APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Lengkap, Seluruh Jurusan di UIN Jakarta – Mana yang Favorit dan Sepi Peminat?

Pilihan program studi di UIN Syarif Hidayatullah tersedia untuk jurusan keagamaan maupun nonkeagamaan.

Photo by Muhammad Renaldi on Pexels

Program studi di UIN Syarif Hidayatullah itu enggak cuma di bidang keagamaan saja loh, Sobat Pintar. Jangan dikira lantaran UIN Syarif Hidayatullah itu perguruan tinggi negeri keagamaan, terus kamu enggak bisa kuliah di bidang-bidang ilmu nonkeagamaan.

Terus kamu udah tau belum, jurusan apa saja yang ada di UIN Jakarta? Awas, jangan sampai salah menduga jurusan impianmu enggak ada di Universitas Islam Negeri Jakarta atau, malah sebaliknya, kepedean mengira jurusan impianmu ada di sini. Bisa berabe ga tuh, kalau sampai kejadian!

Kalau begitu wajib banget tau apa saja jurusan yang ada di UIN Jakarta, dong! Ini dia, daftar jurusan di UIN Jakarta dan akreditasinya berdasarkan fakultasnya masing-masing.

jurusan yang ada di uin jakarta
Photo by Sophkins on Pixabay

Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)

Fakultas di UIN Jakarta ada 12, dan FITK merupakan salah satu yang tertua. Berdiri dengan tiga jurusan saja pada awalnya, sekarang FITK UIN Syarif Hidayatullah sudah menaungi 18 program studi, dengan 12 diantaranya merupakan Program Sarjana.

Prodi UIN Jakarta

Akreditasi

Pendidikan Agama Islam

A

Pendidikan Bahasa Arab

A

Pendidikan Bahasa Inggris

A

Pendidikan Matematika

B

Pendidikan Biologi

Baik Sekali

Pendidikan Fisika

B

Pendidikan Kimia

B

Manajemen Pendidikan

A

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

A

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

B

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

A

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Baik Sekali

Dari 12 program studi di FITK Universitas Islam Negeri Jakarta di atas, ada dua prodi atau jurusan yang terbilang sepi peminat. Kedua jurusan UIN Syarif Hidayatullah tersebut adalah Pendidikan Matematika dan Pendidikan Kimia.

jurusan di uin jakarta dan akreditasinya
Photo by DGlodowska on Pixabay

Adab dan Humaniora (FAH)

Fakultas ini menaungi lima program studi di UIN Syarif Hidayatullah pada Program Sarjana. Berikut kelima jurusan UIN Jakarta di FAH.

Prodi UIN Jakarta

Akreditasi

Bahasa dan Sastra Arab

A

Sastra Inggris

B

Sejarah dan Kebudayaan Islam

A

Tarjamah (Bahasa Arab)

A

Ilmu Perpustakaan

A

Kamu bisa menebak prodi atau jurusan sepi peminat di UIN Jakarta, Sobat? FAH punya satu nih, yaitu Ilmu Perpustakaan.

jurusan favorit di uin jakarta
Photo by Piotr Arnoldes on Pexels

Ushuluddin

Di Fakultas Ushuluddin, mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah belajar tentang ilmu-ilmu pokok dalam agama Islam. Fakultas ini menaungi lima jurusan UIN Syarif Hidayatullah pada Program Sarjana.

Prodi UIN Jakarta

Akreditasi

Studi Agama Agama

A

Ilmu Al-Quran dan Tafsir

A

Ilmu Hadis

Baik

Aqidah dan Filsafat Islam

A

Ilmu Tasawuf

B

jurusan sepi peminat di uin jakarta
Photo by Jez Timms on Unsplash

Syariah dan Hukum (FSH)

Berbarengan dengan berubahnya IAIN menjadi UIN Syarif Hidayatullah, Fakultas Syariah membuka program studi nonkeagamaan. Sekarang FSH menaungi delapan jurusan di UIN Jakarta, dengan enam diantaranya merupakan Program Sarjana.

Prodi UIN Jakarta

Akreditasi

Perbandingan Mazhab

A

Hukum Keluarga Islam (Akhwal Syakhsiyyah)

A

Hukum Tata Negara (Siyasah)

A

Hukum Pidana Islam (Jinayah)

A

Hukum Ekonomi Syariah (Muamalat)

A

Ilmu Hukum

B

Meskipun menjadi bagian dari sebuah perguruan tinggi negeri keagamaan, menarik bahwa Ilmu Hukum di FSH merupakan salah satu jurusan favorit di UIN Jakarta. Apakah ini adalah jurusan impianmu, Sobat?

jurusan apa saja yang ada di uin jakarta
Photo by Sincerely Media on Unsplash

Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK)

FDIK juga merupakan salah satu fakultas di Universitas Islam Negeri Jakarta yang menaungi Program Sarjana dan Magister. Khusus buat kalian lulusan SMA/sederajat, apa saja jurusan yang ada di UIN Jakarta? Berikut list-nya, Sobat.

Prodi UIN Jakarta

Akreditasi

Komunikasi dan Penyiaran Islam

A

Bimbingan Penyuluhan Islam

A

Manajemen Dakwah

A

Pengembangan Masyarakat Islam

A

Kesejahteraan Sosial

A

Jurnalistik

Baik

program studi di uin syarif hidayatullah
Photo by Ylanite Koppens on Pexels

Dirasat Islamiyah (FDI)

Fakultas ini dahulunya merupakan Program Khusus Al-Azhar. Ada dua program studi Dirasat Islamiyah di FSDI UIN Syarif Hidayatullah, masing-masing pada Program Sarjana dan Magister. Program S1 Dirasat Islamiyah sendiri saat ini terakreditasi A.

Fakultas di UIN Jakarta ada
Photo by Debby Hudson on Unsplash

Psikologi

Fakultas Psikologi berdiri bersamaan dengan berubahnya IAIN menjadi UIN Syarif Hidayatullah. Sama halnya, fakultas ini juga menaungi Program Sarjana dan Magister Psikologi. Untuk Program S1 Psikologi Universitas Islam Negeri Jakarta, status akreditasinya saat ini adalah A. Program S1 Psikologi juga menjadi salah satu jurusan favorit di UIN Jakarta loh, Sobat!

biaya pendaftaran UIN Jakarta
Photo by Aliis Sinisalu on Unsplash

Ekonomi dan Bisnis (FEB)

FEB menaungi Program Sarjana, Magister, dan Doktor di UIN Syarif Hidayatullah. Seluruhnya ada delapan prodi UIN Jakarta, dengan lima program studi merupakan Program S1.

Prodi UIN Jakarta

Akreditasi

Manajemen

A

Akuntansi

A

Ekonomi Pembangunan

A

Perbankan Syariah

A

Ekonomi Syariah

B

Kamu udah nebak ga sih, kalau FEB punya jurusan favorit di UIN Jakarta? Iya, Manajemen adalah jurusan impian banyak calon mahasiswa Universitas Islam Negeri Jakarta, Sobat!

universitas islam negeri jakarta
Photo by Alisa Anton on Unsplash

Sains dan Teknologi (FST)

Anak IPA merapat sini! Di fakultas inilah jurusan-jurusan impianmu berada. FST UIN Syarif Hidayatullah menaungi sembilan program studi, dengan delapan diantaranya merupakan Program Sarjana. Kedelapan program studi di UIN Syarif Hidayatullah tersebut adalah sebagai berikut.

Prodi UIN Jakarta

Akreditasi

Teknik Informatika

Unggul

Agribisnis

Baik Sekali

Sistem Informasi

Unggul

Matematika

Baik Sekali

Biologi

A

Kimia

B

Fisika

B

Teknik Pertambangan

Baik

FST itu terbilang unik, Sobat. Tau ga, kenapa? Fakultas ini punya program studi yang difavoritkan calon mahasiswa, sekaligus punya program studi yang sepi peminat. Mungkin kamu bisa menebak, Teknik Informatika adalah jurusan favorit di UIN Jakarta. Sementara jurusan sepi peminat di UIN Jakarta antara lain Agribisnis, Matematika, Biologi, Kiimia, Fisika, dan Teknik Pertambangan.

jurusan uin syarif hidayatullah
Photo by Savannah Wakefield on Unsplash

Ilmu Kesehatan (FIKES)

FIKES Universitas Islam Negeri Jakarta merupakan salah satu hasil pemekaran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Sebagai fakultas yang berdiri sendiri, FIKES sekarang menaungi dua Program Profesi dan tiga Program S1. Ketiga jurusan yang ada di UIN Jakarta tersebut adalah sebagai berikut.

Prodi UIN Jakarta

Akreditasi

Kesehatan Masyarakat

B

Farmasi

Baik Sekali

Ilmu Keperawatan

A

Boleh dikata FIKES adalah fakultas favorit. Gimana enggak, Sobat, ketiga program studi yang ada di FIKES seluruhnya adalah jurusan favorit di UIN Jakarta! Siap-siap bersaing ketat nih, kalau kamu pengin jadi mahasiswa FIKES UIN Syarif Hidayatullah.


Photo by Joanna Kosinska on Unsplash

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

Kenalin, Sobat, ini dia fakultas termuda di Universitas Islam Negeri Jakarta! FISIP saat ini menaungi tiga jurusan di UIN Jakarta.

Prodi UIN Jakarta

Akreditasi

Sosiologi

A

Ilmu Politik

A

Ilmu Hubungan Internasional

A

Meskipun berstatus sebagai fakultas termuda, ada berbagai hal menarik di FISIP UIN Syarif Hidayatullah. Misalnya, seluruh program studi di fakultas ini sudah terakreditasi A. Kemudian, Ilmu Hubungan Internasinal menjadi salah satu jurusan favorit di UIN Jakarta. Sementara itu, Ilmu Politik merupakan salah satu jurusan sepi peminat di UIN Jakarta.


Photo by Milk-Tea on Unsplash

Kedokteran (FK)

Di atas telah disebutkan tentang Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Nah, Fakultas Kedokteran merupakan salah satu hasil pemekaran FKIK itu, Sobat. Selain Pendidikan Profesi Dokter, FK Universitas Islam Negeri Jakarta menaungi Program S1 Kedokteran yang saat ini terakreditasi A oleh BAN PT. Kedokteran juga merupakan salah satu jurusan favorit di UIN Jakarta.

Nah, ada ga jurusan impianmu di Universitas Islam Negeri Jakarta, Sobat Pintar? Bila ada, bakal lanjut mendaftar ga nih, ke UIN Syarif Hidayatullah? Asal kamu tau, biaya pendaftaran UIN Jakarta 2023 di Jalur Mandiri adalah sebesar Rp300.000,00 untuk setiap peserta.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog