CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Momen Inersia dan Soal Pembahasan

Mempelajari tentang pengertian momen inersia, momen inersia bola pejal, rumus momen inersia, tabel momen inersia, satuan momen inersia, contoh soal dan pembahasan

Picture by Elizabeth Villalta on Unsplash

Hai Sobat, pernahkah kalian naik permainan swing ride? Kira-kira bagaimana bisa kita bisa berputar dengan seimbang? Atau kalian pernah bermain gasing? Kenapa juga gasing bisa berputar dengan poros yang sangat kecil?. Yuk, kita simak pembahasannya!

Pengertian Momen Inersia

Momen Inersia merupakan kecenderungan benda untuk mempertahankan keadaan gerak rotasinya. Semakin jauh posisi massa benda ke pusat rotasinya semakin besar momen inersia benda tersebut.

Momen Inersia Benda Titik (Partikel)

Momen inersia yang dilambangkan dengan I dari sebuah partikel yang memiliki massa m terhadap poros dengan jarak sejauh r dari massa, diartikan sebagai hasil kali massa suatu partikel terhadap kuadrat jarak dari titik poros. Secara matematika, rumus umum momen inersia pada partikel dapat dituliskan sebagai berikut:


Saat partikel berjumlah banyak dengan massa (m1, m2, m3, ...) dan jarak (r1, r2, r3, ...) yang berbeda-beda terhadap poros, maka momen inersianya adalah jumlah total dari momen inersia masing-masing partikel.


Momen inersia untuk massa yang memiliki sebaran partikel yang kontinu (benda).


Keterangan:

I= momen Inersia (kg.m2)

r= jarak (m)

Aplikasi Belajar dan Bahas Soal Fisika
 

Momen Inersia Benda Tegar

Berikut ini adalah beberapa rumus momen inersia pada benda tegar dengan berbagai bentuk yang biasa ditemui:



Supaya lebih paham mengenai materi momen inersia, Perhatikan contoh soal berikut ini:

1. Tiga bola identik terpasang pada tali ringan kemudian terhubung pada batang yang sama dan berputar, seperti tampak pada gambar. Urutan inersia bola dari yang terbesar ke terkecil adalah ....

Pembahasan:

Dari ketiga bola terlihat bahwa memiliki massa yang sama tetapi jarak yang berbeda, dari rumus momen inersia diketahui bahwa:


Momen inersia berbanding lurus terhadap jarak dan massa sehingga semakin besar jarak semakin besar momen inersia. Urutan inersia bola dari yang terbesar ke terkecil adalah bola 3, 2, 1.

2. Sebuah batang besi homogen bermassa 4 kg dan panjangnya 0,25 m. Jika sumbu pusatnya terletak pada titik tengah dan tegak lurus batang, momen inersia besi adalah ....

Pembahasan:

Diketahui:

m= 4 kg

l= 0,25 m

ditanya:

I....?

Jawab:

Batang dengan poros di tengah:


sehingga nilai momen inersianya adalah 1/48 kg.m2

Aplikasi Belajar dan Bahas Soal Fisika
 

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog