APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jadwal dan Jalur Pendaftaran UISI 2023

Universitas Internasional Semen Indonesia sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui beberapa jalur seleksi.

Photo by Monstera on Pexels

PMB UISI 2023 sudah mulai dibuka, Sobat Pintar! UISI (Universitas Internasional Semen Indonesia) adalah sebuah universitas swasta berbasis korporasi yang ada di Gresik, Jawa Timur. Kalian pernah dengar Semen Gresik? Perusahaan semen berstatus BUMN ini telah berganti nama menjadi Semen Indonesia (Semen Indonesia Group). Nah, UISI adalah perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Semen Indonesia Group (SIG).

 

Apa Saja Pilihan Prodi di UISI?

prosedur pendaftaran Universitas Internasional Semen Indonesia
Photo by George Pak on Pexels

Corporate university atau universitas berbasis korporasi adalah universitas yang didirikan atau dikelola oleh sebuah perusahaan atau korporasi. Pada sebuah universitas berbasis korporasi, kurikulum dan program studi didesain untuk memenuhi kebutuhan spesifik perusahaan dan industri. Lantas apa saja prodi atau jurusan UISI? Berikut program studi di UISI Gresik.

1. Akuntansi

2. Manajemen

3. Ekonomi Syariah

4. Manajemen Rekayasa

5. Teknik Agroindustri

6. Teknik Logistik

7. Teknik Kimia

8. Informatika

9. Sistem Informasi

10. Desain Komunikasi Visual

 

Apa Saja Komponen Biaya Kuliah di UISI?

alur pendaftaran UISI Gresik
Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Mahasiswa dari seluruh program studi di UISI Gresik berhak menggunakan seluruh fasilitas kampus yang tersedia. Berbagai fasilitas Universitas Internasional Semen Indonesia meliputi ruang-ruang kelas yang nyaman, auditorium untuk diskusi maupun seminar, perpustakaan, lab sains, lab audio visual, kantin, hingga fasilitas olahraga.

Tentunya, berbagai fasilitas tersebut memerlukan pembiayaan. Nah, biaya pendidikan di Universitas Internasional Semen Indonesia sendiri terdiri atas tiga komponen di bawah ini.

1. Biaya Investasi Pendidikan (BIP) adalah biaya pengembangan sarana dan prasana, dibayarkan empat kali dalam dua semester.

2. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) adalah biaya yang dibayarkan setiap semester. SPP sudah mencakup seluruh biaya perkuliahan mahasiswa baik praktikum, kuliah lapangan ke perusahaan, magang, KKN, Kerja Praktik, kuliah umum, dan evaluasi, baik UTS (Ujian Tengah Semester) maupun UAS (Ujian Akhir Semester). Biaya SPP belum termasuk wisuda.

3. Biaya Orientasi dan Pengembangan Kemahasiswaan (BOPK) dibayarkan sekali pada awal perkuliahan. BPOK merupakan biaya yang dialokasikan untuk kegiatan pengembangan mahasiswa selama di UISI, seperti almamater, asuransi, orientasi dan kegiatan pengembangan mahasiswa lainnya.

 

Apa Saja Jalur Pendaftaran di UISI?

program studi di UISI Gresik
Photo by Yan Krukau on Pexels

Tertarik kuliah di UISI, Sobat Pintar? Eitts, wajib tau dong, bagaimana penerimaan mahasiswa baru UISI Gresik. Ada lebih dari satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang bisa kamu pilih. Berikut jalur seleksi pendaftaran 2023 mahasiswa baru UISI.

1. Reguler

Periode pendaftaran Jalur Reguler dimulai sejak 15 Februari 2023 dan akan ditutup 30 April 2023. Jalur seleksi ini terdiri dari beberapa pilihan.

1. 1. Jalur Kemitraan

Jalur Kemitraan ini adalah jalur tanpa tes. Peserta jalur seleksi ini berhak mendapatkan potongan BIP 25% dan SPP 50%. Jalur seleksi ini ditujukan buat kalian dengan orang tua pegawai PT. Semen Indonesia Group.

1.2. Jalur Kemitraan Sore

Jalur seleksi ini sama seperti Jalur Kemitraan sebelumnya. Bedanya adalah pada jadwal kelas yang diselenggarakan di sore hari.

1.3. Jalur One Day Test

Jalur seleksi ini menggunakan tes CBT (Computer Based Test) secara online.

1.4. Jalur One Day Test Sore

Jalur seleksi ini sama seperti Jalur One Day Test sebelumnya. Bedanya adalah pada jadwal kelas yang diselenggarakan di sore hari.

1.5. Jalur Tanpa Tes (Rapor/UTBK)

Kamu bisa memilih menggunakan nilai rapor atau nilai UTBK bila ingin menggunakan jalur seleksi ini.

2. Beasiswa

Jalur seleksi ini terdiri dari beberapa pilihan.

2.1. Jalur Beasiswa #sayaUISI

Periode pendaftaran Jalur Beasiswa #sayaUISI dimulai sejak 1 Februari 2023 dan akan ditutup 30 April 2023. Jalur seleksi ini adalah jalur tanpa tes. Peserta Jalur Beasiswa ini berhak mendapatkan potongan BIP 50%. Salah satu yaratnya, kamu orang tuamu berprofesi guru, petani, tukang atau perangkat desa.

2.2. Jalur Beasiswa Juara

Periode pendaftaran Jalur Beasiswa Juara dimulai sejak 15 Februari 2023 dan akan ditutup 30 April 2023. Jalur Beasiswa Juara merupakan jalur beasiswa parsial buat kalian yang berprestasi di bidang akademik dan nonakademik seperti juara di bidang olahraga, seni, tahfidz, marching band, pramuka, PMR, dan lain-lain. Jalur seleksi ini tanpa tes dan peserta berhak mendapatkan benefit berupa potongan BIP 100% dan potongan SPP dua juta selama delapan semester. 

2.3. Jalur Beasiswa Kemitraan Khusus (SMA dan SMK Semen Gresik, Padang, dan Tonasa)

Periode pendaftaran Jalur Beasiswa Kemitraan Khusus dimulai sejak 15 Februari 2023 dan akan ditutup 30 April 2023. Jalur seleksi ini tanpa tes dengan benefit berupa potongan BIP 100% dan SPP 50%. Salah satu syaratnya, peserta harus merupakan lulusan SMA/SMK Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa).

2.4. Jalur Beasiswa Pintar

Periode pendaftaran Jalur Beasiswa Pintar dimulai sejak 15 Februari 2023 dan akan ditutup 30 April 2023. Jalur seleksi ini tanpa tes dan ditujukan bagi siswa/siswi berprestasi dari keluarga kurang mampu. Jalur Beasiswa Pintar merupakan jalur beasiswa parsial yang bebas BIP 100% dan potongan SPP 50% selama maksimal delapan semester.

2.5. Jalur Scholarship for International Students

Periode pendaftaran Jalur Beasiswa #sayaUISI dimulai sejak 1 Februari 2023 dan akan ditutup 30 April 2023. Scholarship  pada jalur seleksi ini bersifat fully funded bagi mahasiswa mancanegara.

3. Jalur Alih Jenjang

Jalur seleksi ini ditujukan bagi lulusan D2 dan D3 yang ingin alih jenjang ke S1.

 

Bagaimana Pendaftaran Masuk UISI?

biaya pendidikan di Universitas Internasional Semen Indonesia
Photo by RODNAE Productions on Pexels

PMB UISI dilakukan melalui web pmb.uisi.ac.id. Selain melalui web tersebut, kamu bisa daftar UISI online melalui Kampus Pintar. Di sini kamu juga bisa mendapatkan formulir pendaftaran online untuk mengikuti PMB UISI 2023.

Alur pendaftaran UISI Gresik sebenarnya terbilang sederhana. Kamu tinggal mengakses salah satu web di atas dan mengikuti prosedur pendaftaran Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang disediakan. Garis besarnya, kamu bikin akun, pilih jalur seleksi, kemudian bayar formulir pendaftarannya.

Setelah mendapatkan notifikasi pembayaran berhasil, masuk lagi ke akunmu untuk memilih program studi di UISI Gresik. Simpel kan, Sobat?

 

Frequently Asked Questions

Ada beberapa pertanyaan yang cukup sering ditanyakan seputar daftar online Universitas Internasional Semen Indonesia. Cek di bawah ini, barangkali kamu punya pertanyaan yang sama, Sobat Pintar.

Q: Berapa biaya pendaftaran PMB UISI?

A: Biaya pendaftaran Jalur Reguler dan Kemitraan sebesar Rp300.000,00 sedangkan Jalur Beasiswa sebesar Rp150.000,00.

Q: Bagaimana cara pembayaran biaya pendaftaran PMB UISI?

A: Kamu bisa membayar biaya pendaftaran melalui transfer bank/virtual account atau melalui Shopee dengan membeli voucher pendaftaran.

Q: Berapa jalur seleksi pendaftaran 2023 di UISI yang bisa diikuti?

A: Kamu bisa mengikuti lebih dari satu jalur seleksi, tetapi dengan akun dan email yang berbeda.

Q: Apakah siswa jurusan tertentu harus memilih jurusan UISI tertentu juga?

A: Iya, Sobat. Anak IPA dan SMK Teknik dapat memilih tiga dari semua program studi di UISI Gresik. Anak IPS, Bahasa, Agama, dan SMK nonTeknik dapat memilih tiga prodi juga kecuali Manajemen Rekayasa, Teknik Kimia, Teknik Logistik, dan Teknologi Agroindustri.

Q: Bisakah mengundurkan diri dari PMB UISI?

A: Jika lulus SNBP, SNBT, ataupun seleksi masuk PTN yang lain, kamu bisa mengajukan pengunduran diri dari penerimaan mahasiswa baru UISI Gresik. Jika sudah membayar daftar ulang dengan lunas, kamu bisa mengajukan pengembalian biaya daftar ulang tersebut. Batas waktu pengunduran diri paling lambat 14 hari kalender setelah pengumuman kelulusan seleksi masuk PTN-mu.

Q: Biaya apa yang dikembalikan jika mengundurkan diri dari PMB UISI?

A: Biaya yang akan dikembalikan yaitu 50% BIP dan 100% SPP yang telah dibayarkan.

Q: Apakah lulusan UISI langsung bekerja di Semen Indonesia Group?

A: UISI tidak memiliki ikatan dinas dengan SIG, tetapi mahasiswa berprestasi berpeluang untuk direkomendasikan berkarier di SIG setelah lulus kuliah.

Q: Di mana lokasi kampus UISI?

A: Kampus A dan B UISI berada di area komplek PT. Semen Indonesia di Jl. Veteran Gresik. Kampus C berlokasi di Jl. Siti Fatimah Binti Maimun, sebuah area bekas pertambangan Clay dari PT Semen Gresik yang sekarang sudah menjadi telaga (Danau Ngipik Gresik). Kampus D baru dibuka tahun 2021 di Surabaya, tepatnya di Jalan Urip Sumoharjo no 5-7.

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog