redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ketahui Pilihanmu: 5 Jurusan Perfilman di Kampus Negeri dan Swasta

Perfilman, jurusan menarik hanya bagi mereka yang memiliki minat pada dunia sinematografi.

Jurusan Perfilman, image credit Jakob Owens

Adakah Sobat Pintar yang ingin kuliah perfilman? Sebagian kita lebih tertarik pada sekolah perfilman alih-alih Fakultas Kedokteran atau Sekolah Kedinasan. Bidang yang menguras kreativitas ini memang tak untuk semua orang, jadi beruntunglah Sobat yang ingin masuk sekolah film – dan mendapat restu orang tua.

Unfortunately, masih banyak yang bertanya-bertanya di mana kuliah perfilman atau jurusan sinematografi di Indonesia. Again, sekolah film memang cukup anti mainstream ketika teman-teman kita lebih banyak yang tertarik pada Fakultas Teknik atau Ekonomi.

Nah, kali ini kita kepoin jurusan perfilman di universitas negeri/ swasta yuk, Sobat! Bukan hanya untuk Sobat Pintar yang ingin masuk universitas perfilman, tapi juga agar kita makin banyak tahu tentang pilihan-pilihan pendidikan tinggi yang ada. Who knows, you might want to consider studying cinematography in the near future.

 

1. Institut Kesenian Jakarta

Siapa yang tak kenal dengan kampus swasta di Jakarta ini? Penggiat seni tentu tak asing dengan Institut Kesenian Jakarta, sebuah sekolah perfilman tertua di Indonesia. Dari sekolah perfilman ini kita mengenal nama-nama besar seperti Slamet Rahardjo, Riri Riza, sampai Hanung Bramantyo.

Jurusan Film dan Televisi IKJ berada di Fakultas Film dan Televisi. Sobat Pintar dapat memilih kuliah perfilman di IKJ pada jenjang S1 atau D3 – masing-masing terakreditasi B dan A dari BAN-PT.

Kuliah perfilman di IKJ membuatmu belajar tentang produksi program televisi dan film, film fotografi, hingga pembuatan konten visual video yang baik. Alumni jurusan ini banyak yang kemudian menjadi editor video dan film, talent director, teknisi penyiaran, program director, teknisi suara, maupun teknisi perlengkapan fotografi dan kamera.

 

2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Jika Jakarta punya IKJ, maka Yogyakarta punya ISI – begitulah popularitas Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Terakreditasi B BAN-PT, Jurusan Film dan Televisi di ISI Yogya menjadi bagian dari Fakultas Seni Media Rekam.

Fasilitas kuliah perfilman di ISI Yogya cukup lengkap, dengan studio produksi, peralatan pasca produksi, perlengkapan tata cahaya, dan berbagai perlengkapan kuliah yang lain. Alhasil, alumni sekolah perfilman di Yogyakarta ini adalah mereka yang ahli dalam menulis naskah, mengelola produksi televisi, tata artistik, tata foto elektronik, pengarahan acara, termasuk pula editing elektronik.

 

3. Universitas Bina Nusantara

Dibuka pada 2010, Jurusan Film Binus sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Tak hanya fokus pada kreativitas dan keterampilan teknis, mahasiswa yang kuliah perfilman di Fakultas Desain Binus juga belajar tentang budaya, ekonomi, hingga sains.

Mata kuliah dalam kurikulum salah satu universitas perfilman swasta terbaik di Jakarta ini mencakup visual workshop, Introduction to Film Art, Character Building, Performance Strategy, History of Indonesian Culture, Sound, Directing, Academic English, Script Writing, World Film History, Fine Art, dan masih banyak lagi.

 

4. Institut Seni Indonesia Surakarta

Try to think of this. Kalau kuliah perfilman di kawasan Keraton Surakarta Hadiningrat, film apa yang akan Sobat produksi? Anyway, lokasi ISI Surakarta memang tak jauh dari kawasan keraton – bahkan berdekatan dengan Keraton Mangkunegaran, Museum Radya Pustaka, dan Taman Budaya Surakarta.

Jurusan Televisi dan Film ISI Surakarta terakreditasi B BAN-PT. Para alumni dari Fakultas Seni Rupa dan Desain ini memiliki kecakapan untuk menjadi editor film, operator kamera, production sound mixer, sound designer, dan production designer.

 

5. Universitas Padjadjaran

Satu lagi kampus multimedia di Indonesia yang patut dipertimbangkan bagi Sobat Pintar yang ingin kuliah perfilman: Universitas Padjadjaran. Are you surprised, Sobat? Ya, Unpad tak hanya mumpuni di bidang sains dan sosial, tapi juga seni!

Jurusan Televisi dan Film di kampus negeri ini memiliki akreditasi B dari BAN-PT. Prospek kerja jurusan ini antara lain manajer program, manajer produksi, media analis, dan media entrepreneur. Jika nantinya kuliah perfilman di Unpad, Sobat Pintar akan menjadi bagian dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi.

 

Now, Sobat Pintar yang tertarik pada dunia sinematografi, sudah semakin mantapkah pilihan langkahmu? Dari kelima jurusan perfilman di universitas negeri/ swasta di atas, manakah yang menjadi incaran bidikanmu?

70

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp