APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

MAN Insan Cendekia Bangka Tengah Pertemukan Wali Murid dengan Psikolog

Siswa memerlukan dukungan dari semua pihak untuk meraih kesuksesan.

Photo by Kishor on Unsplash

MAN Insan Cendekia di Bangka Tengah adalah sebuah boarding school di Bangka Belitung. Perhatiannya pada pendidikan yang holistik tidak hanya terbatas pada kompetensi akademik, melainkan juga well-being siswa. Bersama Aku Pintar, MAN Insan Cendekia Bangka Tengah menghadirkan Tes Psikologi dan bincang-bincang bersama psikolog mengenai parenting.

 

Perhatian Semua Pihak terhadap Well-Being Pelajar


Image source: Aku Pintar

Well-being tidak hanya berkaitan dengan kesehatan mental. Siswa yang well-being juga sehat secara fisik, memiliki hubungan sosial yang bermakna, bahkan menyadari arah hidupnya. Bagi pelajar yang masih berusia remaja, semua itu bisa jadi masih terlalu kompleks untuk dipahami dan dijalani dengan penuh kesadaran.

Maka dari itu, MAN Insan Cendekia Bangka Tengah mempertemukan psikolog dari Aku Pintar dengan Wali Murid. Bincang-bincang mengenai parenting dalam sehari memang terbilang singkat, tetapi perhatian dan kontribusi nyata sekolah terhadap relasi orang tua-siswa tidak dapat dipandang sebelah mata.

 

Peran Psikolog dalam Pendidikan


Image source: Aku Pintar

Kolaborasi MAN Insan Cendekia Bangka Tengah dan Aku Pintar semata-mata bertujuan agar siswa dapat berkembang mencapai potensi terbaiknya di lingkungan yang mendukung. Psikolog dapat berbagi pandangan bagaimana agar orang tua dan anak memiliki hubungan yang positif.

Meskipun sharing session dengan orang tua masih bersifat klasikal, pertemuan dengan psikolog setidaknya dapat membuka cakrawala pandang semua pihak dalam memahami dan mendukung anak di lingkungan keluarga maupun siswa di lingkungan sekolah. Justru konseling kelompok memberi peluang bagi para orang tua untuk saling berbagi tips dalam menangani konflik, masalah komunikasi, ataupun dinamika lainnya di dalam keluarga.

 

Tes Psikologi bagi Peserta Didik


Image source: Aku Pintar

Sementara itu, peserta didik juga mendapatkan porsi perhatiannya sendiri. Melalui Aku Pintar, MAN Insan Cendekia Bangka Tengah meyelenggarakan psikotes bagi siswa guna mengukur aspek kognitif dan psikologis.

Aku Pintar memang telah berpengalaman mengelola psikotes siswa. Tes psikologi sendiri sebenarnya dibutuhkan oleh para peserta didik karena dapat membantu menempatkan mereka pada program studi yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Peserta didik yang berkembang sesuai dengan potensi dan kemampuannya cenderung memiliki peluang sukses yang lebih besar.

Melalui kerja sama yang apik dengan Aku Pintar, MAN Insan Cendekia Bangka Tengah telah berhasil menghadirkan lingkungan belajar yang suportif bagi siswa. Bagaimanapun juga, setiap anak berhak untuk mendapatkan support system terbaiknya dari keluarga maupun sekolah.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog