PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.selectscience.net

Lihat yang Tak Tampak: Mikrobiologi

Cari Tahu Jurusanmu

Mungkin kamu udah enggak penasaran lagi sama berbagai jenis satwa dan tumbuhan, apalagi kalau kamu demen banget sama pelajaran Biologi. Tapi bagaimana dengan kehidupan yang lebih kecil dari yang kasatmata? Kehidupan yang cuma bisa kamu lihat dibawah lensa mikroskop. Nah, kalau kamu penasaran, sepertinya Jurusan Mikrobiologi bakalan menarik buatmu.

 

Satu-Satunya Jurusan di Indonesia

Jurusan Mikrobiologi di Indonesia saat ini baru ada di Institut Teknologi Bandung. Jurusan Mikrobiologi ini berbeda dari Jurusan Mikrobiologi Pertanian yang terdapat di beberapa universitas, seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, atau Institut Pertanian Bogor. Jurusan Mikrobiologi Pertanian biasanya berada pada Fakultas Pertanian, sedangkan Jurusan Mikrobiologi di ITB secara resmi dikenal sebagai Program Studi Ilmu Mikrobiologi yang berada pada Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati.

Tentunya, konten matakuliah kedua jurusan tersebut juga berbeda. Mikrobiologi Umum, Biokimia, Virologi, Bakteriologi, Mikologi, Fikologi, Mikrobiologi Pangan, Mikrobiologi Kosmetik, Manajemen dan Wirausaha Bioindustri adalah beberapa matakuliah Jurusan Mikrobiologi. Perhatikan, tidak ada matakuliah pertanian seperti Pengantar Ilmu Pertanian, Dasar-Dasar Ilmu Tanah, Sosiologi Pertanian, atau Manajemen Usaha Pertanian yang menjadi matakuliah wajib pada Jurusan Mirkobiologi Pertanian. Jadi, jangan sampai salah pilih jurusan, ya!

 

Spesialisasi Studi tentang Mikroba

Berada di Jurusan Mikrobiologi, kamu akan belajar tentang ragi, bakteri, alga bersel satu, jamur, virus, dan protozoa. Selain belajar tentang biologi molekuler, kamu juga akan mempelajari mikroba patogen untuk pengobatan, mengendalikan penyakit, serta menentukan waktu kadaluwarsa makanan dan minuman kemasan. Saat belajar tentang mikroba apatogen, kamu juga belajar tentang pengawetan makanan, berbagai macam antibiotik, juga tentang produksi makanan fermentasi seperti yoghurt, nata de coco, tempe, kecap, asinan, oncom, dan lain-lain. Kamu juga akan belajar tentang mikroba yang bermanfaat bagi pengelolaan lingkungan, pengendalian hama, dan pengolahan limbah. Bahkan, kamu juga belajar tentang mikroba untuk meningkatkan perolehan minyak bumi.

Saking banyaknya yang harus dipelajari, kamu bisa memilih spesialisasi studi Mikrobilogi pada tingkat akhir kuliah, yaitu:

  • Mikrobiologi Kesehatan – riset penggunaan mikroba untuk meningkatkan kualitas makanan dan penyediaan bahan makanan dari mikroba
  • Mikrobiologi Lingkungan – riset peningkatan penyelesaian permasalahan lingkungan, ekologi mikroba
  • Mikrobiologi Industri – riset produksi metabolit primer dan sekunder, mencakup pemisahan produk dan optimasi produksi
  • Mikrobiologi Sains – riset pengembangan pengetahuan tentang mikrobiologi

 

Prospek Mikrobiologi Kedepan

Bisa ditebak, alumni Mikrobiologi dapat berkiprah pada berbagai bidang. Kamu bisa menjadi seorang Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan, Ahli Biologi, Ahli Biologi Molekul dan Sel, Ahli Biokimia dan Fisika, Manager Pertanian dan Peternakan, Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan, Peneliti Tanah dan Tumbuhan, Ahli Teknik Biologi, Ahli Mikrobiologi, bahkan juga bisa menjadi seorang Pengajar Biologi. Kamu bisa bekerja:

  • Pada Instansi Pemerintah – Departemen Pertanian, Departemen Kesehatan, Departemen Pertambangan dan Perminyakan, Perguruan Tinggi Negeri, Biofarma, BATAN, atau Balitsa
  • Pada Bidang Industri – divisi Quality Assurance, Research and Development, atau Quality Control di Indofood, Garuda Food, Walls, Ultrajaya, dan lain-lain
  • Sebagai Wiraswasta – mengembangkan produk makanan sendiri
  • Sebagai Konsultan Lingkungan – menangani pengelolaan limbah dengan bantuan mikroba

Pentingnya menuntut ilmu tentang mikroba tak bisa dipisahkan dari karakteristik dua mata pisau yang dimiliki organisme ini. Disatu sisi, mikroba dapat mendatangkan manfaat bagi kehidupan, seperti pada pengelolaan lingkungan dan produksi makanan. Akan tetapi, mikroba seperti jamur, virus, dan bakteri juga bisa menjadi sebab penyebaran penyakit. Jadi, apakah kamu ingin memiliki pengetahuan tentang bagaimana mengendalikan makhluk tak kasatmata ini?

Lebih masukan Blog

Sudahkah Kamu Tahu tentang Perikanan?

Kuliah di Perikanan? Penting ya, belajar tentang ikan? Mau ngapain abisnya lulus entar? ...

Pentingnya Jurusan Ini bagi Umat Manusia: Meteorologi

Udah berapa lama kamu tinggal di Indonesia? Apa yang kamu ketahui tentang iklim dan cuaca...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru