemangat dan hidupmu penuh warna. Jangan terlalu khawatir tentang prospek lulusannya karena Sarjana Sains Biologi bisa menjadi seorang peneliti, analis, hingga pengajar ilmu Agrikultural. Jadi, kira-kira, jurusanmu apa bukan, nih?

Lebih masukan Blog

Pelajar Era Milenial: Jangan Mengulangi Kesalahan yang Sama

Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2018, CEO Aku Pintar, Kak Lutvianto...

Perhatikan: Ragam Biaya Saat Menjadi Mahasiswa

Nggak perlu dikasih tau lagi kan, kalau kuliah sama sekolah tuh beda jauh? Kalau kuliah, kamu...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka