APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Memahami Causative Verb: Have, Get, Let, dan Make

Active causative dan passive causative menjadi bahasan penting dalam materi causative verbs.

Photo by Engin Akyurt on Pexels

Kausatif adalah bentuk verba yang digunakan untuk mengungkapkan bahwa suatu tindakan dilakukan oleh seseorang. Dalam bentuk aktif, verba tersebut menunjukkan subjek yang membuat objek melakukan tindakan tertentu. Sementara dalam bentuk pasif, verba kausatif menunjukkan orang lain yang melakukan suatu tindakan.

Karena fungsi tersebut, kalimat kausatif sebenarnya cukup sering digunakan sehari-hari. Kamu sendiri pernah meminta atau menyuruh seseorang melakukan sesuatu kan, Sobat Pintar? Nah, kamu bisa menggunakan causative verbs untuk mengungkapkan keinginanmu itu.

Misalnya, mobilmu perlu diperbaiki. Kalimat kausatif yang mengungkapkan bahwa ada orang lain yang memperbaiki mobilmu adalah, “I had my car repaired yesterday.”

Pada kalimat di atas, 'had' (causative verb) digunakan untuk menyatakan bahwa subjek (kamu) meminta atau menginstruksikan objek (orang lain) untuk melakukan sesuatu. Dalam contoh ini, kamu meminta seseorang untuk memperbaiki mobilmu.

Nah, causative verbs sendiri enggak cuma have seperti pada contoh di atas, Sobat. Masih ada causative verbs lainnya yang bisa digunakan. Maknanya pun beragam, bisa meminta, menyuruh, bahkan memaksa. Mau tahu lebih banyak? Yuk, simak penjelasan tentang causative verbs, termasuk active causative dan passive causative di bawah ini. 

 

Pengertian Causative Verb

causative verb dan contohnya
Photo by Daniel Reche on Pexels

Kalau begitu, apa sih causative verbs itu? Dalam bahasa Inggris, causative verbs adalah verba atau kata kerja yang digunakan untuk menyatakan bahwa subjek membuat, menyuruh, membiarkan, atau meminta objek untuk melakukan suatu tindakan atau aktivitas tertentu. Dengan kata lain, causative verbs menunjukkan bahwa subjek bertindak sebagai penyebab atau pendorong bagi objek untuk melakukan sesuatu. 

Biasanya causative verbs digunakan ketika subjek memiliki pengaruh atau kontrol atas benda atau orang lain yang melakukan tindakan. Causative verbs juga sering digunakan ketika seseorang memiliki pengaruh atau kontrol untuk:

  • meminta bantuan atau jasa orang lain
  • memberikan perintah atau instruksi kepada orang lain
  • memberikan izin kepada orang lain untuk melakukan sesuatu
  • menyebabkan orang lain melakukan sesuatu.

Contoh causative verbs yaitu make, have, let, get, dan help. Misalnya, dalam kalimat, "She made him clean the house," kata kerja 'made' menunjukkan bahwa subjek (she) menyebabkan atau memaksa objek (him) untuk membersihkan rumah.

 

Perbedaan Active Causative dan Passive Causative 

bedanya get dan have
Photo by Thirdman on Pexels

Nah, kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan causative verb dan contohnya. Sekarang kita lanjutkan pembahasan mengenai active causative dan passive causative.

Active Causative 

Active causative adalah konstruksi kalimat yang mana subjek menyebabkan atau mendorong objek (orang lain) untuk melakukan suatu tindakan atau aktivitas tertentu. Dalam kalimat jenis ini, subjek bertindak sebagai agent yang bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan oleh objek atau penerima tindakan.

Aksi yang dilakukan oleh agent diungkapkan dalam action verbs, yang berbentuk bare infinitive (bentuk dasar kata kerja) atau infinitive (to verb), tergantung kata kerja apa yang digunakan. Struktur ini disebut active causative structure dan rumus untuk membuat kalimatnya adalah: 

S + causative verb + agent + action verb (bare infinitive/infinitive)

Causative verbs yang diikuti bare infinitive antara lain have, let, dan make. Sedangkan causative verbs yang diikuti infinitive terdiri dari allow, cause, convince, enable, force, lead, get, motivate, permit, dan require. Ringkasan dan contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Causative Verbs

Action Verbs

have

let

make

bare infinitive (verb1)

allow

cause

convince

enable

force

lead

get

motivate

permit

require

infinitive (to+verb1)

  • She made her children clean their rooms.
  • He had his car repaired by a mechanic.
  • They let me borrow their bicycle for the weekend.
  • I got my hair cut at the salon.
  • My manager had me finish the reports in a week.

Passive Causative 

Kebalikan dari active causative adalah passive causative, yaitu konstruksi kalimat yang mana subjek menerima atau menjadi objek dari suatu tindakan yang disebabkan oleh orang atau benda lain. Dalam kalimat jenis ini, subjek menjadi penerima tindakan dan tidak bertindak secara aktif.

Kata "passive" dalam passive causative merujuk pada peran subjek yang tidak aktif dalam melakukan tindakan, tetapi menerima dampak dari tindakan tersebut. Rumusan untuk membentuk kalimatnya adalah:

S + causative verb + object + action verb (past participle)

Causative verbs yang diikuti past participle adalah get dan have. Ringkasan dan contoh kalimatnya di bawah ini.

Causative Verbs

Action Verbs

get

have

past participle (verb3)

  • I have my bike repaired
  • I had my hair cut.
  • Maria got the car washed.

Pada contoh di atas, baik get maupun have sama-sama berfungsi sebagai causative verbs. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan, Sobat. Bedanya get dan have adalah pada nuansa formalitas penggunaan.

  • 'Have' cenderung lebih otoritatif dan formal, sering digunakan untuk tindakan yang dilakukan oleh lain atas perintah atau permintaan subjek.
  • 'Get' sering kali lebih informal dan menunjukkan bahwa subjek menyebabkan suatu tindakan terjadi tanpa mengungkapkan otoritas yang sama seperti 'have.'

 

Penggunaan Causative Verb 


Photo by Gustavo Fring on Pexels

Sesuai penjelasan di atas, causative verbs terdiri dari let, make, have, dan get. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan penggunaan tiap-tiap causative verb tersebut.

1. Let 

Penggunaan

  • 'Let' digunakan untuk menyatakan izin atau memberikan kesempatan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu.

Rumus

  • Let + object (person) + verb form (kata kerja dasar)

Contoh

  • "She let her children play outside after they finished their homework." (Dia membiarkan anak-anaknya bermain di luar setelah mereka menyelesaikan pekerjaan rumah mereka.)
  • Dalam kalimat pasif: "The children were let play outside (by their mother)." (Anak-anak dibiarkan bermain di luar oleh ibu mereka.)

2. Make 

Penggunaan

  • 'Make' digunakan untuk menyatakan bahwa subjek memaksa atau mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.

Rumus

Make + object (person) + verb form (kata kerja dasar)

Contoh

  • "The teacher made the students complete the assignment by the end of the day." (Guru tersebut membuat siswa-siswanya menyelesaikan tugasnya pada akhir hari.)
  • Dalam kalimat pasif: "The students were made to complete the assignment (by the teacher)." (Siswa-siswa dipaksa menyelesaikan tugas oleh guru.)

3. Have 

Penggunaan + Rumus

  • Digunakan ketika subjek menyebabkan (cause), membujuk (persuade), meminta (ask) atau mengatur (arrange) objek (orang lain) melakukan sesuatu untuk subjek: Have somebody do something (have + agent + bare infinitive)
  • Digunakan untuk aksi yang terjadi secara terus-menerus selama periode waktu tertentu: Have somebody doing something (have + agent + present participle)
  • Digunakan untuk menekankan pada proses atau aksi daripada siapa yang melakukannya: Have something done (have + object + past participle)

Contoh

  • "She had her assistant schedule all her appointments for the week." (Dia menyuruh asistennya untuk mengatur semua janji temu selama seminggu.)
  • Dalam kalimat pasif: "She had all her appointments scheduled (by her assistant)." (Dia menyuruh agar semua janji temunya dijadwalkan oleh asistennya.)

4. Get 

Penggunaan

  • 'Get' digunakan ketika ada orang lain yang membuat seseorang melakukan sesuatu dengan paksaan.
  • Bisa dikatakan mirip maknanya dengan have somebody do something namun berbeda dalam struktur kalimatnya. Jika have diikuti bare infinitive, get diikuti oleh infinitive.

Contoh

  • "He got his brother to fix the leaking faucet in the kitchen." (Dia menyuruh saudaranya untuk memperbaiki keran bocor di dapur.)
  • Dalam kalimat pasif: "His brother got asked to fix the leaking faucet in the kitchen (by him)." (Saudaranya diminta untuk memperbaiki keran bocor di dapur oleh dia.) 

Oke, segitu dahulu kita belajar tentang causative verb, Sobat Pintar. Untuk mendapatkan causative verb exercise atau belajar lebih mendalam mengenai Passive Voice, langsung aja download aplikasi Aku Pintar, ya!

 

 

Penulis: Nur Hamidatul Mauidloh
Penyunting: Deni Purbowati

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog