redesain-navbar Portlet

null

Blog

SNMPTN Pasti Lolos, UTBK Masih Lama – Eh, Yakin Tuh?

Cerdas menyiapkan diri mengikuti seleksi masuk kuliah.

SNMPTN Pasti Lolos, photo by Debby Hudson on Unsplash

Nggak sabar nunggu-nunggu tanggal 22 Maret nih, Sobat? Iya, hari itu harapan kita lolos di SNMPTN akan menjadi kenyataan... atau justru sebaliknya?

Bagaimana kalau ternyata harapan kita lolos di SNMPTN tinggal harapan saja? Siapkah kita mengikuti jalur SBMPTN untuk masuk kuliah? Apa yang harus dilakukan, mengingat jadwal UTBK sudah menunggu di pertengahan April? Yap, UTBK hanya berselang bulan saja dari pengumuman SNMPTN!

 

Pede Itu Harus, tapi Realistis Juga Wajib

Photo by Angelina Litvin on Unsplash

Masih ada dua pekan lagi hingga pengumuman SNMPTN. Tetap berharap dan berpikiran positif itu wajib, loh. Tapi menumpukan harapan dan masa depan pada satu jalur masuk kuliah saja tentu harus dihindari. Pasalnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil SNMPTN dan tak satupun yang dapat kita prediksi.

Itulah sebabnya, kita butuh plan B, Sobat Pintar. Kalau soal masuk kuliah, mendua itu boleh banget – harus, bahkan! Jadi, bersiap mengikuti UTBK setelah mendaftar SNMPTN itu bukan berarti kita pesimis. Sebaliknya, menyiapkan UTBK sambil menunggu pengumuman SNMPTN adalah tindakan cerdas!

 

Memahami Dua Jalur Masuk Kuliah yang Berbeda

Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

SBMPTN, yang dikenal juga sebagai jalur tes (UTBK), berbeda dari SNMPTN. Kita nggak bisa mendadak menyiapkan diri mengikuti SNMPTN. Sobat tahu kenapa? Iya, kita butuh nilai rapor yang bagus sejak semester satu.

Sementara itu, kita bisa menyiapkan UTBK meskipun tak banyak waktu yang tersisa. Memang sebaiknya belajar untuk menyiapkan ujian itu dilakukan sejak jauh-jauh hari agar hasilnya maksimal. Tapi bukan berarti kita tak punya harapan sama sekali bila persiapan UTBK dilakukan saat sudah mendekati jadwal ujian.

 

Cermat dan Cerdas Menyiapkan UTBK

Photo by Eliott Reyna on Unsplash

UTBK 2021 dijadwalkan akan berlangsung dalam dua gelombang. Gelombang pertama dijadwalkan pada 12-18 April 2021, sedangkan gelombang kedua pada 26 April – 2 Mei 2021. Artinya, kita punya waktu satu bulan saja untuk menyiapkan diri mengikuti UTBK.

Apa yang bisa kita lakukan selama satu bulan itu? Wah, banyak banget, Sobat!

Kita bisa memulai dengan mengatur ulang waktu belajar, khusus untuk persiapan UTBK. Pilih cara belajar yang paling nyaman buatmu. Misalnya dengan menggunakan Teknik Pomodoro, kita mengulang materi TKA selama 25 menit. Kemudian, istirahat selama lima menit. Lanjutkan belajar selama 25 menit lagi.

Belajar dengan teknik interval seperti ini dapat disesuaikan, sesuka dan senyamanmu saja. Kalau Sobat Pintar lebih suka belajar selama satu jam dan beristirahat selama 15 menit, boleh-boleh saja, kok. Asalkan jangan sampai lupa kalau kita juga perlu berlatih soal. Jadi setelah mengulang materi, gunakan interval berikutnya untuk berlatih soal, ya!

Dan jangan lupakan sohibnya TKA di UTBK, yaitu TPS. Apalagi, materi TPS itu nggak kita jumpai di buku teks pelajaran apapun di sekolah. Betul kan, Sobat?

Karena nggak kita dapetin dari sekolah, kitanya yang harus mengakrabkan diri dengan materi TPS. Kita harus berlatih dan belajar bagaimana berlogika yang baik agar bisa menjawab soal-soal TPS.

Mengakrabkan diri dengan materi UTBK, baik TKA maupun TPS, sebenarnya sudah menjadi tugas pribadi kita masing-masing. Jadi kalau ada referensi tambahan, jangan pikir dua kali untuk menggunakannya, Sobat. Langsung diembat aja!

 

Jangan Tunggu Nanti, Gunakan Bantuan yang Ada

Photo by Peggy_Marco on Pixabay

Tapi karena UTBK tinggal satu bulan lagi sejak sekarang, khawatirnya kita nggak sempat lagi ngaduk-ngaduk sekian referensi tambahan, nih. Trus gimana, dong?

Kita gunakan resources yang ada aja deh, Sobat. Apa itu? Iya, ponselmu! Kita bisa menggunakan aplikasi belajar untuk mengejar ketertinggalan kita menyiapkan UTBK.

Aplikasi Aku Pintar, misalnya, tak hanya membantumu memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan minat (Tes Penjurusan), tapi juga menyediakan ruang untuk belajar bersama dan memahami materi (AP Live). Latihan soal ujian yang ada di aplikasi juga cukup lengkap, mulai dari TO UTBK sampai TO Kedinasan.

Apalagi, Aku Pintar mengadakan Try Out gratis secara berkala. Kita bisa terus memantau perkembangan skor UTBK dari waktu ke waktu sampai mencetak skor terbaik yang kita targetkan. Pssstt... kapan lagi kita dapat fasilitas mudah tanpa ngaruh ke uang saku?

0
30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet