APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Coba Yuk! 3 Langkah Jitu Memilih Jurusan Sesuai Minat dan Bakat

Dengan pengukuran yang obyektif, pilihan jurusan kuliah dapat ditentukan dengan obyektif pula.

Memilih Jurusan Sesuai Minat, image credit Hannah Olinger

Ada loh, Sobat Pintar, cara menentukan jurusan sesuai minat dan bakat kita! Yang namanya memilih jurusan kuliah emang kadang-kadang bisa bikin pusing. Antara keinginan hati, keinginan orang tua, dan kemampuan akademis terkadang masing-masing jalan sendiri-sendiri. Eh, tapi sekarang kamu bisa #PilihJourneyMu bersama Aku Pintar, kok!

Pernah ga sih, kamu merasa yakin banget bakal menjadi mahasiswa Sistem Informasi. Namun kalau dipikir-pikir lagi, sepertinya bakatmu di bidang ekoknomi itu lebih menonjol. Belum lagi orang tua maunya kamu kuliah Teknik Industri aja. Terus kamu mesti memilih jurusan kuliah yang tepat dengan cara bagaimana?

Nah, ternyata memilih jurusan kuliah yang tepat itu enggak kayak main gunting-batu-kertas, Sobat. Memang butuh proses, tetapi sebenarnya cara mengetahui jurusan apa yang cocok untuk kita itu enggak ribet, apalagi sudah ada tes minat bakat jurusan kuliah yang disediakan oleh Aku Pintar.

Rangkaian tes minat bakat jurusan kuliah ini terdiri dari Tes Kepribadian, Tes Penjurusan, dan Tes Kemampuan. Selama "perjalanan" mengikuti tes-tes tersebut, kita akan dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan tentang diri sendiri. Di ujung "perjalanan" itu, kita akan sampai pada rekomendasi jurusan kuliah yang paling cocok.

Penasaran seperti apa tes-tesnya? Ini dia, rangkaian tes untuk mengetahui jurusan apa yang cocok untuk kita, Sobat Pintar.

cara menentukan jurusan sesuai minat dan bakat
Photo by Sixteen Miles Out on Unsplash

1. Tes Kepribadian

Memahami diri sendiri bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengetahui minat dan bakatmu. Tes psikologi online ini berlandaskan pada teori DISC, singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Setiap orang punya kecenderungan untuk lebih sesuai dengan salah satu atau bahkan dua tipe kepribadian tersebut.

Seorang Dominance, misalnya, menyukai hasil yang cepat, tantangan di bidang baru, dan mengambil peran otoritas. Influence beda lagi, tuh. Orang Influence itu cenderung cekatan dan suka berkolaborasi dengan orang lain saat mengerjakan tugas. Tipe kepribadian yang ketiga adalah Steadiness, dikenal sebagai sosok yang sanggup melakukan sesuatu dengan konsisten sampai berhasil atau selesai. Terakhir, tipe Compliance adalah mereka yang tekun, fokus pada kualitas dan ketepatan. Kamu sendiri lebih mendekati tipe yang mana, Sobat? Agar dapat memilih jurusan kuliah yang tepat, jawab pertanyaan-pertanyaan Tes Kepribadian di tautan ini, ya!

mengetahui jurusan apa yang cocok untuk kita
Photo by Ylanite Koppens on Pexels

2. Tes Penjurusan

Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau tes ini dapat memberikan rekomendasi jurusan yang sesuai dengan minat bakatmu. Tes jurusan kuliah ini mengarahkan kita pada bidang pendidikan yang lebih sesuai dengan tipe vokasi individu, apakah Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, atau Conventional.

Keenam tipe tersebut disingkat RIASEC. Untuk mengetahui jurusan apa yang cocok untuk kita, wajib tahu tipe manakah yang paling cocok, Sobat. Kalau tipe Realistic punya cara pikir yang cenderung praktis, lebih suka beraktivitas atau bekerja di luar ruangan, sedangkan Investigative itu tipe pengamat yang dapat tekun banget belajar. Artistic adalah orang yang suka dengan kegiatan kreatif penciptaan karya seni, memiliki cara pikir yang unik dan kreatif. Tipe Social senangnya mendahulukan kepentingan orang lain, suka berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial, bahkan memecahkan masalah-masalah interpersonal. Sementara tipe Enterprising suka mempersuasi orang lain untuk mencapai suatu tujuan dan cenderung mengincar posisi sebagai pemimpin. Terakhir, Conventional adalah tipe orang yang terorganisir, mengutamakan akurasi dan detail, dan ahlinya dalam kegiatan administratif, terutama yang berkaitan dengan angka.

Kira-kira kamu tipe yang mana, Sobat? Mengetahui minat dan bakat untuk memilih jurusan kuliah itu penting banget, loh. Jangan sampai, misalnya, kamu yang lebih Realistic memilih kuliah Akuntansi yang lebih cocok buat si Conventional. Makanya, ikutan Tes Penjurusan dahulu, ya!

cara mengetahui minat bakat kita
Photo by Debby Hudson on Unsplash

3. Tes Kemampuan

Tes terakhir dalam "perjalanan" kita memilih jurusan kuliah (#PilihJourneyMu bersama Aku Pintar) adalah Tes Kemampuan. Cara menentukan jurusan kuliah sesuai bakat ini berlandaskan pada Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Dalam teori ini, intelegensi merupakan kemampuan kita dalam memecahkan masalah dan menghasilkan solusi dalam situasi riil.

Ada delapan tipe Kecerdasan Majemuk, yaitu Musikal, Logika-Matematika, Visual-Spasial, Kinestetik, Intrapersonal, Interpersonal, Naturalistik, dan Verbal-Linguistik. Tipe Musikal biasanya suka bernyanyi, mampu mengapresiasi irama dan nada. Tipe Logika-Matematika cenderung berpikir abstrak dan menggunakan algoritma. Tipe Visual-Spasial suka membuat konsep bentuk dan berminat pada hal-hal yang terkait dengan arsitektur atau bangunan. Sementara itu, tipe Kinestetik memiliki keterampilan motorik halus dan kasar yang baik. Tipe Intrapersonal pandai berintrospeksi diri, mampu memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Tipe Interpersonal mudah mencerna dan merespon suasana hati orang lain. Tipe Naturalistik menyukai segala sesuatu tentang flora dan fauna, peduli dengan lingkungan. Terakhir, tipe Verbal-Linguistik memiliki kepekaan bahasa yang baik. Tipe kemampuanmu yang mana, itu juga turut menjadi faktor yang berpengaruh dalam menentukan bakat dan minat, Sobat.

Pengin tahu manakah tipe kecerdasanmu yang paling dominan? Ikut Tes Kemampuan aja, Sobat! Bersama dengan kedua tes sebelumnya, cara mengetahui minat bakat kita seperti ini akan sangat membantu dalam menentukan pilihan jurusan kuliah.

Gimana kalau masih belum yakin dengan hasil tes-tes di atas, Sobat Pintar? Kamu masih bisa melanjutkan journey atau perjalananmu dengan mengikuti konseling online jurusan kuliah. Ngobrol dengan psikolog bisa menjadi cara menentukan jurusan sesuai minat dan bakat yang sangat jitu. Enggak percaya? Buktikan sendiri!

170

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
nice info
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog