APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Meringkas Teks dengan Cepat dan Mudah? Begini Caranya

Meringkas teks eksplanasi sampai jurnal sekalipun sekarang dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Photo by Patrick Tomasso on Unsplash

Meringkas teks umumnya diperlukan untuk tujuan efisiensi waktu. Ketika harus membaca tentang penyebab gempa bumi atau perkembangan budaya Bali, misalnya, kita perlu meluangkan waktu yang tak sedikit agar dapat memahami seluruh penjelasan yang disampaikan. Kalau sekadar membaca untuk mengisi waktu sih, ga apa-apa, Sobat Pintar.

Beda cerita kalau kamu kuliah dan harus membaca sekian jurnal tentang, misalnya, mekanisme perlindungan diri pada tumbuhan, hubungan antara arus laut dengan perubahan iklim global, dampak penggunaan media sosial pada perilaku remaja, dan lain-lain. Bisa ditebak, penjelasan materi seperti contoh-contoh tersebut akan diuraikan dengan panjang lebar.

Mungkin kamu masih skeptis, emang penting banget ya, meringkas teks? Well, andaikan kamu punya waktu yang unlimited untuk membaca penjelasan yang sangat panjang tentang materi yang menarik sekalipun, meringkas teks itu terkadang masih diperlukan loh, Sobat. Yuk, kita kupas tuntas kenapa dan bagaimana kita meringkas teks!

 

Fungsi Meringkas Teks

cara meringkas teks
Photo by Rey Seven on Unsplash

Kamu pernah membaca teks eksplanasi, Sobat Pintar? Teks eksplanasi cenderung disusun dalam struktur yang mirip dengan jurnal yang membahas materi-materi di atas. Teks eksplanasi memang tidak selalu panjang, tetapi ada kalanya kita memerlukan ringkasannya agar cepat memahami poin-poin yang disampaikan.

Ada lebih banyak manfaat yang diperoleh dengan meringkas teks selain mendapatkan poin-poin penting. Ini dia beberapa manfaat meringkas teks.

1. Mempercepat Pemahaman

Materi bacaan yang ringkas lebih mudah dipahami. Ringkasan akan sangat membantu saat kita harus mengidentifikasi poin-poin utama dari teks yang panjang. Dengan adanya ringkasan teks, kita dapat memahami inti informasi lebih cepat tanpa harus membaca keseluruhan teks.

2. Meningkatkan Retensi Informasi

Fungsi meringkas teks berikutnya adalah meningkatkan retensi informasi. Saat meringkas, kita perlu memahami dan mengolah informasi yang disajikan. Proses ini membantu meningkatkan daya ingat dan pemahaman kita untuk jangka panjang.

3. Efisiensi Waktu

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, meringkas teks dilakukan untuk tujuan efisiensi waktu. Teks yang ringkas memudahkan kita untuk mengakses informasi penting dalam waktu yang lebih singkat. Berguna banget nih, Sobat, saat waktu kita terbatas disebabkan oleh berbagai macam kesibukan.

4. Mempermudah Peninjauan dan Revisi

Ringkasan berguna saat kita perlu meninjau kembali materi sebelum ujian atau presentasi. Ringkasan teks dapat memberikan gambaran singkat yang lengkap tentang materi ujian atau presentasi.

5. Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Sintesis

Saat meringkas teks, kita harus menganalisis informasi, membedakan antara informasi penting dan kurang penting, serta mensintesis informasi secara efektif. Proses ini dapat meningkatkan kemampuan kita untuk menganalisis bermacam hal.

6. Pengorganisasian Informasi

Ringkasan teks mengorganisasi informasi dalam format yang lebih terstruktur dan mudah diikuti. Pengorganisasian informasi seperti ini sangat bermanfaat saat kita harus membuat catatan materi pelajaran.

7. Mengurangi Beban Kognitif

Karena materi ringkasan bersifat padat dan singkat, jumlah informasi yang harus kita proses pun lebih sedikit. Artinya, ringkasan dapat mengurangi beban kognitif kita, sehingga proses belajar atau bekerja menjadi lebih efisien.

8. Memfasilitasi Komunikasi

Ringkasan dapat membuat informasi yang penting disampaikan secara ringkas dan jelas. Bila disajikan kepada orang lain, baik dalam bentuk laporan, presentasi, ataupun diskusi, materi dapat dipahami dengan lebih mudah.

9. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Di dunia kerja, ringkasan yang baik dapat membantu manajer dan pemimpin mengambil keputusan yang cepat. Ringkasan menyampaikan materi-materi penting berdasarkan informasi yang relevan.

10. Mendukung Penulisan Akademis dan Profesional

Di dunia akademis, kemampuan meringkas teks sangat diperlukan. Ringkasan materi yang tepat, seperti sumber informasi, dapat mendukung argumen dan memberikan latar belakang yang jelas dan ringkas.

 

Langkah-Langkah Meringkas Teks

meringkas teks eksplanasi
Photo by Min An on Pexels

Oke, kita sudah sama-sama memahami bahwa materi yang disusun dalam bentuk yang ringkas dapat meningkatkan efisiensi belajar maupun bekerja. Namun bagaimana sebenarnya cara meringkas teks itu? Nah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Sobat.

  1. Langkah pertama dalam meringkas teks adalah membaca teks tersebut secara menyeluruh. Dengan membaca seluruh teks, kita mendapatkan gambaran umum tentang isinya. Pahami topik utama dan tujuan penulis.
  2. Dengan menggunakan stabilo atau pensil, tandai informasi penting pada kalimat atau paragraf yang berisi ide utama, fakta penting, atau poin-poin kunci.
  3. Identifikasi struktur teks, mana bagian pengantar, isi utama, dan kesimpulan. Dengan mengenali strukturnya, kita dapat memahami alur logis dan urutan informasi dengan lebih mudah.
  4. Tulis kembali informasi penting yang telah ditandai dengan kata-kata kita sendiri. Jangan menyalin langsung dari teks asli ya, Sobat!
  5. Buatlah kalimat utama yang merangkum poin-poin penting dari setiap bagian teks. Fokus pada informasi yang benar-benar esensial.
  6. Gabungkan kalimat-kalimat utama tersebut menjadi satu paragraf ringkasan yang koheren. Pastikan aliran informasi tetap logis dan mudah dipahami.
  7. Hindari detail yang tidak relevan atau terlalu spesifik. Pastikan detail tersebut tidak diperlukan untuk memahami inti teks.
  8. Pastikan ringkasan mencerminkan ide utama dan informasi penting dari teks asli tanpa mengubah makna atau menambahkan interpretasi pribadi.
  9. Baca kembali ringkasan yang telah dibuat. Pastikan jelas dan ringkas. Perbaiki kalimat yang tidak jelas atau yang bisa disederhanakan lagi.
  10. Periksa keseluruhan ringkasan. Pastikan ringkasan tersebut telah memberikan gambaran yang lengkap tentang teks asli dalam bentuk yang lebih singkat dan mudah dipahami.

 

Daftar Tools Meringkas Teks

fungsi meringkas teks
Photo by StockSnap on Pixabay

Sekali lagi, tujuan meringkas teks adalah demi efisiensi waktu. Maka dari itu, kita ga pengin menghabiskan lebih banyak waktu dalam kegiatan meringkas teks kan, Sobat? Nah, sekarang sudah ada beragam tools di bawah ini yang dapat membantumu meringkas teks.

Asterbot

Asterbot adalah asisten virtual pendidikan pertama di Indonesia yang dikembangkan oleh Aku Pintar. Kamu kurang memahami materi pelajaran tertentu? Coba deh, diskusikan materi tersebut dengan Asterbot sebelum membuat ringkasannya.

Tau ga, apa yang bikin "teman" serba bisa ini seru? AI Chatbot ini bisa menjadi teman ngobrol saat kamu sedang galau gegara doi, overthinking dengan bakat minatmu sendiri, bahkan merencanakan kuliah dan karier. Selayaknya ngobrol dengan bestie, kamu bisa ngobrol dengan Asterbot sepuasnya secara cuma-cuma!

ChatGPT

ChatGPT adalah model bahasa berbasis AI yang dirancang untuk memahami bahasa yang kita gunakan, menghasilkan teks, menjawab pertanyaan, memberikan informasi, dan lain sebagainya. Tool ini menerima input materi berupa teks, memprosesnya, dan kemudian menghasilkan teks yang relevan.

Bisakah kamu menggunakan ChatGPT untuk meringkas atau merangkum online? Bisa banget dong, Sobat!

Resoomer.com

Resoomer.com memang dirancang untuk membantu kita meringkas teks panjang secara cepat dan efektif. Tool ini menjadi favoritnya pelajar, peneliti, jurnalis, dan siapa pun yang membutuhkan ringkasan artikel, esai, laporan, atau dokumen lainnya dengan cepat.

Cara kerja peringkas teks ini justru lebih sederhana ketimbang ChatGPT. Tanpa perlu instruksi, copy+paste saja teks yang ingin kamu ringkas. Resoomer.com akan menghasilkan ringkasan dalam hitungan detik.

Paraphraser.io

Paraphraser.io adalah tool yang dirancang untuk memparafrasa teks. Memparafrasa berarti menulis ulang teks dengan cara yang berbeda, tetapi tetap mempertahankan makna aslinya. Tool ini berguna banget untuk menghindari plagiarisme atau sekadar menyampaikan informasi dengan cara yang berbeda.

Di samping mudah digunakan, Paraphraser.io menawarkan bebera mode parafrasa. Kamu bisa memilih mode standar, fluency, kreatif, dan pengubahan kosa kata. Dengan variasi tawaran mode tersebut, kamu bisa meringkas teks dengan lebih baik, Sobat!

Summarizer.org

Summarizer.org juga dirancang untuk meringkas teks panjang menjadi versi yang lebih pendek dan mudah dipahami. Cara kerjanya cukup otomatis, yakni dengan mengidentifikasi poin-poin utama dalam teks panjang dan menghasilkan ringkasan yang singkat dan padat.

Dibandingkan yang lain, tool ini terbilang istimewa karena kamu dapat menentukan panjang pendeknya ringkasan teks. Summarizer.org bisa menyesuaikan seberapa detail materi ringkasan yang kamu inginkan.

Editpad.org

Editpad.org menawarkan berbagai fitur terkait penulisan dan pengeditan teks. Tool ini dirancang untuk membantu kita memparafrase, memeriksa kesalahan tata bahasa dan gaya penulisan, bahkan memeriksa plagiarisme. Bisa buat meringkas teks, ga sih?

Bisa dong, Sobat! Editpad.org dapat meringkas teks dengan mengekstrak poin-poin utama dari dokumen yang panjang.

Sekarang kamu menjadi lebih pede kalau ketemu materi pelajaran berlembar-lembar kan, Sobat Pintar? Untuk meringkas teks eksplanasi yang panjang, misalnya, kamu dapat menggunakan salah satu tools peringkas teks online di atas. Coba saja sejak sekarang agar nanti kamu sudah terbiasa saat harus meringkas jurnal atau materi kuliah yang banyaknya bikin kliyengan.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog