redesain-navbar Portlet

null

Blog

SBMPTN 2020 di UI: Cermati 6 Jurusan Ini

Beberapa jurusan kuliah di Universitas Indonesia memerlukan perhatian ekstra untuk SBMPTN 2020.

Cermati Jurusan Ini, image via www.ui.ac.id

Siapa sih, yang tak ingin kuliah di Universitas Indonesia? Terlepas dari kemampuan diri masing-masing, menjadi mahasiswa UI seolah merupakan separuh perjalanan menuju kesuksesan hidup. Maka, selain jalur undangan atau SBMPTN, jalur tes atau SBMPTN menjadi tumpuan harapan puluhan ribu pelajar yang ingin kuliah di UI.

Wait. 'Hanya' puluhan ribu saja pelajar se-Indonesia yang mengikuti SBMPTN di UI? Yes, you read it right. Dan dari puluhan ribu pelajar tersebut, tepatnya 30.145 pelajar pada SBMPTN 2019, hanya 2.291 calon mahasiswa baru yang lolos. Angka tersebut hanya 7,6% dari total pendaftar, Sobat!

Lantas, jurusan-jurusan apa saja yang paling ketat persaingan masuknya pada SBMPTN 2019 di UI? Jurusan-jurusan apa pula di UI yang perlu kita cermati agar berpeluang lebih besar untuk lolos SBMPTN 2020? Ingin tahu? Let's find out!

 

1. Ilmu Hubungan Internasional

Pada SBMPTN 2019, HI UI menyediakan 22 kursi saja. Peluang lolos HI UI melalui jalur SBMPTN kecil sekali. Sebagai ilustrasi, hanya ada satu calon mahasiswa baru HI UI dari 125 pendaftar SBMPTN pada 2019.

Apakah ada alternatif lain untuk kuliah HI selain di UI? Tentu saja ada, Sobat! PTN dengan akreditasi A untuk Jurusan Ilmu Hubungan Internasional antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Riau, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Hasanuddin.

 

2. Ilmu Aktuaria

Peluang lolos SBMPTN 2019 pada Ilmu Aktuaria UI tak jauh berbeda dengan peluang yang ditawarkan oleh HI UI. Kuota SBMPTN Ilmu Aktuaria bahkan lebih rendah dibanding HI, yaitu 20 kursi saja.

Sayangnya, masih belum banyak PTN yang menawarkan jurusan ini. Aktuaria Institut Pertanian Bogor terakreditasi B, sama seperti Ilmu Aktuaria UI. Justru Administrasi Asuransi dan Aktuaria pada program D3 UI sudah terakreditasi A.

 

3. Bahasa dan Kebudayaan Korea

Demam K-Pop merambah hingga ke UI. Buktinya, jurusan ini menerima banyak pendaftar dengan kuota mahasiswa baru yang berbanding terbalik. Dan berapa kuota mahasiswa baru pada Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI dijalur SBMPTN tahun 2019? Hanya 15 kursi saja, Sobat! Bahkan, jurusan inilah yang memiliki kuota SBMPTN terkecil di UI.

Sayangnya, selain UI hanya Universitas Gadjah Mada saja yang memiliki Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea dengan akreditasi A. Ingin jadi mahasiswa jurusan ini, Sobat? It's going to be a tough fight.

 

4. Sastra Perancis

Bukan hanya Bahasa dan Kebudayaan Korea UI yang memiliki kuota kecil pada SBMPTN 2019, tapi juga Sastra Perancis UI. Berapa kuota SBMPTN Sastra Perancis UI? Iya, sama-sama 15 kursi saja, Sobat!

Bedanya, bila angkanya tak terlalu jauh beda untuk SBMPTN 2020, jumlah peminat Sastra Perancis UI jauh dibawah Bahasa dan Kebudayaan Korea UI – sekitar sepertiganya saja. Tapi bila Sobat Pintar ingin mempertimbangkan PTN lain, masih ada Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjadjaran, atau Universitas Gadjah Mada.

 

5. Ilmu Hukum

Sebaliknya, Ilmu Hukum UI memiliki kuota paling besar pada SBMPTN 2019. UI menyediakan 167 kursi bagi mahasiswa baru pada jalur tes ini. Apakah dengan kuota besar ini, maka peluang masuknya juga besar?

Oh, tunggu dulu, Sobat. Hukum UI merupakan jurusan yang difavoritkan pada SBMPTN 2018, ketika ujian masuk PTN masih belum memberi pilihan kampus berdasar skor yang telah dihasilkan. Pada SBMPTN 2019, ketika kita sudah mengetahui skor UTBK terlebih dahulu untuk mendaftar di PTN melalui SBMPTN, Hukum UI tetap difavoritkan!

Bahkan, Ilmu Hukum merupakan jurusan Soshum di UI yang menerima pendaftar terbanyak pada SBMPTN 2019. Apa alternatifmu kalau begitu, Sobat? Don't sweat. Masih banyak PTN yang memiliki Jurusan Ilmu Hukum dengan akreditasi A, seperti Universitas Andalas, Universitas Bengkulu, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sumatera Utara, dan lain-lain.

 

6. Manajemen

Manajemen UI juga memiliki kuota mahasiswa baru yang terhitung besar untuk SBMPTN 2019. Kuota besar Manajemen UI tersebut tepatnya sejumlah 84 kursi. Bila tak ada perubahan signifikan pada jumlah peminat untuk SBMPTN 2020, maka pendaftar jurusan ini sekitar dua kali lipat dari jumlah pendaftar pada Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI.

Bukan angka yang kecil untuk bersaing. Disisi lain, banyak sekali PTN yang memiliki Jurusan Manajemen dengan akreditasi A. Beberapa diantaranya yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sriwijaya, Universitas Diponegoro, serta Universitas Hasanuddin.

 

Masih ingin masuk Universitas Indonesia melalui jalur SBMPTN untuk 2020, Sobat? Jurusan bidikanmu termasuk salah satu jurusan diatas atau tidak? Apapun jurusan kuliah yang dipilih, terus semangat memperjuangkannya, ya!

0
190

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp