APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

SMAN 73 Jakarta: Psikotes dan Konseling Dukung Kesuksesan Siswa

Tes psikologi, didampingi dengan konseling, merupakan alat yang powerful dalam mendukung kesuksesan pendidikan.

Konseling tidak harus menunggu sampai muncul masalah besar di depan mata. Sebaliknya, konseling bisa digunakan untuk menghindari kemungkinan munculnya persoalan di kemudian hari. Salah pilih jurusan kuliah, misalnya, bisa dihindari dengan konseling.

 

Kolaborasi antara Sekolah dan Konselor


Image source: Aku Pintar

SMAN 73 Jakarta menyadari hal tersebut. Kepedulian sekolah kepada para peserta didik yang akan masuk kuliah agar jangan sampai menyesali pilihan jurusan senada seirama dengan kepedulian Aku Pintar.

Terlebih lagi, siswa SMA yang masih berusia remaja acapkali merasa galau saat harus mengambil keputusan yang berdampak jangka panjang seperti rencana pendidikan hingga karier. Di sisi lain, ada pula siswa yang mengalami konflik dengan orang tua lantaran perbedaan harapan dan keinginan tentang jurusan kuliah dan pekerjaan di masa depan.

Konseling yang diselenggarakan oleh SMAN 73 Jakarta bersama psikolog Aku Pintar diharapkan dapat membantu siswa mengurai kekusutan pikiran yang dirasakan. Aku Pintar sendiri memang menyediakan layanan konseling yang sebenarnya tak terbatas pada perencanaan jalur pendidikan saja.

 

Perencanaan Pendidikan dan Karier


Image source: Aku Pintar

Untuk merencanakan jalur pendidikan dengan lebih baik, Aku Pintar menyediakan tes psikologi yang dapat membantu memetakan potensi dan keunggulan siswa dengan lebih menyeluruh. Tes psikologi Aku Pintar terdiri dari rangkain tes yang mengukur beberapa aspek sekaligus.

  • Tes IQ untuk mengukur potensi dasar yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan masalah.
  • Tes Kepribadian untuk menilai karakter siswa.
  • Tes Kemampuan (MI) untuk mengukur bidang yang paling diminati sampai yang paling tidak diminati siswa.
  • Tes Penjurusan untuk mengukur potensi akademik siswa dengan proyeksi jurusan yang sesuai dengan potensi tesebut.
  • Tes Gaya Belajar untuk mengetahui gaya belajar siswa.

Begitu pentingnya perencanaan pendidikan tinggi sebelum kelulusan sekolah, SMAN 73 Jakarta memberikan keleluasaan bagi siswa untuk mengikuti psikotes. Dengan mengikuti tes psikologi, siswa SMAN 73 Jakarta dapat:

  • mengetahui dan memahami minat dan bakatnya masing-masing
  • mengembangkan potensi diri dan karakter dengan lebih baik
  • menjadi lebih percaya diri akan jalur pendidikan yang dipilihnya.

Berbekal hasil psikotes, sekolah dapat membantu siswa dengan lebih baik. Dalam hal ini, SMAN 73 Jakarta dapat menyelenggarakan pembelajaran yang lebih terdiferensiasi lantaran mampu memahami kebutuhan individu siswa dengan lebih baik. Dukungan dari sekolah yang sesuai dengan kebutuhan siswa pada gilirannya dapat berdampak positif terhadap motivasi belajar, kesehatan mental, dan kesuksesan akademik siswa.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog