CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Persiapan Kuliah sejak Kelas 11? Ikuti 4 Tips Ini

Persiapan masuk kuliah dapat dilakukan sejak sekarang.

persiapan kuliah untuk anak kelas 11, Photo by Benjamin Davies on Unsplash

Persiapan kuliah di kelas 11 itu kira-kira sperti apa, sih? Hal berbeda apa saja yang mesti kamu lakukan di semester depan, di kelas yang baru? Di kelas 11, apa saja yang harus dipersiapkan untuk masuk perguruan tinggi? Kalau kamu akan naik kelas, atau sedang duduk di kelas 11, kudu baca sampai selesai biar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Sobat Pintar.

 

1. Jangan Tunda Belajar untuk UTBK

hal yang perlu disiapkan siswa kelas 11 sebelum kuliah
Photo by sean Kong on Unsplash

Sebagai anak SMA/MA, sudah sewajarnya kalau kamu ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi setelah lulus sekolah nanti. (Siapa sih yang enggak mau?) Kalau kamu anak SMK? Boleh juga kok, kalau ingin lanjut kuliah. Yang manapun kamu, Sobat, pertanyaannya sama: jalur manakah yang akan kamu pilih untuk masuk kuliah? Pertanyaan ini cukup penting karena bisa menjadi awal mula planning masa depan setelah lulus SMA.

Kebanyakan kita ingin kuliah di kampus negeri melalui jalur SBMPTN. Bagaimanapun juga, sang juara kelas dengan nilai rapor brilian dapat dihitung dengan jari, kan? Jika mereka cukup beruntung lolos di SNMPTN, mayoritas kita harus berjuang di SBMPTN. Ini artinya persiapan siswa kelas 11 sebelum kuliah adalah belajar untuk UTBK.

Bukankah belajar untuk UTBK itu program persiapan kelas 12? Atau, apakah kelas 11 bisa ikut SBMPTN? Nah, mungkin kalian ada yang bertanya seperti ini.

Well, sebenarnya enggak juga, Sobat. Belajar untuk UTBK justru sebenarnya sudah bisa kamu lakukan sejak kelas 10. Misalnya, kamu bisa menyusun rangkuman materi pelajaran, membatasi waktu main, selektif dengan kegiatan ekskul, dan lain sebagainya, demi untuk menyiapkan diri menghadapi UTBK. Model belajar siswa kelas 11 seperti ini sudah bisa kamu terapkan sedari sekarang agar di kelas 12 nanti kamu tinggal mengulang ringkasan materi menjelang UTBK.

 

2. Punya Prioritas dan Bisa Mengatur Waktu

persiapan kuliah di kelas 11
Photo by Kevin Ku on Unsplash

Kenapa persiapan kuliah untuk anak kelas 11 yang disebutkan di atas terdengar menyebalkan? Saat teman-temanmu asyik nongkrong, kamu memilih pulang untuk belajar, misalnya.

Memang tak mudah, tetapi saat inilah kita belajar tentang prioritas, Sobat Pintar. Kita berlatih memilah mana yang lebih penting: nongkrong atau belajar untuk UTBK? Kemudian, kita juga belajar untuk bertindak sesuai dengan skala prioritas tersebut. Mungkin berat pada awalnya meninggalkan tongkrongan yang seru, tetapi kamu masih bisa sesekali join, kok. Kuncinya ada pada kedisiplinan dalam manajemen waktu. Misalnya, setelah materi untuk persiapan masuk kuliah kelar dipelajari sampai di bab sekian, kamu boleh santai sebentar dan hang out dengan bestie-mu.

 

3. Ketahui Minat Bakat Diri sendiri

model belajar siswa kelas 11
Photo by Laura Esposito on Unsplash

Merancang masa depan untuk kuliah tak berhenti sampai di persiapan UTBK, Sobat. Kamu juga harus tahu akan ke mana nanti setelah UTBK. Maksudnya, kamu mau kuliah di jurusan apa? Bahkan bila perlu, pikirkan juga kamu ingin menjalani profesi apa dan bekerja di mana setelah lulus kuliah nanti.

Ini berarti hal yang perlu disiapkan siswa kelas 11 sebelum kuliah adalah mengenal diri sendiri, mengetahui bakat dan minatmu sendiri. Coba renungkan lagi, kegiatan apa yang kamu enjoy mengerjakannya sejak dulu? Mata pelajaran apa yang kamu suka dan paling kamu kepoin? Ngobrol sama Mamah, menurut beliau kamu jagonya ngapain?

Jika pertanyaan-pertanyaan ini masih terlalu rumit untuk dijawab, kamu bisa menggunakan aplikasi Aku Pintar. Melalui fitur Minat Pintar, kamu bisa mengikuti serangkaian tes seru yang dapat membantumu mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Tes minat dan bakat di aplikasi Aku Pintar memandumu mengenali kelebihan dan kemampuan terbaikmu, bahkan memberimu rekomendasi jurusan kuliah yang sesuai agar kelak kamu dapat menjalani profesi yang sesuai pula.

 

4. Rancang dan Bikin Alternatifmu Sendiri

apa saja yang harus dipersiapkan untuk masuk perguruan tinggi
Photo by Amadeo Valar on Unsplash

Last but not least, hal yang perlu disiapkan siswa kelas 11 sebelum kuliah adalah merencanakan apa saja yang akan kamu lakukan setelah kelas 12 nanti. Oke, kita sudah sepakat kalau kamu akan mengikuti UTBK-SBMPTN. Sebagian dari kita juga mengikuti SNMPTN, tetapi jalur masuk kuliah itu enggak cuma dua, Sobat Pintar.

Kamu bisa mengikuti Seleksi Mandiri. Kamu juga bisa merancang masa depan untuk kuliah di politeknik. Atau, kamu mempertimbangkan juga untuk kuliah di kampus swasta? Disamping faktor finansial, hasil tes minat bakatmu juga bisa turut mempengaruhi keputusanmu untuk kuliah akademik pada Program Sarjana atau vokasi pada Program D4 dan D3. Ujung-ujungnya, pilihan program kuliah itu juga akan menentukan jalur seleksi yang kamu pilih.

Apakah tampak rumit, Sobat? Tenang, semua pertanyaan itu enggak harus tuntas terjawab dalam satu waktu, kok. Untuk sekarang, seperti telah diuraikan sebelumnya, kamu bisa memulai dengan menyusun persiapan kuliah di kelas 11. Jadi, mau mulai dari mana nih, belajar untuk UTBK-nya?

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog