PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Makanan Sehat untuk Otak, photo via virtuagym.com

Makanan-Makanan Ini Baik untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Nutrisi yang baik diperlukan untuk mendukung proses belajar.

Betapa membosankannya ketika harus belajar tanpa kudapan - Sobat Pintar yang gemar makan pasti merasakannya. Namun sebenarnya kebiasaan belajar sambil mengudap makanan ringan ada baiknya juga, lho. Asalkan dengan satu catatan: makanannya memang bernutrisi untuk otak – seperti dibawah ini.

 

Buah

Antioksidan pada buah berperan penting untuk melindungi sel otak dari kerusakan. Buah yang kaya vitamin E, seperti alpukat, dapat menurunkan risiko alzheimer. Artinya, kemampuan otak dalam menyimpan memori juga lebih baik. Bukankah Sobat Pintar harus mengingat banyak materi pelajaran saat menghadapi ujian?

Pilihan buah juga cukup beragam. Selain alpukat, Sobat Pintar bisa memilih strawberry, pisang, apel, kelapa muda, jeruk, blackberry, blueberry, atau bahkan tomat.

 

Sayur

Vitamin K pada sayur, terutama bayam, brokoli, dan asparagus, berperan penting dalam menjaga kekuatan sel otak dan meningkatkan kemampuan kognitif. Nah, jangan pilih-pilih sayur ya, Sobat!

 

Umbi

Tahukah Sobat, dalam bawang merah terdapat zat fisetin yang dapat menguatkan memori jangka panjang. Mulai sekarang jangan sisihkan kalau mendapati irisan bawang merah di piringmu, ya!

Selain bawang merah, ada lagi jenis umbi yang bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, Sobat. Bit, si umbi berwarna merah pekat, memiliki khasiat meningkatkan kemampuan kognitif dan meningkatkan konsentrasi.

 

Kacang

Jangan menghindari kacang tanah karena jerawat, Sobat. Pasalnya, vitamin E pada kacang merupakan sumber antioksidan yang dapat mencegah penuaan sel otak, menguatkan memori, dan meningkatkan konsentrasi.

Selain dikudap sebagai snack yang asyik saat belajar, kacang juga dapat diambil manfaatnya dalam bentuk selai. Spread it on your toasts for breakfast – easy peasy for such benefits!

Masih mengkhawatirkan lemak pada kacang? Mengutip Maria C. Carrillo, Vice President, Medical and Scientific Affairs dari Alzheimer's Association di Chicago, pola makan yang kaya lemak sehat berdampak baik pada otak dan jantung. Nah, lemak sehat ini terdapat juga pada kacang, Sobat!

 

Kafein

Are you familiar with coffee and tea as caffeine sources? Ternyata, cokelat juga bisa menjadi sumber kafein, Sobat. Selain bersifat stimulan, mengurangi rasa lelah, dan membuat Sobat Pintar tetap terjaga untuk belajar, kafein juga dapat merangsang kinerja otak dan menguatkan memori.

Beberapa jenis teh juga diyakini bermanfaat baik untuk otak. Medical News Today menyebutkan bahwa teh pepermint dapat menguatkan memori jangka panjang, sementara teh hijau (matcha) bersifat menenangkan, meningkatkan kemampuan kognitif, dan memperbaiki kualitas tidur.

Kalau bukan peminum kopi atau teh, Sobat masih bisa mendapat manfaat kafein dari cokelat. Bahkan, cokelat dapat meningkatkan hormon endorfin yang tak hanya membuat Sobat merasa senang, tapi juga dapat meningkatkan konsentrasi. In addition, chocolate specifically increases visual information processing and improves insomnia.

Cobalah dark chocolate kalau Sobat Pintar sulit tidur cukup dan teratur. Pasalnya, gangguan tidur dapat menurunkan kemampuan kognitif, lho!

 

Ikan

Bukan tanpa alasan bila Menteri Kelautan dan Perikanan menghimbau kita makan ikan – terutama ikan yang tinggi lemak sehat seperti tuna. Sobat Pintar ada yang mengonsumsi minyak ikan? Sebagai salah satu bentuk lemak, minyak ikan dapat meningkatkan aliran oksigen dan darak ke otak.

Asam lemak Omega-3 dan DHA pada ikan menjaga kesehatan sel otak sehingga Sobat Pintar lebih mudah berkonsentrasi saat belajar. Times of India menyebutkan bahwa Omega-3 pada ikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif, mengurangi inflamasi, dan meningkatkan kesehatan jantung. Nah, ayo makan ikan!

 

Itulah beberapa sumber makanan bernutrisi yang sangat dibutuhkan oleh pelajar. Mulai dari kudapan ringan sampai lauk makan, seluruhnya mermanfaat bagi kinerja otak. Saat melihatnya terhidang di meja, jangan ditepis ya, Sobat!

Lebih masukan Blog

Bulan Ini Saja: Kuota Mahasiswa Baru pada 20 Sekolah Kedinasan

Siapa ingin lanjut kuliah di Sekolah Kedinasan atau Pendidikan Tinggi Kedinasan?...

Yang Perlu Diketahui tentang UM Undip 2019

Melewatkan kesempatanmu pada SNMPTN dan SBMPTN bukan akhir dunia, Sobat. Masih ada Seleksi...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru