redesain-navbar Portlet

null

Blog

Coba Yuk! 3 Langkah Jitu Memilih Jurusan Sesuai Minat dan Bakat

Dengan pengukuran yang obyektif, pilihan jurusan kuliah dapat ditentukan dengan obyektif pula.

Memilih Jurusan Sesuai Minat, image credit Hannah Olinger

Ada lho Sobat, cara menentukan jurusan kuliah sesuai bakat kita! Yang namanya memilih jurusan kuliah memang terkadang bisa cukup memusingkan. Antara keinginan hati, keinginan orang tua, dan kemampuan akademis terkadang semuanya tak ada yang sejalan. But thankfully, sekarang kita dapat menggunakan tes minat bakat Aku Pintar.

Tes minat bakat mempermudah keadaan kita yang berada di persimpangan pilihan. Ketika harus memilih antara keinginan diri sendiri atau orang tua, tes minat dan bakat memberi tawaran jurusan kuliah yang lebih sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat kita.

Bagaimana cara mengikuti tes minat bakat ini? Mudah saja, Sobat Pintar hanya perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang dirimu sendiri. Ada tiga tahapan tes minat dan bakat yang harus diikuti agar kita sampai pada pilihan jurusan kuliah yang paling sesuai.

 

1. Tes Kepribadian

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah ini berlandaskan pada teori DISC. DICS adalah akronim dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Setiap kita memiliki kecenderungan untuk lebih sesuai dengan salah satu tipe ini.

Seorang Dominance menyukai hasil yang cepat, tantangan di bidang baru, dan mengambil peran otoritas. Influence adalah sosok yang cekatan dan suka berkolaborasi dengan orang lain saat mengerjakan tugas. Steadiness sanggup melakukan sesuatu dengan konsisten sampai berhasil atau selesai. Sedangkan Compliance adalah mereka yang tekun, fokus pada kualitas dan ketepatan.

Sobat Pintar lebih mendekati tipe yang mana? Nah, jawab dulu pertanyaan-pertanyaan Tes Kepribadian Aku Pintar, ya!

 

3. Tes Penjurusan

Now, we're at the second step. Tes jurusan kuliah ini mengarahkan kita bidang pendidikan yang lebih sesuai dengan tipe vokasi individu. Adalah RIASEC, tipe vokasi ideal yang terdiri dari Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional.

Tipe Realistic memiliki cara pikir yang cenderung praktis, lebih suka beraktivitas atau bekerja di luar ruangan. Investigative adalah tipe pengamat yang dapat dengan mudah tenggelam dalam kegiatan keilmuan. Sementara itu, Artistic adalah orang yang suka dengan kegiatan kreatif penciptaan karya seni, memiliki cara pikir yang unik dan kreatif.

Tipe Social merasa senang ketika dapat mendahulukan orang lain. Ia adalah orang yang suka berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial, bahkan memecahkan masalah-masalah interpersonal. Sedangkan Enterprising suka mempersuasi orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Ia pun cenderung mengincar posisi sebagai pemimpin. Dan Conventional adalah tipe orang yang terorganisir, mengutamakan akurasi dan detail. Ia adalah ahlinya dalam kegiatan administratif, terutama yang berkaitan dengan angka.

Sobat Pintar tipe yang mana, nih? Jangan sampai Sobat yang lebih bertipe Realistic memilih kuliah Akuntansi yang lebih sesuai untuk si Conventional, misalnya. Makanya, ikuti Tes Penjurusan Aku Pintar ya, Sobat!

 

3. Tes Kemampuan

Last but not least, cara menentukan jurusan kuliah sesuai bakat ini berlandaskan pada Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Dalam teori ini, intelegensi merupakan kemampuan kita dalam memecahkan masalah dan menghasilkan solusi dalam situasi real.

Ada delapan tipe Kecerdasan Majemuk, yaitu Musikal, Logika-Matematika, Visual-Spasial, Kinestetik, Intrapersonal, Interpersonal, Naturalistik, dan Verbal-Linguistik. Tipe Musikal biasanya suka bernyanyi, mampu mengapresiasi irama dan nada. Tipe Logika-Matematika cenderung berpikir abstrak dan menggunakan algoritma. Tipe Visual-Spasial suka membuat konsep bentuk dan berminat pada hal-hal yang terkait dengan arsitektur atau bangunan.

Sementara itu, tipe Kinestetik memiliki keterampilan motorik halus dan kasar yang baik. Tipe Intrapersonal pandai berintrospeksi diri, mampu memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Tipe Interpersonal mudah mencerna dan merespon suasana hati orang lain. Tipe Naturalistik menyukai segala sesuatu tentang flora dan fauna, peduli dengan lingkungan. Dan tipe Verbal-Linguistik memiliki kepekaan bahasa yang baik.

 

Jika Sobat Pintar ingin mengetahui manakah tipe kecerdasanmu yang paling dominan, ikuti saja Tes Kemampuan Aku Pintar. Bersama dengan kedua tes sebelumnya, cara menentukan jurusan kuliah sesuai bakat ini mampu memberi kita pilihan jurusan-jurusan kuliah yang terukur.

Kenapa terukur? Karena pada akhirnya, pilihan-pilihan yang disajikan adalah hasil kalkulasi dari dari serangkaian tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah yang obyektif – tak ada lagi asumsi diri kita sendiri, keinginan dari orang tua, atau hanya berdasarkan nilai rapor. Jika demikian, kenapa kita tak menggunakan tes minat dan bakat ini saja saat harus memilih jurusan kuliah, Sobat?

60

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
nice info
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp