PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.halodoc.com

Astronomi, Perkuliahan dan Prospek Kerjanya

Cari Tahu Jurusanmu

Sudah pernah mengunjungi Observatorium Boscha di Lembang? Atau sekedar pernah mendengar nama observatorium ini terkait dengan penentuan 1 Ramadan dan 1 Syawal? Bagaimana dengan fenomena langit seperti gerhana bulan, red moon, blue moon, atau supermon? Kalau kamu memiliki minat serius tentang astronomi, yuk gali lebih dalam tentang jurusan kuliah dan prospek kerjanya!

 

Keistimewaan Astronomi ITB

Jurusan Astronomi di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, untuk saat ini hanya ada di Institut Teknologi Bandung, baik pada jenjang S1, S2, maupun S3 dengan akreditasi A dari BAN-PT . Tepatnya, Prodi (Program Studi) Astronomi berada dibawah naungan FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Sejak dari awal berdirinya, Astronomi ITB telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Observatorium Boscha. Bahkan, beberapa matakuliah mengharuskan mahasiswa melakukan observasi astronomi di observatorium bersejarah ini. Gimana, apa tawaran ini sepertinya cukup menarik?

Prodi Astronomi ITB juga mendapat predikat akreditasi internasional oleh ASIIN. Jumlah mahasiswanya tak lebih dari 100 orang, tapi alumni Astronomi ITB berkiprah dalam dunia astronomi internasional. Sebutlah Dr. Tri Laksmana Astraatmadja di Max Planck Institute for Astronomy (MPIA) Jerman atau Dr. Hanindyo Kuncarayakti di Universitas Chile. Bahkan nama sebuah asteroid baru-baru ini diambil dari nama seorang alumnus Astronomi ITB, yaitu Premana W. Premadi, Ph. D. Hingga kini, tak jarang dosen-dosen Astronomi ITB menjadi referee jurnal-jurnal internasional atau sebagai outstanding scientist pada penghargaan nasional dan internasional.

 

Belajar Astronomi di ITB

Sebagai mahasiswa Astronomi ITB, kamu akan dilatih untuk untuk memiliki pengetahuan Kimia, Fisika, dan Matematika guna memahami fenomena alam dalam rentang yang ekstrim, seperti pembentukan unsur helium dari hidrogen melalui reaksi fusi pada inti matahari. Kimia, Fisika, dan Matematika memang digunakan oleh astronom untuk memahami fenomena yang terjadi dalam tata surya, galaksi, bintang, dan alam semesta. Pada tahun kedua perkuliahan, kamu harus memilih bidang keahlian Fisika Bintang, Tata Surya, atau Galaksi dan Kosmologi. Kamu akan belajar tentang asal usul serta sifat kimia dan fisika benda-benda langit, meteorologi, hingga tentang struktur dan evolusi alam semesta. Kamu akan mengenali karakteristik, pergerakan, dan persebaran meteorid, asteroid, komet, dan benda-benda langit yang lain. Dengan pengetahuanmu, kamu bisa menentukan waktu dengan berpatokan pada bulan atau matahari. Kamu juga bisa memperkirakan cuaca, yang bermanfaat pada penerbangan atau pelayaran.

Astronomi ITB juga memiliki kerjasama dengan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), Planetarium dan Observatorium DKI Jaya, SRON, University of Leiden, University of Amsterdam, The University of Tokyo, Kyoto Unversity, Gunma Observatory, National Astronomical Observatory, AAO, serta negara-negara lain di dunia seperti India dan Amerika Serikat.

 

Prospek Kerja

Nantinya jika telah menyelesaikan kuliah Astronomi, kamu akan memiliki banyak pilihan profesi. Berikut penjabaran yang lebih rinci.

  1. Bidang penelitian – Negara-negara Asia Tenggara memiliki SEAN (South East Asia Networking) yang masih membutuhkan tenaga peneliti antariksa dan benda-benda langit. Kamu juga bisa bekerja di LAPAN, BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), bahkan NASA (The National Aeronautics and Space Administration).
  2. Bidang pengajaran – Menjadi tenaga pengajar atau dosen memberimu kesempatan untuk terus belajar dan meneliti tentang Astronomi.
  3. Media – Kamu juga bisa menjadi editor atau penulis pada jurnal sains, majalah, ataupun media elektronik dengan menyampaikan berita-berita Astronomi maupun memaparkan konsep-konsep sains.
  4. Programmer – Tak terlalu mengejutkan bila kamu juga bisa menjadi seorang programmer atau pengembang perangkat lunak.
  5. Pegawai Negeri Sipil – Iya,kamu masih peluang untuk menjadi seorang PNS.

 

Pada intinya, menggeluti bidang Astronomi memerlukan rasa ingin tahu yang terus tumbuh dan tak pernah padam untuk memahami setiap obyek dan peristiwa di alam semesta. Bila kamu senantiasa ingin tahu tentang bagaimana alam semesta bermula, bagaimana kehidupan berkembang, apakah ada kehidupan di planet lain, hingga keingintahuanmu pada keberadaan alien, bisa jadi kamu memang punya jiwa seorang Astronom. Namun perlu diingat, kamu akan bekerja dengan melakukan pengamatan rutin, menerapkan hukum-hukum Sains, memahami Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan komputasi. Jadi, belajar Astronomi bukan tentang meramal horoskop, ya!

Lebih masukan Blog

9 Prospek Kerja dari Hubungan Internasional

Dunia politik menarik buatmu? Atau kamu sudah lelah dengan berbagai intrik politik, tapi...

Arkeologi – Apa, Di Mana, dan Kemana?

Arkeologi memang terbilang jurusan yang kurang populer, tapi kita berhutang pada para Arkeolog...

Menambah Komentar

Badai Ardiat 1 Tahun Lalu
ok
Harap sign in untuk melanjutkan.
F
Fina Alfi Khasanah 11 Bulan Lalu
love astronomi
Harap sign in untuk melanjutkan.
AA
Anjusiddiq Anjusiddiq 10 Bulan Lalu
yah kimia aku lemah
Harap sign in untuk melanjutkan.
RS
raasel raasel 10 Bulan Lalu
tertarik tapi aku ini orang yang kurang teliti
Harap sign in untuk melanjutkan.
A
Afifah Marsyla Fadhilati 9 Bulan Lalu
beraaat
Harap sign in untuk melanjutkan.
A
Afifah Marsyla Fadhilati 9 Bulan Lalu
beraaat
Harap sign in untuk melanjutkan.
A
Afifah Marsyla Fadhilati 9 Bulan Lalu
beraaat
Harap sign in untuk melanjutkan.
I
Icha Aulia 9 Bulan Lalu
Tertarik sekali.... Tapi, sayangnya kayak gk bisa kesitu
Harap sign in untuk melanjutkan.
Syafina lim 8 Bulan Lalu
fisika mtk aing bego (:
Harap sign in untuk melanjutkan.
Faiza A. Matondang 8 Bulan Lalu
Yeeee
Harap sign in untuk melanjutkan.
Fela Uswatun 7 Bulan Lalu
Fisika gw jelek hmmm
Harap sign in untuk melanjutkan.
Fela Uswatun 7 Bulan Lalu
Fisika gw jelek hmmm
Harap sign in untuk melanjutkan.
L
Lelly Nayda 7 Bulan Lalu
Jadi minat
Harap sign in untuk melanjutkan.
N
Nihayatun N urul Khofifah 4 Bulan Lalu
suka astronomi!! tapi.. gak suka fisika-mtk
Harap sign in untuk melanjutkan.
N
Naela Nuril 4 Bulan Lalu
minat deh
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru