APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jangan Salah, Ini Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Pelajari bagaimana struktur surat izin tidak masuk sekolah.

Photo by Kenny Eliason on Unsplash

Surat izin tidak sekolah bukan hal baru buat kamu kan, Sobat Pintar? Coba diingat-ingat, sudah berapa kali kamu menulis surat izin sakit selama sekolah? Sakit adalah salah satu alasan izin tidak masuk sekolah yang paling umum. Bagaimana kalau ada alasan lain yang membuatmu tidak dapat masuk sekolah? Apakah kamu bakal menulis surat izin beralasan sakit?

Eitts, itu namanya bohong, loh! Biar enggak sampai berbohong, yuk pelajari apa saja macamnya surat izin sekolah dan bagaimana cara menulis surat izin tidak masuk sekolah yang benar.

 

Bagian-Bagian Penting dalam Surat Izin Sekolah

contoh surat izin tidak masuk sekolah
Photo by Sixteen Miles Out on Unsplash

Surat izin sekolah bisa kamu tulis sendiri, bisa juga ditulis oleh orang tua. Tujuan ditulis dan dikirimkannya surat izin sekolah adalah untuk meminta izin kepada guru, wali kelas, maupun pihak sekolah atas ketidakhadiran siswa di sekolah lantaran sebab tertentu.

Oleh karena itu, surat izin sekolah harus jelas memuat identitas siswa dan alasan ketidakhadirannya. Secara umum, bagian-bagian penting harus ada dalam surat izin tidak masuk sekolah yang benar adalah seperti gambar di bawah ini.


Sumber: www.suratresmi.net

Dari gambar di atas, tampak bahwa surat izin sekolah harus memuat nama kota dan tanggal penulisan surat, pihak yang dituju, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan terakhir nama serta tanda tangan orang tua/siswa yang bersangkutan. Pada surat izin yang lebih formal, dapat dicantumkan perihal permohonan izin sebelum keterangan pihak yang dituju dalam surat.

Alasan izin tidak masuk sekolah dalam surat boleh berbeda-beda, tetapi bagian-bagian penting di atas sebaiknya jangan sampai ketinggalan ya, Sobat. Bagaimana kalau kamu ingin menambahkan hal-hal yang menurutmu penting? Selama tambahan tersebut tidak mengubah nada formal dalam surat, tentu sah-sah saja melakukannya.

 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Seperti apa sih persisnya surat izin tidak masuk sekolah yang benar itu? Di bawah ini ada beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah untuk berbagai alasan yang berbeda, Sobat. Sekali lagi, kamu bisa menambahkan keterangan yang diperlukan dalam surat izinmu sendiri nanti.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Sakit adalah alasan izin tidak masuk sekolah yang paling umum. Mungkin kamu juga sudah mengirimkan surat izin sakit berkali-kali. Berikut adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit yang ditulis oleh orang tua siswa.


Sumber: www.suratresmi.net

Surat izin sakit akan lebih baik lagi bila melampirkan surat keterangan dari dokter. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, penambahan informasi penting seperti ini boleh banget kamu lakukan, Sobat. Kamu bisa menyebutkan terlampirnya surat dokter itu pada bagian isi surat izin sakit. Berikut contoh surat keterangan sakit dari dokter.


Sumber: www.mapel.id

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Ada Kepentingan

Apabila disebabkan oleh satu dan lain hal kamu tidak bisa masuk sekolah, jangan lupa mengirimkan surat izin ke sekolah. Alasan ketidakhadiranmu di sekolah bisa bermacam-macam, seperti mengikuti lomba, pergi untuk keperluan tertentu yang tidak dapat ditunda, atau yang lain. Berikut contoh surat izin tidak masuk sekolah karena ada kepentingan.


Sumber: contohsurat.co

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Ada Acara Keluarga

Acara keluarga besar terkadang diadakan di hari sekolah. Pernah mengalaminya, Sobat? Suka atau tidak, biasanya yang bisa kita lakukan hanyalah mengirimkan surat izin tidak sekolah. Nah, kalau begitu keadaannya, seperti apa bentuk suratnya? Ini dia, contoh surat izin tidak masuk sekolah karena ada acara keluarga.


Sumber: www.suratresmi.net

Nah, sekarang kamu sudah tau beberapa contoh membuat surat izin tidak masuk sekolah. Dari berbagai contoh di atas, kita dapat berkesimpulan bahwa isi surat selalu bisa disesuaikan dengan alasan izin tidak masuk sekolah – apakah karena sakit, ada keperluan, atau yang lain.

Jangan lupa melampirkan dokumen yang diperlukan untuk memperkuat surat izin tidak sekolah yang kamu buat. Penting juga, Sobat Pintar, untuk menjaga konsistensi bahasa dan format surat yang formal.

120

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog