PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.teachforamerica.org

Kenapa Jurusan Kuliah Menjadi Pilihan Pribadi: Ini 4 Alasannya

Tips Pelajar

Mungkin kamu sudah mendengar dan membaca banyak petuah tentang memilih jurusan kuliah. Tapi kenapa sih, pilihan jurusan kuliah tuh penting banget ditimbang secara individual? Terlepas dari bakat, minat, ataupun kemampuan yang dimiliki, urusan sekolah yang cuma empat tahun lagi ini kok jadi serius banget, ya?

 

1. Setiap Orang Diciptakan dengan Keunikan dan Kelebihannya Masing-Masing

Mungkin sobat karibmu jago Matematika, kakakmu mahir dalam delapan bahasa asing, sepupumu yang baru masuk TK udah hapal tabel periodik (wow!), sementara kamu? Kok rasa-rasanya tak ada satu halpun yang bisa kamu kerjakan dengan benar dan membanggakan. Satu-satunya pujian yang sempat menghampiri adalah kepiawaianmu membuat kue, trus kamu dapat tambahan uang saku, dan sempat mencatat keuangan usaha kecil-kecilanmu dengan rapi.

Memangnya apa yang salah dengan itu? Barangkali memang kamu diberkati dengan bekal itu untuk menjalani hidupmu: entah tata boga, entah entrepreneurship, entah akuntansi – bukan untuk menjadi diplomat atau pegawai Badan Pusat Statistik.

 

2. Tak Ada Dosen Tatib, Justru Kamu yang Harus Bisa Mengawasi Diri Sendiri

Nggak gampang lho, bangun pagi, kuliah dengan dosen yang tak semuanya menyenangkan, ngerjain tugas selama weekend, atau begadang semalaman demi skripsi kalau kamu nggak suka. Jangan harap ada yang memaksamu keluar dari selimut atau ngingetin deadline tugas.

Tak mudah bagi orangtuamu untuk memeriksa jadwal kuliah yang acakadut. Dan percayalah, sesibuk-sibuknya kamu kuliah, dosenmu jauh lebih sibuk – terlalu sibuk untuk memperhatikan apakah kamu hadir di kelas, berpakaian rapi, atau mengumpulkan tugas. Jadi, kalau bukan dirimu sendiri yang punya CCTV dan alarm pribadi (minat dan semangat), dijamin kuliahmu bisa nggak selesai.

 

3. Tak Ada Aral yang Tak Melintang, Jalan Apapun yang Dipilih

Menurut dugaanmu, mahasiswa Matematika beruntung karena nggak harus membaca puluhan novel klasik yang tebal seperti mahasiswa Sastra? Menurut persangkaanmu, mahasiswa Seni Lukis bebas berkreasi tanpa tekanan seperti mahasiswa Arsitektur yang harus melek berhari-hari menyelesaikan gambar teknik dan maket?

Jangan manja. Setiap jalan memiliki tantangannya masing-masing. Tak ada jalan tol bebas hambatan dalam hidup ini. Kesulitan itu akan ada, kalau bukan sekarang mungkin nanti. Bangkitlah lebih tinggi, melampaui rintangan yang menghadangmu.

 

4. Perlu Latihan dalam Menentukan dan Membuat Keputusan

Bukan hanya tentang kuliah dijurusan apa, tapi yang lebih penting pada masa-masa transisi dari SMA ke PT ini adalah tempaanmu dalam membuat keputusan. Luangkan waktu untuk menimbang segala aspek, kelebihan dan kekurangannya. Dengarkan masukan dan saran dari keluarga dan para guru. Kemudian gunakan segala informasi yang telah diperoleh untuk menentukan.

Proses ini hanya sebagian diawalnya. Kedepannya, akan ada lebih banyak keputusan besar yang harus diambil dalam hidupmu. Dan dirimu sendiri yang menentukan.

 

Pilihan untuk kuliah kejurusan apa, bagaimana dan siapa yang menjalaninya, semua adalah tentang kamu. Kamu sendiri, satu-satunya orang yang terlibat didalamnya – bukan orangtua, saudara, kawan karib, bahkan guru BP/BK. Jadi, terima saja masukan dan saran dari orang-orang yang menyayangimu tersebut, tapi keputusan tetap ada ditanganmu. Karena pada akhirnya, ini adalah tentang kamu dan hidupmu.

Lebih masukan Blog

4 Ide Kreasi: Terapi Mengatasi Stres bagi Pelajar dan Mahasiswa

Pernahkah kamu kesulitan memejamkan mata dan beristirahat dimalam hari, padahal badan rasanya ...

Berkelas: Gen Z dan Dunia Maya

Gen Z yang sejak lahir sudah menggenggam ponsel ( lebay juga sih , perumpamaan ini), pasti...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru