APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Perbedaan SNMPTN 2022 dan 2023

Persiapkan SNBP 2023 dengan baik.

SNMPTN 2023 punya nama baru nih, Sobat Pintar. SNMPTN 2023 disebut dengan SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Sama seperti SNMPTN, SNBP juga menyeleksi calon mahasiswa perguruan tinggi negeri berdasarkan prestasi, baik akademik maupun nonakademik. Terus, apa yang membedakan antara SNMPTN 2022 dan SNMPTN 2023?

 

1. Komponen Penilaian SNMPTN 2023


Photo by JOSHUA COLEMAN on Unsplash

Terdapat dua komponen penilaian SNBP atau SNMPTN 2023. Komponen pertama penilaian SNMPTN 2023 adalah rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran. Nilai rapor memiliki bobot penilaian paling sedikit 50% di SNBP atau SNMPTN 2023.

Perbedaan SNMPTN 2022 dan 2023 dalam hal ini adalah jumlah mata pelajarannya, Sobat. SNBP atau SNMPTN 2023 membutuhkan nilai seluruh mata pelajaran di rapormu, sedangkan SNMPTN 2022 memperhitungkan nilai mata pelajaran tertentu saja sesuai dengan penjurusan sekolahmu. Misalnya, untuk jurusan IPA, nilai rata-rata SNMPTN yang dibutuhkan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi saja.

Komponen kedua penilaian SNMPTN 2023 masih di nilai rapor. Akan tetapi, yang dibutuhkan di sini adalah nilai dari dua mata pelajaran. Dua mata pelajaran ini adalah jumlah paling banyak, dan mata pelajaran yang dimaksud adalah yang mendukung jurusan kuliah yang dituju. Dua mata pelajaran tersebut ditentukan oleh Mendikbud.

Selain nilai dua mata pelajaran pendukung, komponen kedua penilaian SNMPTN 2023 juga mencakup portofolio, dan/atau prestasi lainnya. Komponen kedua ini memiliki bobot penilaian paling banyak 50%.

Pihak kampus atau perguruan tinggi berhak menentukan komposisi persentase antara komponen pertama dan kedua di atas. Boleh jadi, misalnya, kampus tujuanmu nanti menetapkan peraturan SNMPTN dengan menaikkan bobot penilaian pada komponen pertama. Hal seperti ini mungkin saja terjadi asalkan persentase akhirnya masih tetap 100%.

 

2. Kampus Menentukan Peraturan SNMPTN

​​​​​​​
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Mekanisme penilaian yang telah disebutkan sebelumnya merupakan bagian dari perubahan ketentuan SNMPTN terbaru, Sobat Pintar. Pada SNMPTN 2022, LTMPT hanya menyebutkan bahwa sekolah dapat menambahkan kriteria lain, berupa prestasi akademik, dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama. Tidak disebutkan bagaimana pihak kampus menentukan penilaian dalam menyeleksi calon mahasiswa.

Tentu saja, setiap kampus atau perguruan tinggi dapat menerapkan bobot persentase yang berbeda pada SNBP atau SNMPTN 2023. Namun bagi kita para peserta SNBP, penilaian SNMPTN 2023 terbilang lebih gamblang dengan adanya ketentuan bobot komponen penilaian seperti yang telah diuraikan di atas.

Selain bobot persentase penilaian SNMPTN 2023, pihak kampus atau perguruan tinggi juga menentukan kebutuhan portofolio dan prestasi lain pada komponen penilaian kedua. Portofolio untuk SNBP atau SNMPTN 2023 dikhususkan pada jurusan-jurusan seni dan olahraga. Ketentuan ini kurang lebih sama seperti SNMPTN 2022, hanya saja hingga saat ini belum diketahui dengan pasti apa saja jurusan tersebut pada peraturan SNMPTN yang baru.

Ada lagi satu perbedaan SNMPTN 2022 dan SNMPTN 2023 dalam ini, Sobat Pintar. Untuk SNBP atau SNMPTN 2023, pihak kampus atau perguruan tinggi dapat menambahkan persyaratan selain dua komponen yang telah disebutkan di atas. Persyaratan dapat ditambahkan pada jurusan-jurusan tertentu yang membutuhkan keterampilan spesifik. Nah, jangan sampai terlewat memastikan apakah ada tambahan persyaratan ini pada jurusan pilihanmu bila nanti mengikuti SNBP atau SNMPTN 2023 ya, Sobat!

 

3. Penetapan dan Perubahan Ketentuan SNMPTN Terbaru



Photo by Andrew Neel on Unsplash

LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) berdiri pada 2019 dan mengelola seleksi masuk perguruan tinggi negeri sejak saat itu. Namun mulai 2023, Kemendikbud, melalui Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3), menjadi pihak pengelola Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang akan menentukan bagaimana sistem SNMPTN/SNBP dan SBMPTN/SNBT berjalan, terutama periode pelaksanaan dan pengumumannya.

Adapun pengumuman hasil seleksi, tak ada perbedaan SNMPTN 2022 dan SNMPTN 2023. Pengumuman SNBP atau SNMPTN 2023 akan tetap dilaksakanakan sebelum SBMPTN atau SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Aturan SBMPTN baru sendiri menyebutkan bahwa pelaksanaan tes adalah pada semester genap sebelum pengumuman kelulusan sekolah atau setelahnya.

Selain periode pengumuman, kuota penerimaan juga tak menjadi perbedaan SNMPTN 2022 dan 2023. Kuota SNBP atau SNMPTN 2023 masih sama seperti sebelumnya, yakni paling sedikit 20% dari total daya tampung jurusan. Nah, siap mengikuti seleksi jalur prestasi ini, Sobat Pintar?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog