APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

SMKN 57 Jakarta Pahami Bakat Minat Siswa

Bakat minat siswa SMK memerlukan pemetaan yang baik demi perencanaan pendidikan dan karier.

Tes bakat minat apa manfaatnya untuk siswa SMK? Bukankah siswa SMK sudah masuk di jurusannya masing-masing? Siswa Multimedia, misalnya, tentu memiliki minat dan kemampuan pada bidangnya sendiri. Lantas apa perlunya siswa SMK mengikuti psikotes?

Ternyata SMKN 57 Jakarta tidak berpandangan demikian. Sebaliknya, SMKN 57 Jakarta mendukung penuh peserta didiknya untuk memanfaatkan layanan pengenalan bakat minat dari Aku Pintar.

 

Siswa SMK dan Potensinya


Image source: Aku Pintar

Pada dasarnya siswa SMK sama seperti pelajar lainnya di rentang usia yang sama di sekolah-sekolah lainnya. Siswa SMK juga memiliki potensi yang unik, yang bisa jadi belum sepenuhnya teridentifikasi.

Padahal siswa yang menyadari potensi dan kemampuan dirinya sendiri dapat membuat pilihan yang lebih tepat setelah lulus sekolah. Sebagian siswa SMK ada yang lebih memilih bekerja dan meniti karier, ada pula yang memilih melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Dengan memahami kekuatan dan kelemahan dirinya, siswa SMK dapat menentukan pilihan ini dengan lebih mudah.

Bila ingin bekerja setelah lulus sekolah, atau berbakat pada bidang tertentu, siswa SMK bisa lebih fokus mendalami keterampilan teknis maupun nonteknis pada bidang mekanik, elektronik, desain, bahasa, atau bidang lain yang menjadi keahliannya masing-masing. Siswa tersebut dapat mengikuti program pelatihan tambahan atau sejenisnya dan merencanakan langkah-langkah karier selanjutnya.

Sebaliknya, penting bagi siswa SMK yang ingin lanjut kuliah untuk, misalnya, mengidentifikasi preferensi belajarnya. Dengan demikian, siswa yang bersangkutan dapat mengatur strategi belajar untuk seleksi masuk kuliah tanpa mengabaikan tugas-tugas sekolahnya.

 

Manfaat Tes Psikologi bagi Siswa SMK


Image source: Aku Pintar

Melalui tes psikologi, minat dan preferensi siswa dipetakan terhadap berbagai jenis pekerjaan atau kegiatan. Sebagian karier sebaiknya didukung dengan pendidikan di perguruan tinggi, sementara ada pilihan-pilihan pekerjaan lain yang lebih memerlukan pelatihan.

Tes psikologi juga dapat membantu mengidentifikasi softskill seperti leadership, komunikasi, ataupun teamwork. Dengan memperbaiki keterampilan yang dibutuhkan, siswa dapat mengembangkan diri sebaik-baiknya. Kesempatan ini bahkan bisa menjadi lebih baik lagi ketika sekolah dapat menyediakan pelatihan atau dukungan tambahan lain yang dibutuhkan.

Siswa yang mengikuti tes psikologi pada umumnya merasa sangat terbantu dalam mengidentifikasi stres, kecemasan, depresi, atau masalah-masalah psikologis lainnya. Semakin dini persoalan kesehatan psikis atau mental ini teridentifikasi, semakin cepat pula sekolah dapat memberikan dukungan atau bimbingan yang sesuai.

Kemampuan siswa untuk memecahkan masalah dan bertahan terhadap tekanan juga dapat diukur melalui tes psikologi. Pengukuran seperti ini terbilang penting. Siswa dengan kesehatan psikis prima cenderung memiliki motivasi yang kuat untuk belajar dan berkembang, sehingga memiliki peluang kesuksesan yang juga lebih besar.

Pengenalan bakat minat melalui tes psikologi tak hanya membantu memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang potensi siswa. Lebih dari itu, tes psikologi dapat membantu sekolah dan guru untuk merancang program pendidikan dan karier yang lebih terfokus, sesuai dengan kebutuhan dan kecenderungan individu siswa.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog