APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

9 Tipe Kepribadian dalam Tes STIFIn

Metode STIFIn menawarkan alternatif eksplorasi kepribadian individu.

Photo by Franco Antonio Giovanella on Unsplash

Metode STIFIn mulai dikenal sejak 2009 dan menjadi salah satu tes penting yang digunakan untuk mengenal kepribadian. Bahkan lebih dari itu, tes STIFIn juga digunakan untuk memahami bakat, cara belajar, penjurusan kuliah, hingga perencanaan karier.

Nah, jadi penasaran ga sih, apa itu metode STIFIn? Seperti apa tesnya? Bakal banyak miripnya atau justru berbeda dengan Tes Kepribadian Aku Pintar? Yuk, baca ulasan ini sampai selesai!

 

Apa itu STIFIn?

belahan otak dominan
Photo by engin akyurt on Unsplash

Dikutip dari laman STIFIn Family, STIFIn adalah sebuah konsep yang digunakan untuk mengidentifikasi mesin kecerdasan manusia berdasarkan operasi otak yang dominan. Diperkenalkan oleh Farid Poniman, metode STIFIn mengompilasikan teori-teori yang dirumuskan oleh C.G. Jung, Ned Herman, dan Paul Maclean.

Kamu sudah mengenal konsep introver dan ekstrover kan, Sobat? Nah, keduanya diperkenalkan oleh C.G. Jung. Sementara menurut Ned Herman, preferensi orang dalam berpikir dapat dikategorikan ke dalam empat kuadran atau belahan otak dominan.

Bagaimana dengan Paul Maclean? Ahli neurosains ini mengemukakan bahwa otak manusia terdiri dari otak reptil, sistem limbik, dan neokorteks. Berdasar dari ketiga teori tersebut, STIFIn merumuskan lima kecerdasan manusia di bawah ini.

1. Sensing

Tipe Sensing mengandalkan kecerdasan pancaindra. Fisiknya cenderung kuat, sehingga tipe Sensing biasanya gesit dan aktif bergerak. STIFIn Sensing menanggapi banyak hal dengan praktis dan konkret. Kemungkinan golongan darah: AB.

2. Thinking

Tipe Thinking menghabiskan banyak energinya untuk berpikir. STIFIn Thinking pada umumnya memiliki pemikiran yang objektif, logis, dan kritis. Kemungkinan golongan darah: A.

3. Intuiting

Tipe Intuiting adalah kreator yang imajinatif dan kreatif. Bagi tipe ini, kualitas lebih penting ketimbang kuantitas. STIFIn Thinking tergolong sulit diatur, tetapi bisa menjadi pionir asalkan konsep perubahannya jelas. Kemungkinan golongan darah: B.

4. Feeling

Tipe Feeling mudah tersentuh, berempati, dan memahami orang lain. STIFIn Feeling bisa banyak bicara, tetapi juga bisa menjadi pendengar yang baik. Kemungkinan golongan darah: O.

5. Insting

Tipe Insting memiliki naluri kuat yang membimbingnya untuk beradaptasi dan cepat tanggap. STIFIn Insting adalah si serba bisa yang berjiwa sosial tinggi.

 

Apa Saja Tipe Kepribadian dalam STIFIn?


Photo by Porapak Apichodilok on Pexels

STIFIn Sensing, Thinking, Intuiting, dan Feeling selanjutnya terkait dengan introver dan ekstrover. Dalam metode STIFIn, fungsi lapisan otak introver berada di bagian dalam dan fungsi lapisan otak ekstrover di sebelah luar. Motivasi introver adalah punishment, sedangkan motivasi ekstrover adalah reward.

STIFIn Insting memiliki kecerdasan yang berbeda. Sistem kerja otak Insting berada di bagian tengah dari empat kuadran atau belahan otak dominan manusia. Tipe Insting bertindak dengan spontan, tanpa motivasi dari dalam (introver) ataupun luar (ekstrover).

Dengan demikian, terdapat sembilan tipe kepribadian dalam metode STIFIn. Berikut penjelasannya masing-masing.

1. Sensing introvert

Tipe Sensing introvert adalah pekerja keras yang disiplin sekaligus efisien. Tipe ini juga dikenal hemat, jadi jangan heran bila saldo tabungan tipe Sensing introvert bisa terus bertambah! Bila diminta bantuan, STIFIn Sensing introvert akan dengan senang hati memberikan tenaganya. Tipe ini sangat memperhatikan detail dan memiliki ingatan yang kuat.

2. Sensing ekstrovert

Tipe Sensing extrovert memiliki stamina yang baik dengan pembawaan yang santai. Berkenaan dengan uang, tipe ini bisa dibilang dermawan, bisa juga boros. STIFIn Sensing ekstrovert menyukai reward yang nyata terlihat, dan semakin termotivasi untuk mendapatkan lebih banyak lagi. Karena suka bersenang-senang dan selalu ingin dilihat oleh orang lain, tipe ini bisa gampang flexing.

3. Thinking introvert

Tipe Thinking introvert pada umumnya mandiri dan tekun. Cenderung perfeksionis, STIFIn Thinking introvert bukan tipe yang setengah-setengah dalam mengerjakan berbagai hal. Tipe ini juga memiliki kemampuan analisis yang baik.

4. Thinking ekstrovert

Tipe Thinking ekstrovert cenderung logis dan objektif. STIFIn Thinking ekstrovert juga dikenal adil dan kompetitif. Tipe ini suka berargumentasi mengenai hal-hal yang secara personal menarik baginya.

5. Intuiting introvert

Tipe Intuiting introvert lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas. Kreativitas dan kesempurnaan adalah karakteristik yang melekat pada STIFIn Intuiting introvert. Karena suka hal-hal baru dan optimis dengan mimpi-mimpinya, tipe ini dikenal sebagai inovator.

6. Intuiting ekstrovert

Tipe Intuiting ekstrovert adalah sosok yang humoris dan risk-taker. STIFIn Intuiting ekstrovert cocok menjadi pengusaha karena memiliki gagasan-gagasan yang besar dan tidak suka diatur-atur oleh orang lain. Tipe ini pada umumnya adalah sosok yang inspiratif.

7. Feeling introvert

Tipe Feeling introvert memiliki emosi yang kuat. STIFIn Feeling introvert mudah bersimpati dan berempati, sehingga banyak orang yang menyayanginya.

8. Feeling ekstrovert

Tipe Feeling ekstrovert adalah pribadi yang pandai bergaul, santai, dan penyabar. Orang merasa nyaman saat berada di dekatnya. STIFIn Intuiting ekstrovert bisa menjadi king maker, sosok yang cukup menentukan tanpa harus tampil di depan.

9. Insting

Tipe Insting menginginkan semua makhluk, termasuk dirinya, berbahagia. Tipe ini tidak menyukai konflik, bahkan tulus dan rela berkorban demi orang lain. STIFIn Insting dikenal serba bisa, tetapi tidak benar-benar fokus pada satu hal tertentu.

Nah, metode STIFIn ini menarik ga sih buatmu, Sobat? Untuk mengetahui tipe kepribadian, tes STIFIn dilakukan melalui pemindaian sidik jari.

Namun bila ada ada cara yang lebih simpel untuk mendapatkan hasil yang serupa, kenapa tidak, Sobat Pintar? Misalnya, kamu bisa mengikuti Tes Kepribadian, jawab pertanyaan-pertanyaannya, dan langsung ketahui tipe kepribadianmu.

Kamu juga bisa mengikuti Tes Psikologi yang lebih lengkap, dengan memilih Paket Mahir atau Paket Unggul. Tiap-tiap paket sudah termasuk Tes Kepribadian, Tes IQ, Tes Kemampuan, Tes Penjurusan, dan Gaya Belajar. Enggak perlu menunggu, gunakan ponselmu sekarang juga untuk mengikuti tes-tes tersebut!

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog