redesain-navbar Portlet

Blog

Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI

Pilihan jurusan kuliah dapat disesuaikan dengan kepribadian tiap-tiap individu.

mbti, Photo by Samia Liamani on Unsplash

Udah tau belum, kalau kita bisa memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian? Nah, seru gak, tuh? Kamu yang introver enggak perlu khawatir salah memilih jurusan kuliah yang memaksamu bersikap layaknya ekstrover. Sedangkan kamu yang ekstrover, kuliah di jurusan yang tepat takkan membuatmu kebosanan setengah mati.

Tapi gimana caranya memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian? Boro-boro menentukan jurusan kuliah sesuai kepribadian, lha wong kepribadian diri sendiri saja masih suka bingung!

Tenang, Sobat Pintar. Kamu enggak sendiri. Kita semua pernah kok, berada di fase ini. Biar enggak makin bingung, yuk kita kenalan dulu sama konsep MBTI.

 

Apa Itu MBTI?

jurusan kuliah sesuai kepribadian
Photo by Maria Lupan on Unsplash

MBTI adalah kependekan dari Myers-Briggs Type Indicator. Myers dan Briggs adalah dua orang penggagas klasifikasi 16 tipe kepribadian MBTI yang dikembangkan dari tipologi kepribadian Carl Jung. Kalian tahu dong, siapa Carl Jung? Iya, betul sekali. Kita mengenal istilah kepribadian introver dan ekstrover itu dari Carl Jung.

Nah, 16 tipe kepribadian MBTI pada dasarnya mengombinasikan tipe introver dan ekstrover dengan enam tipe lain. Selengkapnya tentang macam-macam MBTI dapat dibaca di sini.

 

Apa Saja Rekomendasi Jurusan MBTI?

jurusan mbti
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Oke, sudah tahu lebih banyak tentang MBTI, Sobat? Sekarang yuk, cari tahu apa saja rekomendasi jurusan kuliah sesuai kepribadian MBTI.

1. INFP

INFP yang idealis dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi cocok kuliah di jurusan-jurusan yang membutuhkan eksplorasi pemikiran seperti Psikologi dan Sastra. Keteguhannya dalam memegang prinsip juga membuat seorang INFP kandidat yang baik untuk kuliah di bidang kesehatan. Jurusan kuliah sesuai kepribadian INFP yang lain adalah Desain dan Hubungan Masyarakat karena keduanya cocok dengan INFP yang terbuka dengan berbagai kemungkinan, fleksibel dan adaptif (kecuali pada prinsip yang dipegangnya).

2. INTJ

INTJ dapat dengan cepat memahami pola, kemudian menyusun perspektif jangka panjang. INTJ juga biasanya memiliki standar kompetensi dan kinerja yang tinggi untuk diri sendiri maupun orang lain. Itulah sebabnya, Bisnis dan Ilmu Komputer adalah rekomendasi terbaik bila kamu ingin memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian INTJ. Tipe MBTI yang satu ini cenderung mandiri dan terorganisir, karakter yang juga lekat dengan mahasiswa dari jurusan-jurusan Teknik dan MIPA.

3. INFJ

Si pencari makna ini punya minat yang besar dengan hubungan sosial. INFJ ingin selalu memahami pemikiran orang lain dan melayani orang-orang di sekitarnya sebaik mungkin. Sobat Pintar bisa menebak apa rekomendasi jurusan kuliah sesuai kepribadian ini? Iya, betul sekali. Psikologi dan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang cocok untuk INFJ. Lantaran komitmennya yang  tinggi dalam bekerja dan kegemarannya untuk memahami hubungan antar ide, INFJ juga dapat menjajaki kemungkinan untuk kuliah di Jurusan DKV, Seni Rupa, maupun Televisi dan Film.

4. INTP

Dari 16 tipe kepribadian MBTI, INTP adalah tipe yang lebih tertarik dengan ide ketimbang interaksi sosial. Mereka adalah orang-orang yang teoretis dan abstrak, dengan tampilan yang cerdas dan tenang. Jika memiliki minat, mereka mampu fokus mendalami suatu masalah sampai menemukan solusi. Kira-kira apakah jurusan kuliah sesuai kepribadian ini? Kalau kamu anak INTP, pertimbangkan kuliah di Jurusan Fisika, Ilmu Komputer, atau mungkin Hukum.

5. ENTJ

Berkat pengetahuannya yang luas, ENTJ adalah pembaca keadaan yang baik. Kepekaannya dalam memilah prosedur atau kebijakan yang kurang efisien, kemudian mengembangkan sistem untuk mengatasi persoalan yang ada membuat tipe MBTI yang satu ini kandidat kuat untuk menjadi mahasiswa Manajemen dan Ilmu Politik. Lantaran tak segan memaksakan idenya, boleh dibilang ENTJ juga merupakan kandidat mahasiswa Hukum yang jempolan.

6. ENTP

Sisi ekstrover ENTP menjadikannya sosok blak-blakan yang tak ragu bila harus memecahkan masalah dengan cara-cara yang menantang, namun sekaligus strategis. Hukum, Hubungan Internasional, atau bahkan Kimia adalah jurusan kuliah sesuai kepribadian ini. Apalagi, ENTP menyukai kegiatan-kegiatan yang menarik dan mudah merasa jenuh dengan rutinitas.

7. ENFJ

ENFJ adalah sosok yang hangat, berempati tinggi, dan pendengar yang baik. Tipe kepribadian MBTI ini senang bergaul, suka memudahkan urusan dan mendorong orang lain mencapai potensinya. ENFJ pun mampu menerima kritik dan pujian dengan baik. Karakter seperti ini pas banget untuk kuliah Teater, Drama, Periklanan, Hubungan Masyarakat, llmu Politik, dan tentu saja Psikologi.

8. ENFP

ENFP juga berkarakter hangat. Tipe MBTI ini imajinatif, punya antusiasme tinggi, serta mampu memahami pola dan hubungan suatu informasi dengan kejadian tertentu. Itulah sebabnya, Jurnalistik dianggap sebagai jurusan kuliah sesuai kepribadian ini. Karakternya yang suportif, fleksibel, spontan, dan fasih berbicara membuat ENFP sosok yang menjanjikan untuk kuliah Pariwisata dan Pendidikan.

9. ISFJ

Rekomendasi jurusan kuliah sesuai kepribadian ISFJ adalah Keperawatan, Kedokteran, Kesejahteraan Sosial, maupun PGSD. Karakternya yang tenang, teliti, bertanggungjawab, berkomitmen, telaten, cermat, baik hati, loyal, dan perhatian membuat ISFJ adalah sosok yang tepat untuk bekerja di bidang-bidang tersebut. Kalau Sobat Pintar mudah mengingat sesuatu yang penting secara spesifik dan menyukai ketertiban, pertimbangkan untuk kuliah di jurusan-jurusan tersebut.

10. ISFP

ISFP adalah sosok yang tenang, sensitif, dan baik hati. Kalau kamu tipe MBTI ini, biasanya Sobat Pintar cenderung membutuhkan ruang sendiri, bekerja sesuai dengan waktunya sendiri, hadir dan menikmati masa kini. Kamu pun punya komitmen yang kuat, baik pada orang maupun prinsip yang penting bagi dirimu. Beruntung deh, kalau kamu berbakat untuk kuliah Seni, Desain Interior, atau DKV. Karena tak menyukai perselisihan atau konflik, toleransimu pada pendapat dan prinsip orang lain memudahkanmu untuk kelak bekerja di bidang seni dan desain setelah lulus kuliah.

11. ISTJ

ISTJ berkarakter tenang, serius, teliti, tekun, handal, realistis, praktis, dan logis. Karakter seperti ini sejalan dengan preferensinya pada pekerjaan dan kehidupan yang tertib dan teratur. Sobat Pintar bisa menebak karakter MBTI ini sering dijumpai di mana? Betul, Sobat. ISTJ kebanyakan adalah mahasiswa Teknik atau Kedokteran yang terkenal mengedepankan fakta dan logika.

12. ISTP

Tipe MBTI yang satu ini pembawaannya tenang, dengan minat yang besar pada hubungan sebab-akibat serta mampu mengolah fakta secara efisien dan logis. Dalam diamnya, ISTP menganalisis dengan baik untuk kemudian bertindak cepat menemukan solusi. Jika harus menentukan jurusan kuliah sesuai kepribadian ISTP, maka Penerbangan, Teknik, Kriminologi, dan Ekonomi adalah rekomendasi terbaik.

13. ESFJ

Disebut juga dengan tipe kepribadian konsul, ESFJ adalah karakter yang suka melayani dan bekerja sama dalam lingkungan yang harmonis. ESFJ mampu memahami kebutuhan orang lain dan berusahan memenuhinya, namun juga membutuhkan penghargaan atas apa yang telah dikerjakannya. Jurusan kuliah sesuai kepribadian MBTI ini yaitu Pendidikan, Keperawatan, Psikologi, dan Pariwisata.

14. ESFP

Tipe MBTI ini adalah sosok yang ramah, bersahat, fleksibel, adaptif, spontan, mencintai kehidupannya sendiri dan orang lain. Ia suka belajar dan bekerja bersama orang lain dengan pendekatan yang logis dan realistis. Tak heran bila karakter seperti ini dapat diterima di berbagai bidang, seperti seni, desain, hingga pariwisata. Kalau kamu anak ESFP, kuliah Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi pilihan, loh.

15. ESTJ

ESTJ itu praktis, realistis, berorientasi fakta, dan tegas. Kalau kamu mau tahu bagaimana mengatur pekerjaan secara efisien agar diperoleh hasil terbaik, tanya sama ESTJ, deh. Dia jagonya! Standar logika ESTJ membantunya membuat keputusan dengan cepat, bahkan terkadang memaksakan rencananya. Biasanya kita menjumpai tipe MBTI ini di bidang ekonomi, hukum, maupun kriminologi.

16. ESTP

Tak sulit memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian ESTP. Pasalnya, tipe MBTI ini adalah sosok yang fleksibel, toleran, dan suka menjalin komunikasi aktif. Karena teori terasa membosankan, ESTP lebih suka learning by doing. Karakter seperti ini sering kita jumpai di dunia bisnis dan olahraga.

 

Bagaimana Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian?

tipe kepribadian konsul
Photo by Sven Brandsma on Unsplash

Jadi, kamu calon mahasiswa jurusan apa, Sobat Pintar? Atau, kamu masih bingung menentukan tipe MBTI-mu? Tes MBTI dapat diikuti secara online, tapi sebenarnya kamu enggak perlu terlalu memusingkan harus mengikuti tes cocok masuk jurusan apa.

Ada berbagai pilihan tes untuk menentukan jurusan kuliah sesuai kepribadian. Tes Penjurusan RIASEC, misalnya, adalah salah satu alternatif tes jurusan kuliah yang cocok buat pelajar seperti kamu. Sudah mencobanya, Sobat?

100

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet