redesain-navbar Portlet

null

Blog

Gagal SBMPTN? Bukan Akhir Dunia karena to Do, and Eat, List Ini

Jangan dulu menyerah, sebab esok masih menunggumu, Sobat!

Gagal SBMPTN, photo by Thao Le Hoang on unsplash

Seperti menelan pil pahit, ketika melihat pegumuman yang sekian hari dinanti-nanti dengan penuh kegelisahan, namun ternyata kita gagal SBMPTN. Gagal. Failed.

Seakan segala jerih payah berbulan-bulan kita begadang, ngecengin gebetan juga ngga sempat, kurang tidur... eh, semua menguap dengan pernyataan "anda tidak lulus SBMPTN". Nyesek ngga, sih? Pastilah!

But then, as we look around, the world doesn't stop and sink in the same darkness as we do. But, hey... Look again! Is it really dark, Sobat? Atau karena "kaca mata hitam yang kita kenakan di dalam ruangan?"

 

Ganti Kaca Mata Hitammu

Are your parents being upset because of your test result? Apakah terasa berat menjawab ketika om, tante, atau siapapun mereka yang "peduli" bertanya tentang hasil SBMPTN-mu? If the answers are yes and yes, first thing first, don't feel bad, Sobat. Gagal SBMPTN bukan frasa yang tepat untuk menggambarkan keadaanmu saat ini.

Let's say, orang tua sedih karena kita tidak lolos SBMPTN. Tapi itu karena orang tua peduli dan mengkhawatirkan tentang masa depan kita. Think positively. Memikirkan tentang alasan-alasan negatif yang lain hanya akan membuatmu semakin terpuruk.

Yang terpenting saat ini adalah bagaimana diri kita sendiri menyikapi hasil SBMPTN yang tak sesuai harapan. Merasa sedih, tentu saja wajar. But we don't have to adopt other's definition of failure. Who knows, pengalaman gagal SBMPTN sebenarnya justru mengantarkan kita pada pintu-pintu lain yang lebih baik bagi diri kita pribadi.

 

Pilih Pintumu: SM, PTS, Sekolah Vokasi, atau Gap Year

Untuk saat ini, setidaknya ada dua "pintu" yang bisa kita pilih: Seleksi Mandiri atau Perguruan Tinggi Swasta. Kedua jalur ini memang membutuhkan biaya yang tak sedikit, tapi anggap saja itu memang risiko yang harus kita ambil saat tidak lolos SBMPTN. Anyway, segala sesuatu pasti ada plus minusnya, bukan?

But look at the bright side, Sobat. Melalui Seleksi Mandiri, kita masih dapat menikmati pendidikan di kampus negeri seperti yang selama ini sudah diimpikan. Kita juga masih bisa menggunakan hasil UTBK 2020 untuk mengikuti seleksi. Ngga bisa sepenuhnya dibilang gagal SBMPTN kan, kalau hasil UTBK-mu masih bisa bermanfaat di Seleksi Mandiri!

Bagaimana dengan kuliah di kampus swasta? It's not a bad choice. Beberapa kampus swasta saat ini sudah memiliki kualitas dan fasilitas perkuliahan yang lebih baik dibanding kampus-kampus negeri tertentu. Tinggal kitanya yang pandai-pandai memilih.

Eits, apakah Sobat terpikirkan untuk kuliah pada Program Diploma atau Sekolah Vokasi? Beberapa jurusan di S1 tersedia pula pada program D3, seperti Akuntansi atau Bahasa Inggris. Tak ada rotan akar pun jadi, walaupun program D3 tidak selalu lebih buruk dari S1. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri.

And what is more? Sobat Pintar bisa mengikuti program alih jenjang ke program sarjana setelah menuntaskan program diploma. Dengan beberapa penyesuaian SKS saja, gelar Sarjana yang selama ini diidam-idamkan akan Sobat peroleh!

Then, gap year isn't a bad option either. Selama "rehat," kita bisa melakukan berbagai kegiatan yang mungkin selama ini belum pernah terlintas di pikiran kita. Keep exploring your ideas to find your excitement, Sobat! Sambil mengerjakan hal-hal seru itu, kita bisa memanfaatkan waktu dengan merenungi apa saja penyebab gagal SBMPTN sebelumnya.

Ehmm... bukan merenung hingga kita merasa sedih lagi ya, Sobat. Tapi dari pengalaman gagal SBMPTN 2020, kita tentu bisa menemukan pelajaran berharga untuk SBMPTN 2021 nanti. Mungkin ada materi-materi yang kurang dikuasai dan harus dipelajari lagi, mungkin cara belajar kita yang kurang tepat, atau yang lain yang bisa kita perbaiki.

 

Moving On, Life Goes On

As bitter as it is, life goes on. Kita lulus atau tidak lulus SBMPTN, life goes on. Use your time wisely to feel sad, upset, hurt, or whatever. But then, get up and move on!

Setiap kita punya cara masing-masing untuk bangkit kembali. Dalam proses itu, beberapa minuman dan makanan move on SBMPTN ini bisa membantumu merasa lebih baik: pisang, dark chocolate, green tea, apel, kopi, jeruk, telur, yogurt, anggur, madu, tomat, sayuran, kepiting, kismis, daging ayam, daging sapi, alpukat, ikan, jamur, susu, kacang, atau pasta.

Hmm... bukankah membaca dan membayangkannya satu demi satu saja sudah cukup membuatmu happy? So, why don't you go and grab one! Let's save the cry for another day, won't you?

70

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp