redesain-navbar Portlet

Blog

Siapkan Ujian Toefl dengan Cara Ini, photo via reflectiveteachingreflectivelearning.com

Siapkan Ujian TOEFL-mu Sendiri dengan 4 Cara Ini

Persiapan menghadapi ujian TOEFL dapat dilakukan secara mandiri.

TOEFL adalah tes kemampuan Bahasa Inggris bagi penutur non-Bahasa Inggris. Sertifikat TOEFL diakui oleh institusi pendidikan dan industri di 90 negara. Nah, bagaimana agar skor TOEFL-mu maksimal? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah, Sobat.

 

1. Teratur Belajar Bahasa Inggris

Karena ujiannya Bahasa Inggris, persiapannya ya belajar Bahasa Inggris. Tak perlu berjam-jam, Sobat! Luangkan saja waktumu setiap hari, misalnya, selama satu jam untuk belajar Bahasa Inggris.

Tak harus belajar materi atau latihan soal TOEFL bila masih belum punya bukunya, tapi memang lebih baik dan terarah bila Sobat belajar dengan menggunakan bukut TOEFL. Yang terpenting, belajar atau latihan soalnya dikerjakan dengan konsisten.

 

2. Perbanyak Latihan Mendengarkan

Dirasa atau tidak, pelajaran Bahasa Inggris di sekolah masih kurang membekalimu dengan keterampilan mendengarkan (listening skill). Tak ingin skor listening TOEFL-mu terpuruk, bukan? Maka, persiapkan ujian listening-mu secara mandiri.

It should be fun, Sobat. You don't have to always use the listening section of a TOEFL book. Instead, watch movies, series, or videos and get yourself exposed to various English accents from different places around the globe.

Bukankah saat ujian TOEFL sungguhan nanti Sobat tak bisa memilih aksen penuturnya? So, train yourself to be familiar with different English accents.

 

3. Perbanyak Membaca dan Perkaya Kosakata

Kurang suka membaca? Jangan buru-buru membayangkan buku, Sobat. Mulai saja dari membaca artikel pendek, maka lama-kelamaan rasa ingin tahu akan membuatmu membaca lebih banyak. And it should be in English! Bukankah Sobat Pintar ingin memperoleh skor TOEFL yang bagus?

Tak perlu membaca dalam Bahasa Inggris khusus saat belajar saja. You can read anything at anytime in English. Baca saja dan abaikan beberapa kata-kata baru yang masih terasa asing. Lama-kelamaan, kosakata Bahasa Inggrismu akan bertambah.

Banyak membaca tak hanya memperkaya kosakata (vocabulary) Bahasa Inggrismu, tapi Sobat Pintar juga mengetahui lebih banyak topik yang beragam. Siapa tahu, ada topik yang pernah dibaca dan ternyata diperbincangkan atau dinarasikan pada listening section.

 

4. Berlatih Membaca Cepat

Perlu diingat, Sobat tak punya banyak waktu saat ujian TOEFL dan mengerjakan reading section. Jadi yang perlu dilatih adalah bagaimana Sobat Pintar dapat membaca dengan cepat tanpa meninggalkan detail-detail penting. So, keep practicing!

 

Tak hanya untuk melamar beasiswa ke luar negeri, Sobat Pintar juga dapat menggunakan sertifikat TOEFL untuk memenuhi persyaratan melamar kerja dibanyak perusahaan. Khusus untuk keperluan bekerja, TOEIC bisa menjadi alternatif TOEFL – tergantung permintaan perusahaan yang bersangkutan.

Back at school, administering language tests is mainly aimed to assess students' English skills. Jadi, tak perlu cemas berlebihan bila ada jadwal TOEFL atau TOEIC karena melalui tes itulah Sobat Pintar dapat mengukur keterampilan berbahasa Inggris.

Lebih masukan Blog

Sekolah 3 Matra – Mana Pilihanmu?

Selain kuliah, pilihan apa yang Sobat miliki setelah lulus SMA? Pernah mempertimbangkan bidang...

Pekerjaan Masa Depan di 6 Bidang Saintek Ini

Tak hanya di Indonesia, bahkan pada tataran global saat ini, dunia industri sedang membutuhkan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line