PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

Suka Matematika Pertimbangkan Kuliah Ini, photo via www.teachingchannel.org

Suka Matematika? Pertimbangkan 5 Jurusan Kuliah Ini

Kemampuan logika Matematika dapat dikembangkan pada beberapa jurusan kuliah tertentu.

Sobat Pintar suka hitungan? Semua matapelajaran berhitung terasa menyenangkan dan menantang untukmu? If you do, it means that one of these studies may suit you. Pasalnya, ada banyak hitung-hitungan dalam matakuliah-matakuliah kelima jurusan berikut ini.

 

1. Ilmu Ekonomi

Lebih fokus pada Ekonomi makro, jurusan ini banyak membahas tentang permasalah ekonomi secara menyeluruh dengan cakupan perekonomian satu negara atau antar negara. Nah, analisis dalam skala makro ini memerlukan pendekatan matematis, khususnya Aljabar.

Analisis dan estimasi kondisi perekonomian negara dilakukan berdasarkan data dengan menggunakan persamaan dan fungsi matematis. Hasil proses matematis ini kemudian digunakan untuk membantu merumuskan kebijakan yang tepat.

Itulah sebabnya, mahasiswa Ilmu Ekonomi adalah mereka yang sudah akrab dengan persamaan fungsi linear dan kuadrat, persamaan integral dan diferensial, hingga perhitungan matriks. Kira-kira, Sobat Pintar akan menyukainya?

 

2. Matematika Bisnis

Namanya saja sudah ada kata Matematika, jadi pasti ada kegiatan hitung-menghitung disini ya, Sobat. Well, dijurusan ini memang dipelajari tentang penerapan ilmu Matematika dalam identifikasi, analisis, prediksi kegiatan, dan penyelesaian berbagai persoalan bisnis.

Apa saja ilmu-ilmu Matematika yang digunakan dijurusan ini? Beberapa diantaranya yaitu Logika Matematika, Aljabar, dan Statistika. Tak heran bila mahasiswa Matematika Bisnis adalah mereka yang cenderung memiliki kemampuan berpikir dan analisis yang logis.

Beberapa perguruan tinggi ada yang menawarkan Matematika Bisnis sebagai salah satu peminatan pada Jurusan atau Prodi Matematika. Baik Matematika maupun Matematika Bisnis dapat mengantarkanmu menjadi seorang Big Data Analyst, sebuah profesi yang sedang diburu saat ini.

 

3. Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, menabulasi, menggolongkan, menganalisis, dan mencari keterangan yang bararti dari data berupa angka. Hasil analisis data yang akurat, yang diperoleh dari keilmuan ini, dibutuhkan agar dapat diambil keputusan yang tepat, baik dalam ranah ilmu pasti maupun ilmu sosial.

Dijurusannya sendiri, mahasiswa Statistika belajar tentang analisis dan perancangan survey, metode numerik dan penatalaksanaan riset, metode simulasi dan pemodelan Matematika, metode statistik riset pemasaran, serta pengendalian mutu dan kelayakan. Banyak materi hitungan dalam hampir setiap matakuliah Statistika.

Bila Sobat Pintar tertarik pada cara mencari, memilah, dan mengolah data, boleh dipertimbangkan untuk membidik jurusan ini saat kuliah nanti. Saat ini, jenjang S1 Statistika yang telah terakreditasi A berada di ITS, UB, IPB, dan UGM. Sedangkan untuk jenjang D3, akreditasi A Statistika berada di ITS serta Statistika Terapan dan Komputasi di Unnes.

 

4. Manajemen Logistik

Ingin menjadi mahasiswa langka, Sobat? Nah, jurusan ini boleh dipilih. Kenapa langka? Manajemen Logistik merupakan salah satu jurusan yang memang masih belum banyak dijumpai diperguruan tinggi. Salah satu PTS yang membuka Jurusan atau Prodi Manajemen Logistik adalah Universitas Trisakti.

Mahasiswa jurusan ini belajar tentang perencanaan, pengelolaan, pengendalian, dan pengawasan aliran barang, uang, informasi, energi, maupun sumberdaya lain agar dapat mengalir secara efisien dari asal sampai tujuan. Dijurusan ini juga dipelajari tentang sistem informasi logistik, sistem bisnis logistik, hingga cara menghitung ongkos logistik.

Ranah pekerjaan Manajemen Logistik mencakup pengadaan, penyimpanan, penyediaan, pengangkutan, hingga pengemasan bahan baku. Tak heran, orang-orang Manajemen Logistik adalah mereka yang paham tentang tata letak gudang yang baik.

 

5. Teknik Informatika

Matakuliah mahasiswa Teknik Informatika antara lain Matematika Diskrit, Algoritma, Metode Numerik, Aljabar, Database, Bahasa Pemrograman, Arsitektur Komputer, dan matakuliah-matakuliah lain yang masih kental dengan berhitung. Perkuliahan dijurusan ini melatih mahasiswanya untuk berpikir logis dan terstruktur.

Jurusan atau Prodi Teknik Informatika biasanya terdiri dari beberapa peminatan. TI Unpad, misalnya, terdiri dari Komputasi dan Metode Numerik, Sistem Cerdas dan Grafika Komputer, Jaringan Komputer dan Komunikasi Data, serta Sistem Informasi.

Selain dikenal sebagai Teknik Informatika, jurusan ini juga disebut dengan Ilmu Komputer, Matematika Komputasi, Ilmu Informatika, Ilmu Komputasi, atau Informatika saja. Bila Sobat Pintar memiliki minat pada algoritma komputasi, belajar dijurusan ini dapat membuatmu rajin masuk kuliah.

 

Jadi, jurusan mana yang paling menarik buatmu, Sobat? Jika masih memerlukan referensi lagi, Sobat Pintar dapat memperoleh informasi lebih banyak di Kampus Pintar. Go and check it out!

Lebih masukan Blog

Lebih Matang: Perbaiki 4 Kebiasaan Ini

How old are you, Sobat Pintar? You're most likely teens at high school, aren't you? ...

Coba 4 Kegiatan Ini di Kampus

Saat menjadi mahasiswa nanti, kira-kira kegiatan apa selain kuliah yang akan Sobat Pintar...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru