redesain-navbar Portlet

null

Blog

Mudah: 4 Tips Tetap Belajar dari Rumah

Dengan atau tanpa jadwal sekolah, belajar dapat tetap dikerjakan secara mandiri.

Tips Tetap Belajar dari Rumah, image credit bruce mars

Ketika jadwal sekolah diliburkan disebabkan oleh keadaan yang luar biasa, mau tak mau kita harus belajar sendiri di rumah. Apalagi, jadwal ujian belum pasti akan diundur sampai kapan. Bagaimana kalau hari pertama masuk sekolah, kita bertemu ujian? Are you ready, Sobat? Agar tetap bisa belajar di rumah, kita bisa melakukan beberapa cara ini.

 

1. Temukan Spot Terbaik Khusus untuk Belajar

Apa yang Sobat rasakan saat kepala menyentuh bantal? Mengantuk, bukan? Begitu juga dengan belajar. Bila ada satu tempat khusus yang dapat digunakan untuk belajar, badan dan psikis kita juga akan siap untuk belajar. Tak harus meja belajar, bila tak ada. Just find your own spot, where you can be there studying without distractions.

Distraksi bisa bermacam-macam. Kalau di rumah, televisi dan suaranya, adik-adik yang bermain, bahkan bau dan suara dari dapur juga bisa mengganggu. Masing-masing kita punya kecenderungan untuk teralih fokus oleh distraksi yang berbeda. Kalau Sobat, apa distraksi yang paling mengganggumu? Temukan, dan belajarlah di tempat yang jauh dari distraksi itu.

 

2. Gunakan Fasilitas Online dengan Bijak

It depends on your school. Ada sekolah yang sudah mampu menyelenggarakan kelas maya, sedangkan sekolah-sekolah lain mengakomodasi belajar di rumah dengan cara yang berbeda. Tak ada yang salah dengan cara apapun yang dipilih. Tinggal diri kita sendiri yang menentukan seberapa efektif cara belajar tersebut.

Misalnya, Sobat mengikuti kelas maya dengan guru dan teman-teman sekelas. Tapi pada saat yang sama, masih sempat menjelajah media sosial. Tentunya, dalam keadaan seperti ini, belajar tanpa jaringan internet dan distraksi media sosial akan lebih efektif.

Namun mungkinkah kita belajar di rumah, secara daring atau online, dan tetap efektif? Tentu saja bisa! Bukankah ada AP Live yang senantiasa siap menemanimu belajar, Sobat?

 

3. Buat Rutinitas Belajar yang Teratur

Tak semua wilayah di Indonesia saat ini sudah meliburkan jadwal sekolah. Tapi apapun ketetapan sekolahmu, belajar di rumah harus jalan terus, Sobat. Bagaimana menjaga rutinitas belajar di rumah? Dan kenapa kita harus melakukannya?

Triknya adalah dengan membuat jadwal belajar. Tak harus berjam-jam kok, Sobat. Coba gunakan teknik pomodoro, dan tentukan jam berapa Sobat akan melakukannya. Ulangi saja keesokan harinya sampai menjadi rutinitas. Bila terbiasa mengerjakannya pada saat yang sama, kita tak membuang banyak waktu untuk membangun mood belajar.

 

4. Menjaga Kebersihan Peralatan dan Area Belajar

Demi menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain, kita harus ingat untuk rutin membersihkan peralatan belajar seperti ponsel, keyboard, mouse, alat tulis, dan lain-lain. Gunakan spray alkohol minimal 60%, hand sanitizer, atau tissu basah beralkohol untuk membantu membersihkan area belajarmu.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Untuk saat ini, sebaiknya kita cermat dulu dengan barang-barang yang biasa kita pegang: jangan meminjam dan meminjamkan. Again, it's for the sake of everyone's health.

 

Apapun keadaannya, jangan sampai hilang semangat belajar di rumah ya, Sobat. Belajar secara mandiri di rumah bukan tak mungkin dilakukan. Ini buktinya. Jadi, kalau memang jadwal belajar di sekolah harus diganti dengan belajar dari rumah, mari kita ikuti saja.

200

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp