APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mengenal Larutan Asam dan Basa di Pelajaran Kimia

Memahami tentang larutan asam dan basa, mulai dari pengertian, ciri-ciri, klasifikasi, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Photo by Edward Jenner on Pexels

Larutan asam dan larutan basa adalah dua jenis larutan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Larutan asam dan basa memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda. Nah, Sobat Pintar, kalau kamu pengin memahami sifat dan ciri-ciri larutan asam dan basa dalam bidang kimia, yuk kita belajar mengenai pengertian, ciri-ciri, klasifikasi, dan contoh larutan asam dan basa.

 

Pengertian Larutan Asam dan Basa

larutan asam dan larutan basa
Photo by Artem Podrez on Pexels

Apa yang dimaksud dengan larutan asam basa? Kita mulai dari larutan asam dahulu yuk, Sobat. Larutan asam adalah larutan yang memiliki pH kurang dari 7. Eh, apa pula pH itu? pH adalah ukuran yang digunakan untuk menentukan tingkat keasaman atau kebasaan suatu larutan. 

Sifat asam dan basa suatu larutan ditentukan oleh kandungannya. Larutan asam mengandung ion hidrogen (H+) dalam jumlah yang lebih besar daripada ion hidroksida (OH-). Sebaliknya, larutan basa mengandung ion hidroksida (OH-) dalam jumlah yang lebih besar daripada ion hidrogen (H+), sehingga memiliki pH lebih dari 7. 

 

Ciri-ciri Larutan Asam dan Basa

yang termasuk asam dan basa
Photo by Kindel Media on Pexels

Larutan asam dan basa memiliki beberapa ciri yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan keduanya. Ciri-ciri larutan asam dan basa dapat dibedakan dari bagaimana sifat asam dan basa itu sendiri. Nah, ciri-ciri larutan asam antara lain sebagai berikut.

Rasa Asam

Larutan asam memiliki rasa asam yang dapat dicecap saat dikonsumsi. Contohnya, asam sitrat pada buah lemon, yang memiliki sifat-sifat asam, memberikan rasa asam pada larutan air perasan lemon. 

pH Kurang dari 7

Telah disebutkan di atas, sebagian ciri-ciri larutan asam adalah pH-nya. pH larutan asam berada di bawah 7 pada skala pH, yang menunjukkan tingkat keasaman larutan tersebut.

Kemampuan Menghasilkan Ion Hidrogen (H+)

Bagaimana ciri-ciri larutan asam jika dilarutkan? Sobat Pintar, larutan asam dapat melepaskan ion hidrogen (H+) ketika dilarutkan dalam air.

Reaksi dengan Logam

Larutan dengan sifat-sifat asam cenderung bereaksi dengan logam. Larutan asam yang bereaksi dengan logam dapat menghasilkan gas hidrogen (H2). Contohnya, asam klorida dapat bereaksi dengan besi untuk menghasilkan gas hidrogen dan ion besi.

Nah, kamu sudah mengetahui ciri-ciri larutan asam. Bagaimana dengan larutan basa? Berikut ciri-ciri larutan basa, Sobat Pintar.

Rasa Pahit dan Licin

Sebagian ciri-ciri larutan basa dapat kita cecap dan sentuh. Larutan basa memiliki rasa pahit dan dapat memberikan sensasi licin saat disentuh. Contohnya, basa kaustik seperti natrium hidroksida memiliki rasa pahit yang kuat.

pH Lebih dari 7

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, pH larutan basa berada di atas 7 pada skala pH. Nilai yang lebih tinggi daripada 7 menunjukkan tingkat kebasaan larutan, sekaligus menjadi ciri-ciri larutan basa yang mutlak.

Kemampuan Menghasilkan Ion Hidroksida (OH-)

Larutan asam dan basa menghasilkan ion yang berbeda. Larutan basa enghasilkan ion hidroksida (OH-) ketika dilarutkan dalam air.

Reaksi dengan Lemak

Ciri-ciri larutan basa yang terakhir dapat diketahui dari reaksinya dengan lemak. Larutan basa dapat merusak lemak dan menghasilkan senyawa seperti sabun.

 

Klasifikasi Larutan Asam dan Basa

ciri-ciri larutan asam dan basa
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

Larutan asam dan larutan basa dapat diklasifikasikan berdasarkan sumber asam atau basa yang digunakan. Berikut adalah beberapa klasifikasi umum dari larutan asam dan basa.

Asam Anorganik

Asam anorganik terbentuk melalui reaksi asam dan basa yang melibatkan senyawa-senyawa anorganik. Contoh dari asam anorganik antara lain asam klorida (HCl), asam sulfat (H2SO4), dan asam nitrat (HNO3), yang masing-masing memiliki sifat-sifat asam.

Asam Organik

Asam organik terbentuk melalui reaksi asam dan basa yang melibatkan senyawa-senyawa organik. Contoh asam organik antara lain asam asetat (CH3COOH), asam sitrat (C6H8O7), dan asam format (HCOOH), yang masing-masing juga mengandung sifat-sifat asam.

Basa Anorganik

Basa anorganik terbentuk melalui reaksi antar logam alkali atau logam alkali tanah dengan air. Contoh larutan basa anorganik antara lain natrium hidroksida (NaOH), kalium hidroksida (KOH), dan kalsium hidroksida (Ca(OH)2). 

Basa Organik

Basa organik adalah senyawa organik yang memiliki sifat basa. Contoh larutan basa organik yaitu amina, seperti trimetilamina (N(CH3)3) dan etilamina (C2H5NH2).

Klasifikasi larutan asam dan basa dapat didasarkan pada kekuatan atau tingkat ionisasi senyawa dalam larutan. Asam dan basa kuat hampir sepenuhnya mengionisasi dalam larutan, sementara asam dan basa lemah hanya sebagian kecil molekulnya yang ionisasi. 

Di samping itu, perlu dicatat bahwa kekuatan asam dan basa dapat memengaruhi reaktivitas serta sifat asam dan basa dalam reaksi kimia. Asam lemah, asam kuat, basa lemah, dan basa kuat merujuk pada kekuatan relatif suatu asam atau basa dalam melarutkan atau melepaskan ion hidrogen (H+) atau ion hidroksida (OH-) dalam larutan. 

Asam Lemah

Dalam klasifikasi larutan asam basa, asam lemah adalah asam yang hanya sebagian kecil molekulnya ionisasi menjadi ion hidrogen (H+) dalam larutan. Dengan demikian, asam lemah memiliki konsentrasi ion hidrogen (H+) yang relatif rendah dalam larutan. Contoh asam lemah antara lain asam asetat (CH3COOH) dan asam format (HCOOH).

Asam Kuat

Asam kuat adalah asam yang hampir sepenuhnya atau sepenuhnya mengionisasi menjadi ion hidrogen (H+) dalam larutan. Dengan demikian, asam kuat memiliki konsentrasi ion hidrogen (H+) yang tinggi dalam larutan dengan sifat-sifat asam. Contoh asam kuat antara lain asam klorida (HCl) dan asam sulfat (H2SO4).

Basa Lemah

Basa lemah adalah basa yang hanya sebagian kecil molekulnya menghasilkan ion hidroksida (OH-) dalam larutan. Dengan demikian, basa lemah memiliki konsentrasi ion hidroksida (OH-) yang relatif rendah dalam larutan. Contoh basa lemah yaitu amina organik, seperti metilamina (CH3NH2). Bagaimana dengan amonia (NH3)? Apakah amonia asam atau basa? Iya, Sobat, amonia merupakan basa lemah.

Basa Kuat

Klasifikasi larutan asam dan larutan basa yang terakhir adalah basa kuat, yakni basa yang sepenuhnya atau hampir sepenuhnya menghasilkan ion hidroksida (OH-) dalam larutan. Dengan demikian, basa kuat memiliki konsentrasi ion hidroksida (OH-) yang tinggi dalam larutan. Contoh basa kuat antara lain natrium hidroksida (NaOH) dan kalium hidroksida (KOH).

Perlu dicatat juga bahwa kekuatan suatu asam atau basa tidak terkait dengan konsentrasinya dalam larutan. Akan tetapi, kekuatan larutan asam dan basa mengacu pada sejauh mana molekul asam atau basa mengionisasi dalam larutan.

 

Larutan Asam dan Basa dalam Kehidupan Sehari-hari

sifat asam dan basa
Photo by RitaE on Pixabay

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menemukan berbagai contoh larutan asam dan basa. Berikut beberapa contoh yang sering kita jumpai.

Larutan Asam

Air jeruk lemon atau air jeruk nipis

Manakah yang termasuk asam dan basa, air jeruk lemon atau air jeruk nipis? Iya, keduanya termasuk larutan asam, Sobat. Air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis mengandung asam sitrat yang memberikan rasa asam pada larutan.

Soft drink atau minuman bersoda

Kalau kamu ingin mengetahui perbedaan asam dan basa minuman tertentu, coba bandingkan dengan soft drink, Sobat. Minuman bersoda, yang mungkin salah satunya adalah minuman favoritmu, mengandung asam fosfatik atau asam karbonat yang memberikan rasa asam pada larutan.

Larutan asam lambung

Ternyata ada sebagian sifat asam dan basa dalam sistem pencernaan kita, Sobat. Asam lambung di dalam sistem pencernaan kita membantu proses pencernaan makanan.

Saus tomat

Pernah menggunakan saus tomat, Sobat? Apakah menurutmu saus tomat memiliki sifat-sifat asam atau basa? Nah, saus tomat itu mengandung asam asetat yang memberikan rasa asam pada larutan.

Asam batu atau asam sulfat

Pernah mendengar tentang asam batu, Sobat? Asam batu atau asam sulfat, lantaran sifat-sifat asam yang dimilikinya, biasanya digunakan dalam industri untuk keperluan kimia, seperti dalam produksi pupuk dan baterai.

Larutan Basa

Larutan Natrium Hidroksida (NaOH)

Natrium Hidroksida (NaOH) ditemukan dalam produk pembersih seperti pemutih dan pembuka saluran pembuangan. Larutan ini adalah contoh larutan basa yang cukup sering kita jumpai sehari-hari.

Pasta gigi

Menurutmu, pasta gigi yang kamu gunakan setiap hari itu memiliki ciri-ciri larutan asam atau basa, Sobat? Pasta gigi mengandung senyawa basa seperti natrium bikarbonat yang membantu membersihkan gigi.

Larutan sabun

Pernah menggunakan sabun cair kan, Sobat? Udah tau belum, kalau sabun cair itu contoh larutan basa yang kita pakai sehari-hari? Sabun cair mengandung basa seperti kalium hidroksida atau natrium hidroksida yang membantu membersihkan dan menghilangkan minyak atau lemak dari permukaan kulit kita.

Cairan pembersih oven

Berikutnya, contoh larutan basa yang juga sebenarnya menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari adalah cairan pembersih oven. Di dalam cairan pembersih oven terdapat basa kuat seperti hidroksida atau karbonat yang membantu menghilangkan residu yang sulit dihapus.

Larutan amonia

Balik lagi nih, amonia asam atau basa? Telah disebutkan sebelumnya, amonia termasuk basa lemah. Amonia digunakan dalam produk pembersih dan pemutih untuk membersihkan permukaan yang bernoda.

Larutan baking soda

Sudah pernah menggunakan baking soda (natrium bikarbonat), Sobat? Larutan baking soda adalah contoh larutan basa yang dapat dengan mudah ditemukan di dapur. Baking soda digunakan untuk memasak dan sebagai bahan pengembang dalam pembuatan kue.

Larutan asam dan basa di atas adalah contoh-contoh yang umum ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Ingat, Sobat Pintar, konsentrasi dan kekuatan larutan dapat bervariasi tergantung pada penggunaan dan tujuan spesifiknya.

 

 

 

Penulis: Muhammad Fahmi Ridlo

Penyunting: Deni Purbowati

10
90

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog