redesain-navbar Portlet

null

Blog

SBMPTN di Universitas Brawijaya? Ini 5 Prodi Favorit

Semakin banyak peminat suatu jurusan kuliah, semakin ketat pula persaingan masuknya.

SBMPTN di Universitas Brawijaya, image credit ub.ac.id

Bukan hanya Jakarta, Bandung, atau Yogyakarta yang menjadi kota idaman pelajar, tapi Malang juga! Apa pasal? Iya, karena di kota ini ada Universitas Brawijaya. Pada SBMPTN 2019 kemarin, PTN ini menerima pendaftar terbanyak se-Indonesia – bukan Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, atau Universitas Gadjah Mada, tapi Universitas Brawijaya!

Sebanyak 55.871 peserta mengikuti SBMPTN di Universitas Brawijaya pada 2019. Dan jurusan-jurusan berikut inilah menerima peminat paling banyak.

 

1. lmu Hukum

Ilmu Hukum UB menawarkan konsentrasi Hukum Tata Negara, Administrasi Negara, Perdata, Pidana, dan Internasional. Mahasiswa dapat memilih konsentrasi ilmu hukumnya pada semester ke-6 atau ke-7. Jurusan ini juga memiliki lembaga otononom, seperti Asian Law Student Association (ASLA), Komunitas Peradilan Semu (KPS), Komunitas Debat, Teater Kertas, Forum Kajian dan Penelitian Hukum, dan LPM Manifest.

 

2. Agroteknologi

Agroteknologi atau Agroekoteknologi UB memiliki dua kampus, yaitu di Malang dan Kediri. Jurusan atau program studi pada Fakultas Pertanian ini difavoritkan tak hanya pada SBMPTN, tapi juga SNMPTN 2019.

Dan bukan hanya tahun 2019 saja, Sobat. Agroteknologi bahkan menjadi jurusan yang paling diminati pada rumpun Saintek di Universitas Brawijaya selama empat tahun belakangan, berturut-turut.

Tak jarang, mahasiswa Agroteknologi UB yang magang langsung direkrut untuk bekerja – bahkan sebelum wisuda. Selain bekerja pada sektor swasta (20%), alumni jurusan ini ada yang bekerja pada instansi pemerintahan (20%), sektor pertanian (40%), dan melanjutkan kuliah kejenjang S2 (10%).

 

3. Peternakan

Hanya ada satu jurusan jenjang S1 di Fakultas Peternakan UB, yaitu Peternakan. Meskipun begitu, kegiatan mahasiswa Peternakan dapat dengan leluasa dikembangkan pada 10 lembaga kemahasiswaannya: BEM, DPM, KIM, MT Funa, Kandang Musik, Teater Cowboy, BOS, EGP, FASCO, dan MATAFENA. Lebih dari separuh (60%) alumni Peternakan bekerja pada sektor swasta dan agribisnis, sisanya memilih bidang akademis (11%), dan wirausaha (9%).

 

4. Ilmu Administrasi Bisnis

Ada dua jurusan jenjang S1 pada Fakultas Ilmu Administrasi UB, yaitu Administrasi Bisnis atau Niaga dan Ilmu Administrasi Negara atau Publik. Diantara keduanya, Ilmu Administrasi Bisnis UB menerima peminat yang lebih banyak pada SBMPTN 2019 yang lalu.

Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis dapat memilih peminatan Manajemen Sistem Informasi, Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Bisnis Internasional, Kewirausahaan, Manajemen Strategis, Real Estate, dan Manajemen Rantai Penyediaan Barang Ritel. Barangkali banyaknya ragam peminatan ini mempengaruhi tingginya peminat? We don't know for sure yet.

 

5. Pendidikan Dokter

Fakultas Kedokteran merupakan salah satu fakultas di Universitas Brawijaya yang telah mengantongi akreditasi AUN-QA (ASEAN University Network and Quality Assurance). FK UB juga menjadi bagian dari PTN di Indonesia yang telah memiliki Rumah Sakit Pendidikan. RSP UB tak hanya memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, tapi juga bertujuan untuk meningkatkan penelitian kedokteran mahasiswa FK UB.

 

Itulah lima jurusan atau program studi dengan peminat terbanyak di Universitas Brawijaya pada SBMPTN 2019. Apakah kelima jurusan tersebut sudah menjadi incaranmu selama ini, Sobat? Atau barangkali, jurusan yang sama tapi di kampus lain?

80

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
mantap
00
mantap
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp