redesain-navbar Portlet

null

Blog

Rencanakan Masa Depanmu: 6 Industri Prospek Kerja Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia menyimpan prospek kerja yang cukup dinamis dan menjanjikan.

Prospek Kerja Teknik Kimia, image credit ThisisEngineering RAEng

Jurusan Teknik Kimia adalah salah satu jurusan yang dilirik anak IPA. Bukan hanya Teknik Industri, Teknik Sipil, dan jurusan-jurusan teknik yang lain, tapi prospek kerja Teknik Kimia pun cukup menjanjikan. Apakah Sobat Pintar sedang menimbang-nimbang masuk jurusan ini? Yuk, kenali dulu prospek kerjanya!

 

1. Industri Pangan

Jangan berpikir industri pangan hanya terbatas pada makanan ya, Sobat. Sebagaimana makanan yang tersaji di meja makan kita yang memerlukan proses, begitu pula dengan industri makanan. Nah, peran alumni Jurusan Teknik Kimia dibutuhkan dalam proses industri makanan – mulai dari tahapan sortir, pengawetan, sampai pengemasan.

Kok bisa begitu? Iya, karena mata kuliah yang dipelajari di Teknik Kimia mencakup pengetahuan yang dibutuhkan dalam industri makanan – sebutlah, Mikrobiologi, Kimia Organik, maupun berbagai mata kuliah yang lain. Bahkan, Teknik Kimia ITB menawarkan tiga jalur studi, salah satunya adalah Teknologi Pangan (TP).

 

2. Industri Petrokimia

Ada banyak proses di bidang petrokimia yang melibatkan pengetahuan Teknik Kimia. Teknologi Pemisahan dan Pemurnian, Teknologi dan Petrokimia, ataupun Sintesa dan Simulasi Proses adalah beberapa mata kuliah yang dipelajari di Teknik Kimia dan erat dengan industri petrokimia.

Apa contoh prospek kerja Teknik Kimia dalam industri petrokimia? Salah satunya adalah industri pupuk, Sobat. Fresh graduate Jurusan Teknik Kimia banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan pupuk besar seperti Pupuk Sriwidjaja, Pupuk Kaltim, dan lain-lain.

 

3. Perancangan Pabrik

Perancangan pabrik, rekayasa engineering, procure barang, sampai konstruksi pabrik kimia lebih dikenal sebagai EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Comissioning). Chemical plant design atau EPCC yang dipelajari di Teknik Kimia bisa mencapai hingga 80-90% dari keseluruhan perkuliahan.

Alumni Jurusan Teknik Kimia takkan mengalami kesulitan ketika harus bekerja di bidang EPCC. Pasalnya, mereka sudah cukup akrab dengan P&ID (Piping and Instrumentation Diagram), PFD (Pipe Flow Diagram), dan berbagai skema perancangan pabrik kimia yang lain.

 

4. Industri Minyak dan Gas

Alumni Jurusan Teknik Kimia dibutuhkan di bidang minyak dan gas khususnya dalam pemulihan reservoir. Apa yang dipelajari di Teknik Kimia sehingga para alumninya bekerja di bidang yang terkenal bergaji tinggi ini? Salah satunya Thermodinamika Teknik Kimia, Sobat.

Tak dapat dipungkiri bahwa dalam industri oil and gas ini, dibutuhkan orang-orang yang mengerti betul tentang proses bahan baku sampai menjadi produk atau bahan jadi. Dengan kecakapannya itulah alumni Jurusan Teknik Kimia banyak yang bekerja di Exxon Mobil, Pertamina, Chevron, dan berbagai perusahaan besar yang lain.

 

5. Industri Barang Konsumsi

Coba lihat barang-barang di rumah, Sobat. Sabun mandi, deterjen, susu kemasan, pasta gigi, dan berbagai produk konsumsi lain tak mungkin sampai di rumah dan kita gunakan tanpa campur tangan orang-orang dari Jurusan Teknik Kimia.

Dikenal sebagai Fast Moving Consumer Goods (FMCG), industri di bidang ini cukup digemari alumni Jurusan Teknik Kimia. Bukan hanya gaji yang besar, tapi career path yang baik juga menjadi daya tarik industri FMCG. Dari barang-barang di atas, Sobat bisa menebak perusahaan-perusahaan dalam industri ini? Ya, Unilever salah satunya.

 

6. Industri Kosmetik

Industri kosmetik sedang tumbuh dan berkembang selama beberapa tahun terakhir ini. Apakah ini prospek kerja Teknik Kimia yang cukup menggiurkan, Sobat? Tentu saja!

Kosmetik dan perawatan kecantikan tentu membutuhkan bahan-bahan yang aman, begitu pula dampaknya bagi lingkungan. Mereka yang pernah kuliah di Jurusan Teknik Kimia tentu mengetahui bahan-bahan kimia yang aman dan dapat digunakan dalam industri ini.

 

Kuliah di Jurusan Teknik Kimia memang membuatmu akrab dengan bahan-bahan kimia. Dan masih banyak lagi yang dipelajari di jurusan ini, apalagi bila Sobat kuliah di PTN-PTN besar – seperti ITB.

Selain ITB, Teknik Kimia UGM dan Teknik Kimia UI adalah jurusan-jurusan yang banyak diincar oleh calon mahasiswa. Bagaimana denganmu, Sobat? Masih ingin tahu apa itu Teknik Kimia? Atau sudah semakin mantab memilih jurusan ini untuk kuliah nanti?

70

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp