APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Siswa Kelas 12! Pilih Try Out UTBK atau Kedinasan?

Try out online adalah cara praktis yang jitu untuk meraih kampus impian.

Photo by Tofros.com on Pexels

Lulus SNBT 2024 bisa menjadi sebuah "mission impossible" kalau kita sampai salah mengonsepnya. Bayangin aja deh, Sobat Pintar. SNBT 2023 diikuti oleh 800 ribu lebih peserta, tetapi yang lolos seleksi cuma 223.217 peserta. Dengan keketatan sampai 27,77% itu, mau ngga mau kita mesti punya peta yang jelas agar tiba di tujuan (kampus impian).

Salah satu tahap perencanaan masuk PTN yang cukup penting adalah Try Out. Kamu tahu apa itu Try Out, Sobat? Udah pernah ikutan Try Out atau belum? Yuk, kita bahas seluk-beluk per-Tryout-an "dunia persilatan" dan rencanakan journey-mu menuju kampus impian sebaik mungkin.

 

Apa Itu Try Out?

cara lolos UTBK 2024
Photo by Tofros.com on Unsplash

Secara bahasa, TO atau Try Out adalah uji coba atau simulasi. Pada dasarnya uji coba dilakukan terhadap sesuatu, seperti kendaraan atau program, sebelum digunakan atau dilaksanakan.

Sama halnya dengan Try Out masuk PTN. Untuk SNBT, Try Out UTBK yang diikuti berupa uji coba atau simulasi soal-soal Tes Skolastik dan Tes Literasi. Sementara untuk TO Kedinasan, materi yang diujicobakan meliputi Wawasan Kebangsaan, Intelegensi Umum, dan Kepribadian.

 

Apa Tujuan dari Try Out?

try out premium masuk PTN
Photo by Elisa Ventur on Unsplash

Try Out idealnya enggak dilakukan sekali doang. Try Out Premium masuk PTN bersama Aku Pintar, misalnya, dilakukan berkali-kali, bahkan bisa sampai 10 kali. Dari beberapa kali Try Out itu, kita bisa melihat bagaimana progres persiapan kita untuk mengikuti UTBK, Sobat.

Dari POV yang ideal lagi, semestinya skor Try Out kita terus naik. Namun bagaimanapun skornya nanti, yang pasti kita butuh mengikuti Try Out sebelum ujian yang sebenarnya berlangsung karena:

  • Try Out dapat menunjukkan tingkat kesiapan kita mengikuti ujian
  • hasil Try Out dan pembahasannya memberi kita kesempatan untuk lebih mendalami materi yang belum dikuasai
  • Try Out dapat menurunkan rasa cemas dan meningkatkan percaya diri
  • Try Out melatih kita cermat mengatur waktu dalam menjawab soal ujian, dll.

Pendeknya, Try Out mengondisikan kita untuk mengikuti ujian. Semakin sering kita mengikuti Try Out, semakin baik pula kesiapan kita untuk mengikuti ujian, baik UTBK maupun SKD Kedinasan. Karena itulah, Aku Pintar menyediakan Try Out online agar kamu dapat menyiapkan diri sebaik mungkin, Sobat Pintar!

 

Tentang Journey Pintar

Pertanyaannya, Try Out apa yang akan kamu ikuti, Sobat? Jawabannya tergantung dari kampus impianmu. Kamu mau masuk PTN Akademik/Vokasi dan PTKIN atau Kedinasan? Dari goal itu, kita bisa merencanakan peta perjalanannya masing-masing.

1. Journey Lulus Kampus Impian


Image by: Aku Pintar

Journey di atas menggambarkan peta yang akan dilewati jika kamu ingin kuliah di PTN Akademik/Vokasi dan PTKIN. Contoh PTN yang termasuk kategori ini adalah sebagai berikut.

Untuk menjadi mahasiswa PTN-PTN di atas, kamu harus lolos SNBT dan mengikuti UTBK. Maka, Try Out yang harus diikuti adalah Try Out UTBK. Saat ini tersedia tiga macam tiket yang bisa kamu gunakan untuk "terbang" menuju kampus impianmu melalui peta di atas:

  1. Tiket VIP
  2. Tiket VVIP
  3. Tiket Platinum.

Tiap-tiap tiket di atas sudah termasuk Try Out UTBK, mulai enam sampai 10 kali Try Out. Setiap Try Out akan di-skoring dan kamu akan mendapatkan pembahasan soalnya juga.

2. Journey Lulus Kedinasan


Image by: Aku Pintar

Beda journey kalau kamu mau masuk Kedinasan, Sobat. Peta di atas adalah perjalanan yang akan kamu lalui untuk menuju Perguruan Tinggi atau Sekolah Kedinasan impianmu. Contoh PT/Sekolah Kedinasan antara lain:

Salah satu cara lulus Kedinasan adalah dengan mengikuti journey di atas agar kamu siap menghadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Saat ini tersedia dua tiket yang akan membawamu "terbang" menuju Sekolah Kedinasan impianmu:

  1. Tiket VIP
  2. Tiket Platinum.

Setiap tiket memberikan fasilitas lima kali Try Out Kedinasan. Sama halnya, tiket-tiket tersebut sudah termasuk skoring dan pembahasan soal.

Nah, journey manakah yang bakal kamu ambil, Sobat Pintar? Cara lolos UTBK 2024 adalah melalui Journey Lulus Kampus Impian, sedangkan Journey Lulus Kedinasan ditujukan buat kamu yang akan mengikuti seleksi Kedinasan. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, klik tautan Journey Pintar ini.

 

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  • Apa itu Try Out online?

Try Out online dilakukan secara online melalui platform online. Waktu pengerjaan Try Out terbatas, sama seperti ujian yang sebenarnya. Penilaian dilakukan secara otomatis.

  • Try Out untuk kelas berapa?

Try Out ditujukan bagi calon peserta UTBK dan SKD yang memenuhi syarat. Bagi siswa, Try Out SNBT dan Kedinasan dapat diikuti oleh siswa kelas XII.

  • Apakah Try Out itu wajib?

Try Out bukan syarat untuk mengikuti UTBK maupun SKD, tetapi dapat memberikan pengalaman praktis yang mirip dengan UTBK dan SKD. Dengan mengikuti Try Out, kamu memperbesar peluang lulus SNBT 2024 maupun seleksi Kedinasan 2024.

  • Apa yang dilakukan saat Try Out?

Try Out online dapat dilakukan dari mana saja melalui gawai pribadimu. Ikuti petunjuk yang diberikan setelah membeli paket yang tersedia, kemudian kerjakan semua soal Try Out dalam batasan waktu yang telah ditentukan.

Kamu punya pertanyaan-pertanyaan yang lain, Sobat Pintar? Follow akun media sosial Aku Pintar di Instagram dan TikTok untuk berinteraksi dengan Kak Astro dan Kak Astrid. Pertanyaan-pertanyaanmu bakal terjawab, kamu juga bisa mendapatkan kode voucher tiket journey-mu maupun info penting lainnya melalui akun-akun di atas.

Jangan lupa share akun Facebook Aku Pintar dengan Mama-Papa supaya dana untuk Try Out online dan tiket journey-mu mengalir dengan lancar, bebas hambatan! Bantu Bapak/Ibu Guru juga dengan membagikan akun tersebut.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog