APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan Kuliah Berdasarkan Mata Pelajaran: Fisika

Beberapa jurusan kuliah direkomendasikan untuk penyuka mata pelajaran Fisika.

Photo by engin akyurt on Unsplash

Jurusan kuliah untuk anak IPA yang menyukai pelajaran Fisika apa saja, sih? Sobat Pintar yang sudah mengikuti langkah-langkah penting sebelum menentukan jurusan kuliah, dan tetap berakhir dengan memilih jurusan kuliah bidang fisika, mungkin sedikit dibuat bingung dengan alternatif yang ada.

Masak sih, kalau kamu menyukai pelajaran Fisika, terus kuliahnya juga mesti di Jurusan Fisika? Emang enggak ada alternatif jurusan kuliah terkait fisika yang lain? Ada kok, Sobat. Ini dia beberapa alternatif jurusan IPA buat kalian yang menyukai pelajaran Fisika.

 

1. Fisika

jurusan kuliah sesuai mata pelajaran
Photo by JESHOOTS.com on Pexels

Fisika adalah jurusan kuliah idamannya anak IPA yang menyukai pelajaran Fisika. Bener ga nih, Sobat? Eitts, tunggu dulu. Kamu perlu tahu bahwa ada beberapa jurusan kuliah terkait fisika. Selain Jurusan Fisika sendiri, masih ada Pendidikan Fisika, Tadris Fisika, Geofisika, Teknik Fisika, Teknik Geofisika, dan Tadris IPA Konsentrasi Fisika.

Meskipun sama-sama jurusan kuliah bidang fisika, masing-masing jurusan di atas memiliki fokus keilmuan yang berbeda. Kalau pengin belajar fisika sebagai ilmu murni, misalnya, kamu bisa memilih kuliah Fisika. Jurusan ini biasanya berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Namun bila lebih tertarik pada fisika di bidang ilmu rekayasa atau teknik, kamu bisa memilih Kuliah Teknik Fisika. Mahasiswa Teknik Fisika biasanya kuliah di gedung teknik bareng-bareng mahasiswa Fakultas Teknik yang lain.

 

2. Astronomi

jurusan kuliah berdasarkan mata pelajaran
Photo by Lucas Pezeta on Pexels

Astronomi pasti tergolong sebagai salah satu jurusan kuliah IPA. Itu jelas banget. Namun tahukah kamu, Sobat. Astronomi sebenarnya adalah jurusan yang berhubungan dengan Kimia, Matematika, dan Fisika sekaligus. Ini berarti, kamu menyukai pelajaran Fisika saja tidak cukup. Kamu juga harus memiliki bekal kemampuan kimia dan matematika yang tak mengecewakan.

Saat ini Jurusan Astronomi baru ada satu di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Makanya, jurusan kuliah IPA ini terbilang langka. Namun jika kamu sudah bertekad untuk memilih jurusan kuliah sesuai mata pelajaran favoritmu, si Fisika, maka Astronomi adalah salah satu jurusan yang patut dipertimbangkan – dan layak diperjuangkan.

 

3. Arsitektur

jurusan kuliah untuk anak ipa
Photo by Tuur Tisseghem on Pexels

Jurusan dan pekerjaan di bidang arsitektur mungkin masih terdengar asing buat kalian yang selama ini fokus pada satu bidang saja, yaitu fisika. Namun kenyataannya Arsitektur memang merupakan bagian dari jurusan IPA. Udah gitu, tak sedikit anak IPA yang tertarik kuliah Arsitektur loh, Sobat.

Jangan buru-buru terintimidasi dengan kemampuan menggambar untuk kuliah Arsitektur. Memang dibutuhkan taste tersendiri untuk menghasilkan karya arsitektur yang indah. Akan tetapi, setiap desain arsitektur membutuhkan kemampuan matematis yang sebenarnya selama ini sudah kamu miliki selama "berdekatan" dengan fisika. Jadi jika harus memilih jurusan sesuai mata pelajaran favorit, jangan abaikan beberapa alternatif jurusan seperti Teknik Arsitektur, Ilmu Seni dan Arsitektur Islam, Arsitektur Lanskap, Pendidikan Teknik Arsitektur, Arsitektur Interior, dan tentunya Arsitektur itu sendiri.

 

4. Teknik/Rekayasa

jurusan yang berhubungan dengan kimia
Photo by Anamul Rezwan on Pexels

Bidang teknik atau rekayasa juga menawarkan berbagai pilihan jurusan kuliah berdasarkan mata pelajaran favoritmu, Fisika. Ada banyak sekali pilihan jurusan kuliah IPA di bidang ini, antara lain Pendidikan Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Dirgantara, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Elektro, Teknik Perminyakan, Teknik Multimedia dan Jaringan, Teknik Komputer, Pendidikan Teknik Informatika, Teknik Lingkungan, Pendidikan Teknik Bangunan, Teknik Pertambangan, Teknik Logistik, Teknik Lepas Pantai, Teknik Geomatika, Rekayasa Perangkat Lunak, Rekayasa Keselamatan Kebakaran, Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan, Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu, Rekayasa Kosmetik, Rekayasa Sistem Komputer, Rekayasa Minyak dan Gas, Rekayasa Instrumentasi dan Automasi, Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Rekayasa Kehutanan, Rekayasa Nanoteknologi, Rekayasa/Teknik Industri, Manajemen Rekayasa, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Teknik Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan, serta Bio Medis dan Rekayasa Hayati.

Dari beragam jurusan IPA di atas, ada sebagian yang berkaitan dengan fisika sedangkan sebagian lainnya mungkin lebih terkait dengan biologi, matematika, atau kimia. Namun bidang-bidang tersebut tak asing lagi buat kamu yang anak IPA, kan?

 

5. Geografi

jurusan yang berhubungan dengan matematika
Photo by cottonbro studio on Pexels

Begitu pula dengan geografi. Bidang ilmu ini mungkin tidak secara langsung berkaitan dengan fisika, tetapi Geografi merupakan salah satu jurusan IPA yang terbuka lebar juga buat kamu yang menyukai pelajaran Fisika. Selain Geografi, alternatif jurusan yang bisa kamu pertimbangkan adalah Pendidikan Geografi dan Sains Informasi Geografi. Background IPA-mu kepake banget loh, di ketiga jurusan ini.

Pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA itu memang biasanya entah merupakan jurusan yang berhubungan dengan matematika atau mata pelajaran IPA yang lain. Namun selain mata pelajaran favorit, sebenarnya ada hal lain yang tak kalah penting dalam memilih jurusan kuliah, yaitu faktor kepribadian.

Mengetahui mata pelajaran favorit dan mencari jurusan kuliah berdasarkan mata pelajaran favorit itu boleh banget. Akan tetapi, mengetahui apakah kepribadianmu memang cocok untuk kuliah di jurusan dan pekerjaan tertentu, itu juga enggak kalah penting.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog