APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Hubungan Masyarakat, Pilihan Kuliah untuk yang Aktif dan Komunikatif

Beberapa jurusan kuliah membutuhkan tipe kepribadian tertentu yang lebih sesuai.

Hubungan Masyarakat, image credit Austin Distel

Tahukah Sobat, kalau Hubungan Masyarakat itu ada jurusan kuliahnya? Iya, Humas bukan hanya pekerjaan yang biasa kita lakukan saat ada event di sekolah, tapi ia adalah sebuah jurusan kuliah yang bisa kita pilih di SNMPTN, SBMPTN, maupun Seleksi Mandiri. Apa yang sudah Sobat tahu tentang Jurusan public relation ini?

 

Humas, Jurusan Kuliah bagi Sobat yang Suka Tampil dan Berinteraksi dengan Banyak Orang


Photo by Annika Gordon on Unsplash

Jika sudah terbiasa menjadi humas kegiatan di sekolah, Sobat Pinter tentu sudah tak asing lagi dengan dunia Hubungan Masyarakat. Humas, kehumasan, atau public relation membuat kita berinteraksi dengan banyak pihak. Tapi apa sebenarnya Humas itu?

Humas adalah pengelolaan komunikasi dan hubungan antara suatu pihak, biasanya perusahaan, dengan pihak eksternal seperti masyarakat, pemerintah, maupun investor, dan pihak internal seperti karyawan. Untuk itu, mahasiswa di Jurusan Humas belajar tentang bagaimana menciptakan dan memelihara citra yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.

Bagaimanapun juga, salah satu tugas seorang Public Relation atau Humas adalah menjaga citra perusahaan tempatnya bekerja di tengah masyarakat. Kepercayaan dan simpati pihak eksternal menjadi perhatian penting dari tugas kehumasan. Agar tugas ini dapat terlaksana dengan baik, apa saja yang dipelajari di Jurusan Hubungan Masyarakat?

 

Kuliah di Jurusan Hubungan Masyarakat, Kampus dan Jenjang Pendidikannya


Photo by Rabie Madaci on Unsplash

Beberapa mata kuliah Hubungan Masyarakat yang dipelajari antara lain Pengantar Ilmu Komunikasi, Filsafat dan Etika Komunikasi, Hukum dan Peraturan Kehumasan, Komunikasi Organisasi, Manajemen Humas, Perencanaan Kerja Humas, Retorika dan Public Speaking, Krisis dan Strategi Humas, Media Kehumasan, Online Public Relation, dan masih banyak lagi.

Dari daftar mata kuliah di atas, kita bisa melihat bahwa ada beberapa mata kuliah Ilmu Komunikasi di Jurusan Hubungan Masyarakat. Memang, seluk beluk Kehumasan atau Public Relation juga dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi. Jika begitu, lantas kita belajar tentang Humas di Jurusan Hubungan Masyarakat atau Ilmu Komunikasi?

Kamu bisa memilih salah satunya, Sobat. Kalau masih bingung juga mau pilih yang mana, kamu bisa gunakan Minat Pintar untuk mengekplorasi apa saja alternatif jurusan kuliah yang lebih sesuai dengan minat dan kemampuanmu. 

Jika pada akhirnya kamu memilih kuliah di Jurusan Humas, di manakah kamu akan kuliah nanti, Sobat? Manakah universitas yang ada Jurusan Hubungan Masyarakat? 

Perlu Sobat ketahui, ada dua jenjang pendidikan yang dapat dipilih. Pada program D3, Jurusan Hubungan Masyarakat dengan akreditasi A BAN-PT ada di Universitas Indonesia dan Universitas Diponegoro. Pada jenjang S1, Universitas Padjadjaran dan Universitas Kristen Satya Wacana adalah pilihan dengan akreditasi yang sama.

 

Prospek Kerja Hubungan Masyarakat yang Terus Berkembang Seiring Teknologi


Photo by Pradamas Gifarry on Unsplash

Sebagai Humas kegiatan sekolah, pihak-pihak yang kita temui antara lain sponsor, guru, wali murid, teman-teman sekolah, dan lain-lain. Bagaimana ketika kita bekerja sebagai Humas atau Public Relation di suatu organisasi atau perusahaan?

Sebagai Humas suatu perusahaan, kita masih akan bertemu dengan sponsor, yang biasanya kita sebut sebagai investor. Kita pun masih akan bertemu dengan pihak otoritas terkait dari pemerintah. Kita juga masih menjaga interaksi dengan publik (masyarakat) dan karyawan perusahaan. Kelihatannya mirip ya, Sobat, tetapi sebenarnya kegiatan Humas tak sepenuhnya sama.

Menjalin relasi dengan media, press release, dan berbagai pekerjaan lain yang membuatmu harus aktif berkomunikasi sudah menjadi keseharian seorang Humas atau Public Relation. Selain terus mengadaptasi tugas-tugas Kehumasan dengan perkembangan teknologi, seorang Humas adalah mereka yang supel dan memiliki skill dalam public speaking.

 

Kepribadian yang Sesuai untuk Prospek Kerja Hubungan Masyarakat


Photo by Mat Napo on Unsplash

Sekarang kamu sudah tahu lebih banyak tentang bekal pendidikan untuk bekerja di bidang kehumasan. Lantas bagaimana dengan bekal pribadinya? Meskipun bukan syarat, Hubungan Masyarakat sebenarnya lebih sesuai buat Sobat yang supel, punya karakter menyenangkan, mudah berkomunikasi dengan orang lain, dan mahir dalam public speaking.

Bagaimana jika sepertinya kita kurang supel atau masih malu-malu berbicara di depan umum? Tak perlu khawatir, Sobat. Kita masih bisa berlatih dan memperbaiki skills yang dibutuhkan di bidang Hubungan Masyarakat. Namun yang pasti, bidang ini memang membutuhkan orang-orang dengan keterampilan interpersonal yang baik.

 

Dengerin Podcast tentang Hubungan Masyarakat

Nah, apakah kamu memiliki kriteria tersebut, Sobat Pintar ? Akankah kamu memilih jurusan ini saat kuliah nanti? 

90

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog