CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Pengaruh dan Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Pengaruh dan Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Photo By Macrovector On Freepik

Letak geografis adalah keberadaan atau posisi suatu wilayah dilihat dari kenyataannya di permukaan bumi. Letak geografis dapat digunakan untuk mengenali keberadaan suatu negara mulai dari keberadaannya dalam satuan wilayah yang luas seperti benua hingga dalam satuan wilayah terkecil. Jadi, lokasi suatu tempat dapat diketahui dari keberadaan tempat di sekitarnya. Indonesia sebagai negara kepulauan dengan 17.500 lebih pulau dapat dengan mudah dikenali melalui letak geografisnya. Indonesia diapit dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta dua samudera yaitu Samudera Hindia di sebelah barat dan selatan serta Samudera Pasifik di sebelah timur.
Posisi silang atau cross position antar benua ini tentu memberi banyak pengaruh bagi Indonesia. Apa saja ya pengaruhnya? Simak penjelasan berikut yuk Sobat Pintar!
Pengaruh Letak Geografis Indonesia
Letak geografis ini memberi keragaman budaya baik dalam bidang seni, bahasa, peradaban hingga agama. Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki banyak mitra dagang terutama dengan negara di sekitarnya. Pengaruh lainnya dari letak geografis Indonesia yaitu sebagai berikut:
1. Indonesia kaya akan budaya
Berada diantara dua benua menjadikan pertukaran budaya begitu cepat terjadi, terlebih di zaman modern dengan pertukaran informasi yang sangat mudah. Salah satu negara yang budayanya gencar masuk ke Indonesia adalah Korea Selatan. Siapa yang tidak tahu K-Pop, K-Drama atau bahkan makanan Korea? Masuknya budaya Korea Selatan ke Indonesia menyebabkan terjadinya asimilasi dan akulturasi budaya, sehingga budaya Indonesia makin beragam. Di sisi lain, hal ini menjadi tugas baru bagi bangsa Indonesia untuk bisa terus melestarikan budaya ditengah gempuran budaya asing yang masuk, agar budaya lokal tetap lestari keberadaannya.
2. Memiliki dua musim
Diapit dua benua dan dua samudera serta berada tepat dibawah garis khatulistiwa sangat mempengaruhi dinamika cuaca di Indonesia, diantaranya pergerakan Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur.

Angin Muson Barat yang bergerak melewati Samudera Hindia membawa banyak uap air, kemudian membentuk awan jenuh yang jatuh di Indonesia sebelum akhirnya angin tersebut sampai di Benua Australia. Peristiwa ini menyebabkan musim hujan di beberapa wilayah Indonesia. Sementara itu, pergerakan Angin Muson Timur dari Australia cenderung kering sebab angin yang dibawa telah melewati gurun di sebelah utara Australia.

Pergerakan angin ini membentuk pola musim hujan setiap bulan Oktober hingga Maret dan musim kemarau setiap April hingga September. Akan tetapi pergantian musim dewasa ini sering tidak menentu sebab adanya pengaruh perubahan iklim global.

3. Berada di antara jalur perdagangan
Berada diantara jalur persimpangan lalu lintas perdagangan internasional mendatangkan banyak keuntungan bagi Indonesia baik darat maupun laut. Selain itu, Indonesia juga menjadi titik persilangan kegiatan perekonomian dunia, terutama perdagangan antara negara industri dan negara berkembang. Indonesia menjadi titik persilangan jalur perdagangan antara Jepang, Korea, RRC dengan negara-negara di Afrika, Australia dan Eropa.
4. Kaya akan sumberdaya laut
Dua samudera yang mengapit Indonesia yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik menjadikan perairan Indonesia cenderung hangat. Hal ini karena pergerakan Arus Lintas Indonesia (Arlindo) yang disebabkan perbedaan gradien tekanan air laut dari Samudera Pasifik ke Samudera Hindia.
Perairan hangat adalah habitat yang cocok untuk beragam ikan berkembang biak dan memperoleh makanan. Sehingga banyak ikan yang bermigrasi menuju perairan Indonesia.
5. Kaya akan sumberdaya
Indonesia dengan iklim tropis adalah lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan beragam tumbuhan dan tempat tinggal beragam hewan. Kekayaan sumberdaya ini merupakan suatu keuntungan yang berguna menunjang pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
6. Rawan bencana
Letak geografis Indonesia juga dipengaruhi secara geologis. Indonesia berada dalam Jalur Lingkar Api atau Pacific Ring of Fire (Cincin Api Pasifik). Jalur ini membentang dari Benua Amerika hingga Benua Asia melalui banyak negara dengan total luas mencapai 40.000 km. Dinamisnya aktivitas tektonik di jalur ini seringkali menyebabkan gempa mulai dari berskala kecil hingga berskala besar.

7. Memiliki 4 dari 10 checkpoint di dunia
Checkpoint adalah alur pelayaran utama internasional yang dilalui berbagai kapal niaga dan kapal lainnya. Terdapat empat checkpoint di Indonesia yaitu di Selat Malaka, Selat Sunda, Selat Lombok dan Selat Makassar. Titik strategis ini dilalui oleh hampir 40% kapal asing.

Keuntungan Letak Geografis
 

Photo By Pikisuperstar On Freepik

Nah Sobat, setelah mengetahui dampak letak geografis terhadap Indonesia setidaknya kita memiliki bayangan apa saja sih keuntungan dari letak geografis ini. Lebih jelasnya lagi yuk kita pelajari bersama! Keuntungan letak geografis ini diantaranya sebagai berikut:
1. Memudahkan proses impor dan ekspor
Sebagai pusat pelayaran dan jalur perdagangan internasional, banyak sekali keuntungan yang didapatkan Indonesia salah satunya kemudahan dalam proses impor dan ekspor.

2. Meningkatkan perekonomian masyarakat
Perlintasan kapal asing memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat sekitar pelabuhan, diantaranya para pekerja yang singga untuk memenuhi kebutuhan pelayaran atau penyediaan jasa tempat singgah.
3. Memajukan bidang sosial-budaya masyarakat
Persilangan budaya asing dan lokal memberi pengaruh positif terutama dalam pertukaran penguasaan teknologi. Akulturasi budaya meningkatkan pengetahuan, kehidupan sosial budaya masyarakat, gaya hidup hingga gaya komunikasi sehari-hari.
4. Sumber Daya alam melimpah
Iklim Indonesia termasuk ideal untuk pengembangan berbagai sektor pemenuhan kebutuhan hidup seperti pertanian, budidaya perikanan tawar, perkebunan, kelautan hingga mengembangkan sektor pariwisata.

5.    Kaya akan sumberdaya laut
Perairan yang hangat kaya dan kaya akan nutrient merupakan lingkungan ideal untuk ikan-ikan hidup di perairan Indonesia. Hal ini tentu menguntungkan para nelayan dalam memenuhi kebutuhan ikan di pasaran.

Keuntungan Letak Geografis bagi Kawasan Asia
 

Photo By Freepik On Freepik

Sobat, letak geografis Indonesia juga menguntungkan negara-negara tetangga loh! Terutama bagi negara-negara di kawasan Asia. Apa saja ya keuntungannya? Beikut beberapa keuntungan letak geografis Indonesia bagi negara di kawasan Asia:

- Kapal laut yang lintas transit tidak dikenai pajak sebagaimana perjanjian dalam UNCLOS.
Kapal asing yang melewati checkpoint memperoleh jaminan pelayanan dan pengamanan oleh Indonesia.
- Lokasi strategis Indonesia memudahkan perdagangan lintas benua baik dari Asia menuju Australia maupun sebaliknya.
- Lokasi strategis ini juga memudahkan pemasaran produk-produk lokal di Asia.
Merupakan negara dengan iklim investasi yang mudah dan berpeluang memberi banyak keuntungan.

Gimana Sobat? Sangat menguntungkan bukan letak geografis Indonesia ini. Di sisi lain, setiap keuntungan besar yang ditawarkan lingkungan alam selalu beriringan dengan potensi bahaya yang besar juga salah satunya bencana alam sehingga penting bagi kita untuk bisa mengimbanginya. Masih banyak loh keuntungan dari letak geografis ini, semangat mencari tahu lebih jauh ya!
Sobat Pintar jangan lupa download aplikasi Aku Pintar di Play Store atau App Store, ya! Ada fitur Belajar Pintar yang bakal nemenin Sobat belajar di rumah. Simak juga artikel-artikel lainnya, yaa.

 

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog