redesain-navbar Portlet

null

Blog

Macam-Macam Hobi: 7 Kegiatan Menyenangkan untuk Dipelajari di Universitas

Hobi bisa menjadi salah satu motivasi memilih jurusan kuliah.

Macam-Macam Hobi, photo by Giulia Bertelli on unsplash

Ada beberapa hobi yang dapat meningkatkan kecerdasan otak, tapi ada pula hobi yang mungkin bisa membuat masa depanmu cerah, Sobat. How come? Karena, who knows, hobi itu bisa membantumu memilih jurusan kuliah yang tepat. Ingin tahu apa saja jenis hobi yang bermanfaat ini? Here we go.

 

1. Menganalisis Data

Menganalisis data adalah salah satu jenis hobi yang bermanfaat sekali. Memang tak semua orang punya minat untuk mengutak-atik angka. But if you do, then you're so special! Coba diingat-ingat lagi, Sobat. Barangkali, misalnya, selama ini Sobat Pintar enjoy mengerjakan soal-soal Matematika yang terbilang rumit? Atau mungkin sudoku adalah game favoritmu?

Hobi menganalisis ini bisa membawamu ke Jurusan Statistika, Aktuaria, Matematika, atau Akuntansi. Selain kalkulus, di jurusan-jurusan ini kita pun belajar tentang teknik sampling dan basis data. How's it? Hobi yang bagus untuk masa depanmu bukan, Sobat?

 

2. Berjualan

Sobat Pintar suka menjual sesuatu – seperti snack, hasil kerajinan tangan, alat tulis unik, atau yang lain? It doesn't really matter what you sell. Tapi hobi yang bagus ini bisa menambah uang sakumu, bukan?

And what is more, hobi berjualan bisa menjadi referensimu untuk kuliah Manajemen Bisnis, Bisnis Digital, ataupun Pemasaran. Learning business will make your hobby develop to another level. Bukankah ini jenis hobi yang bermanfaat, Sobat?

 

3. Traveling

Tahukah Sobat, bahwa traveling adalah salah satu hobi yang melatih otak agar cerdas? Mengunjungi tempat-tempat baru membuat otak kita aktif bekerja mengenali dan menganalisis pola-pola baru. Setiap kali mengunjungi tempat baru, setiap kali itu pula kita belajar hal baru.

Plus, hobi yang menarik ini bisa menjadi referensimu untuk kuliah di Jurusan Pariwisata, Arkeologi, Sosiologi, Antropologi, atau Hubungan Internasional. Isn't it interesting, Sobat?

 

4. Main Game

Who else desperately wants to hear that playing game is good? Bermain game strategi, terutama, adalah hobi yang dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Bahkan saat ini sudah ada jurusan-jurusan keren yang mampu mewadahi keterampilanmu bermain game. Animasi, DKV, bahkan Teknik Informatika dan Software Engineering adalah beberapa jurusan yang dapat diawali dari hobi yang menarik ini – bermain game.

 

5. Menggambar

Dari macam-macam hobi manusia yang ada, satu hobi ini tak bisa dilakukan oleh semua orang. It takes a talent to draw pictures. So if you have it, Sobat, please don't waste it.

Meskipun tak menjadi syarat masuk, kemampuan menggambar akan sangat membantu saat kita kuliah di Jurusan Arsitektur, Desain Interior, atau DKV. Dan pastinya, hanya mereka yang bisa dan suka menggambar yang memilih untuk kuliah di Jurusan Seni Rupa Murni.

 

6. Musik

Ingin melakukan hobi yang melatih otak agar cerdas? Try playing a music instrument, Sobat. Memainkan alat musik secara teratur dapat memperkuat hubungan belahan otak kanan dan kiri (corpus callosum) serta mengoptimalkan fungsi otak.

And if it's your call, Sobat, learning music at university is not a bad desicion. Kuliah di Jurusan Seni Musik ataupun Etnomusikologi patut dipertimbangkan bagi Sobat Pintar yang sudah mendalami hobi yang bagus ini sejak kecil.

 

7. Memasak

Hobi yang menarik ini semakin diminati banyak orang. Selain menyenangkan bagi mereka yang suka memasak, hobi ini mampu mendatangkan rupiah. Who doesn't love it, then?

Lantas, apakah harus punya bakat memasak untuk menjalani hobi yang bagus ini? No, Sobat Pintar. Even if you don't have talent in cooking, the skill is something worth to learn. Lagipula, kuliah Tata Boga ada di program sarjana dan diploma. Pilihan yang menarik untuk mengembangkan hobi, bukan?

 

And while we're on it, what's your hobby, Sobat? Hobi adalah kegiatan rekreasi yang kita kerjakan di waktu luang. So, what have you been doing in your spare time?

Jika pertanyaan ini terlalu sulit untuk dijawab, coba mulai dari kegiatan yang Sobat sukai. Mencoba melakukan berbagai kegiatan bisa dilakukan sampai Sobat menemukan satu yang dirasa paling menyenangkan. Atau, coba ingat lagi apa yang Sobat suka kerjakan saat masih kecil dulu.

But, hey! Ada cara mengetahui hobi yang lebih mudah, Sobat: mau mencoba Tes Kepribadian?

90

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet