APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kurangnya Perhatian Orang Tua ke Perilaku Remaja

Ada lebih banyak peran orang tua yang turut menentukan bagaimana remaja berperilaku.

Photo by cottonbro studio on Pexels

Kasih sayang dari orang tua sangatlah penting dan berperan besar dalam kehidupan anak remaja. Bahkan kasih sayang dari orang tua sejatinya merupakan bentuk cinta dan perhatian yang paling mendalam yang diterima oleh remaja. Cinta orang tua kepada anak mampu menciptakan rasa aman, membangun rasa percaya diri, dan membantu remaja merasa dicintai dan diterima. Itulah mengapa bagi sebagian remaja kasih sayang dari orang tua adalah segalanya.

Begitu bermaknanya kasih sayang dari orang tua, maka betapa meluluhlantakkannya bila kebutuhan akan kasih sayang tersebut tak terpenuhi. Sebagian dari akibat kurang kasih sayang orang tua yang kentara adalah permasalahan dalam pergaulan remaja. Nah, apa dampak kurangnya perhatian orang tua terhadap pergaulan remaja?

 

1. Gangguan Perilaku

Faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja
Photo by cottonbro studio on Pexels

Remaja yang merasakan kurang perhatian orang tua cenderung mencari pengakuan atau perhatian dari lingkungan mereka. Dengan pemikirannya yang belum dewasa, bukan tidak mungkin bila anak remaja lebih mengutamakan keinginannya untuk diperhatikan ketimbang benar atau salah tindakannya. Bagi remaja, terkadang, diperhatikan karena melakukan hal buruk sekalipun tak masalah daripada tidak diperhatikan sama sekali.

Remaja yang kekurangan kasih sayang dari orang tua mencari perhatian dari teman sebaya, orang yang lebih tua, bahkan orang asing. Berawal dari kebutuhan untuk diperhatikan saja, eskalasinya bisa berupa perilaku-perilaku negatif – yang sering dilabeli sebagai kenakalan remaja. Contoh dari kenakalan remaja antara lain penggunaan zat-zat terlarang, terlibat dalam tindakan kriminal, perilaku seks berisiko, dan masih banyak lagi.

 

2. Lingkaran Pergaulan yang Buruk

contoh dari kenakalan remaja
Photo by Min An on Pexels

Circle, begitu remaja sekarang menyebut lingkaran pertemanannya, adalah komunitas atau kelompok pergaulan yang terbatas. Anak remaja yang kurang perhatian orang tua, telah disebutkan di atas, akan mencari dan berusaha mendapatkan perhatian dari orang lain, terutama dari circle-nya. Peranan orang tua yang semestinya menjadi pembimbing dan teladan tergantikan oleh orang-orang lain dalam komunitas yang telah membuat anak merasa nyaman dan diterima.

Sekali lagi, lantaran pemikirannya yang belum dewasa, anak remaja bisa terjatuh ke dalam lingkaran pergaulan yang buruk. Sebagian dari faktor kenakalan remaja adalah terbukanya peluang untuk terlibat dan bergaul dengan teman-teman yang memiliki perilaku negatif atau terlibat dalam kegiatan yang merugikan. Pergaulan buruk tersebut dapat memengaruhi nilai, norma, bahkan tujuan hidup.

 

3. Tidak Adanya Kelekatan Emosi

kurang perhatian orang tua
Photo by Adril Kudri on Pexels

Bonding atau kelekatan, menurut KBBI, adalah hubungan afektif antara satu individu dengan individu lain yang mempunyai arti khusus. Dalam hubungan antara orang tua dan anak, sudah sewajarnya bila anak merasakan kasih sayang dari orang tua. Sebagaimana telah disebutkan di awal, anak yang merasakan kasih sayang dari orang tua akan merasa aman, dicintai,  dan diterima. Pada gilirannya, anak yang merasakan kasih sayang dari orang tua juga akan menunjukkan rasa kasih sayangnya terhadap orang tuanya.

Kasih sayang timbal balik dalam relasi orang tua dan anak tampak pada komunikasi yang terbuka, sikap menghormati dan memahami perbedaan, adanya empati, bahkan keterlibatan secara fisik dan emosional. Sebaliknya, hubungan antara orang tua dan anak yang diwarnai dengan sikap defensif, tertutup, konfrontatif, bahkan agresif, bisa menjadi indikasi tidak adanya ikatan atau kelekatan emosi antara anak remaja dengan ayah dan ibunya. Padahal, salah satu dampak anak tidak dekat dengan ayah dan ibu adalah timbulnya perasaan cemas, tidak dicintai, diabaikan, kesepian, bahkan depresi hingga kesulitan menjalin hubungan jangka panjang yang sehat dengan pria atau wanita di masa dewasa kelak.

 

4. Sulit Menjalin Hubungan

kasih sayang dari orang tua
Photo by SHVETS production on Pexels

Sekali lagi, kekurangan kasih sayang dan perhatian orang tua tidak hanya menjadi faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja, tetapi juga berpengaruh terhadap kemampuan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Remaja yang tidak mengalami bagaimana rasanya memiliki kelekatan emosi dengan orang tuanya berpotensi untuk mengalami kesulitan dalam membangun ikatan emosional di masa dewasanya. Tanpa pengalaman emosi yang sehat, membangun dan mempertahankan hubungan yang sehat dengan teman, rekan kerja, maupun pasangan di masa depan bukanlah hal yang mudah.

 

5. Masalah Akademis

tanda anak kurang kasih sayang
Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Motivasi dan minat belajar yang rendah, bahkan perilaku buruk di sekolah juga bisa merupakan bagian dari dampak anak tidak dekat dengan ayah dan ibu. Baik ayah maupun ibu memegang peranan besar dalam menumbuhkan motivasi belajar, khususnya pada anak remaja.

Sentuhan yang penuh kasih sayang dari orang tua bahkan memengaruhi perkembangan kognitif anak di usia dini. Oleh sebab itu, bukan hal yang aneh bila anak dengan masalah kedisiplinan di sekolah, minat belajar yang rendah, dan prestasi akademis yang buruk bisa menjadi tanda anak kurang kasih sayang dari orang tuanya.

Penyebab kenakalan remaja memang kompleks dan melibatkan berbagai faktor yang saling terkait. Namun anak remaja yang merasa kekurangan kasih sayang dari orang tua rentan terlibat dalam beragam tindak kenakalan.

Ada berbagai cara mengatasi anak yang kurang perhatian dari orang tua, terutama dengan meluangkan waktu untuk hadir dan terlibat secara fisik dan emosional dalam kehidupan anak remaja. Belum terlambat bagi orang tua untuk memperbaiki komitmen dan mengatur ulang prioritas dan rutinitas. Bila perlu, dapatkan bantuan profesional dari psikolog yang mengerti betul tentang psikologi anak, khususnya remaja.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog