APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dan Pembahasannya

Memahami bahasan tentang perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.

Photo by Guillaume de Germain on Unsplash

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan terletak pada struktur dan fungsinya. Nah, kamu sudah belajar tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan atau belum, Sobat Pintar? Asal kamu tau, materi sel dan jaringan biasanya kita pelajari di kelas 11 MIPA.

Untuk memahami bahasan mengenai perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan, kita kenalan dahulu yuk, sama sesuatu yang disebut dengan sel.

Apa itu sel? Pengertian sel adalah unit dasar kehidupan yang membentuk semua organisme. Ada dua jenis sel yang ditemukan dalam organisme multiseluler, yaitu sel hewan dan sel tumbuhan. Meskipun memiliki banyak kesamaan, sekali lagi, sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan struktur dan fungsi yang penting.

Mau tau lebih banyak tentang perbedaan sel hewan dan tumbuhan? Mau tau juga apa saja bagian sel yang dimiliki oleh sel tumbuhan dan sel hewan? Yuk, kita lanjutkan bahasannya di bawah ini.

 

Tentang Sel Tumbuhan

perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan
Sumber: katalogue.id

Gambar di atas merupakan gambar sel tumbuhan. Sel tumbuhan adalah sel yang ditemukan dalam organisme tumbuhan. Sel tumbuhan biasanya tersusun dengan rapi, bentuknya lebih besar dan lebih kaku daripada sel hewan. Sel tumbuhan juga memiliki beberapa organel sel, seperti dinding sel, plastida, dan vakuola, yang tidak ditemukan pada sel hewan.

Dinding Sel

Pada gambar sel tumbuhan di atas, terdapat dinding sel. Dinding sel adalah struktur yang memberikan dukungan dan perlindungan pada sel tumbuhan. Dinding sel terbuat dari selulosa, suatu polisakarida yang memberikan kekuatan dan stabilitas pada dinding sel. Dinding sel memiliki pori-pori kecil, sehingga bahan kimia maupun air bisa lewat dan berinteraksi dengan sel.

Plastida

Plastida adalah organel sel khusus yang memiliki banyak fungsi, seperti fotosintesis, penyimpanan makanan, dan pigmen warna. Contoh plastida antara lain kloroplas dan kromoplas. Kloroplas merupakan tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan, sedangkan kromoplas adalah penghasil pigmen warna seperti karotenoid.

Vakuola

Vakuola adalah organel sel besar yang berisi air, garam, dan berbagai molekul organik. Vakuola berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara bagi molekul dan dapat memengaruhi tekanan osmotik dalam sel.

 

Tentang Sel Hewan

perbedaan sel hewan dan tumbuhan
Sumber: katalogue.id

Gambar di atas merupakan gambar sel hewan. Sel hewan adalah sel yang ditemukan dalam organisme hewan. Sel hewan biasanya lebih kecil daripada sel tumbuhan dan memiliki bentuk yang beragam. Sel hewan juga memiliki beberapa organel sel, seperti sentriol dan lisosom, yang tidak ditemukan pada sel tumbuhan.

Sentriol

Sentriol adalah organel sel kecil yang terlibat dalam pembelahan sel. Sentriol membantu memisahkan kromosom selama pembelahan sel. Sentriol juga berperan dalam penyusunan struktur mikrotubulus yang membentuk rangka sel.

Lisosom

Lisosom adalah organel sel yang mengandung enzim pencernaan. Lisosom berfungsi untuk menghancurkan bahan yang tidak diinginkan dalam sel, seperti protein rusak dan bakteri.

 

Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
Sumber: generasibiologi.com

Sel hewan dan sel tumbuhan memiliki beberapa perbedaan penting. Salah satu perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan yang terbesar adalah keberadaan dinding sel pada sel tumbuhan. Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan berikutnya adalah bahwa sel tumbuhan memiliki plastida dan vakuola, sementara sel hewan memiliki sentriol dan lisosom. Sel tumbuhan pun cenderung lebih besar dan lebih kaku daripada sel hewan. Berikut tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
Sumber: pikiran-rakyat.com

Nah, kita sudah belajar tentang perbedaan sel hewan dan tumbuhan. Gambar sel hewan dan tumbuhan serta bagian-bagian sel keduanya juga sudah diuraikan. Kita sudahi sampai sini dahulu dan sampai bertemu di pembahasan berikutnya, Sobat Pintar!

 

 

 

Penulis: Vania Nur Azizah

Penyunting: Deni Purbowati

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog