redesain-navbar Portlet

null

Blog

Terfavorit pada SBMPTN 2019 Rumpun Soshum: Ini 3 Jurusan Kuliah IPS

Beberapa jurusan IPS/ Soshum diyakini cukup menjanjikan sehingga dibanjiri banyak peminat.

Jurusan Kuliah IPS, image credit Green Chameleon

Dengan dibukanya kembali kelompok ujian IPC pada UTBK 2020, jurusan kuliah IPS/ Soshum tak hanya diminati anak IPS tapi juga anak IPA. Meskipun begitu, hanya jurusan-jurusan IPS/ Soshum tertentu yang tinggi peminat.

Ditambah pula adanya keyakinan jamak bahwa sebagian saja jurusan kuliah IPS yang menjanjikan, maka semakin padat dan ketat persaingan pada jurusan-jurusan tersebut. Ingin tahu top three jurusan IPS/ Soshum apa yang paling diminati pada SBMPTN 2019? Dan bagaimana daya tampungnya pada SBMPTN 2020? Check these out, Sobat.

 

1. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum adalah jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan – begitulah yang diyakini kebanyakan orang. Tokoh-tokoh masyarakat dengan gelar Sarjana Hukum biasanya berprofesi sebagai pengacara atau notaris. Don't they all look successful, Sobat?

Dibutuhkan perjalanan panjang untuk menjadi seorang pengacara atau notaris. Biasanya profesi-profesi ini mengambil peminatan Ilmu Hukum pada Hukum Pidana atau Hukum Perdata. Selain kedua peminatan tersebut, masih ada pula peminatan Hukum Internasional, Hukum Acara, Hukum Ekonomi, Hukum Lingkungan, serta Hukum dan Teknologi.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1, seorang Sarjana Hukum biasanya akan magang atau bekerja di sebuah firma hukum. Setelah beberapa waktu, mereka akan mengambil tes advokat. Dan untuk menjadi seorang notaris, Sobat harus sudah menyelesaikan kuliah Hukum pada jenjang S2.

Pada SBMPTN 2019, Hukum Universitas Diponegoro difavoritkan sebagai jurusan kuliah untuk anak IPS. Kampus incaran berikutnya untuk jurusan ini adalah Universitas Brawijaya dan Universitas Sebelas Maret. Ilmu Hukum pada ketiga PTN tersebut memang telah terakreditasi A BAN-PT.

Pada SBMPTN 2020, Hukum Undip akan menerima 340 mahasiswa baru. Berturut-turut, Ilmu Hukum UB dan UNS akan menerima 220 dan 225 mahasiswa baru.

 

2. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi tak jarang disebut sebagai jurusan kuliah untuk anak IPS. Sama seperti Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi juga ada peminatannya yaitu Hubungan Masyarakat atau Public Relations, Advertising, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Massa, Jurnalistik, dan Broadcasting.

Sesuai dengan peminatan yang diambilnya, mahasiswa Ilmu Komunikasi belajar tentang produksi film, pembuatan iklan, fotografi, animasi, desain, maupun jurnalisme. Nah, tak heran bila Ilmu Komunikasi memang dikenal sebagai jurusan untuk anak IPS, bukan?

Pada SBMPTN 2019, Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta menerima pendaftar paling banyak. Menarik bahwa ternyata Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta justru yang telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

Pada SBMPTN 2020, Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta akan menerima 140 mahasiswa baru. Sedangkan UPN Veteran Jakarta akan menerima 100 mahasiswa baru dijurusan ini.

 

3. Manajemen

Ketika ditanya, anak SMA jurusan IPS kuliah jurusan apa? Atau, jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja? Jawaban yang hampir selalu muncul adalah Manajemen atau Ekonomi. Entah bagaimana Manajemen lekat dengan status kuliah jurusan IPS.

Peminatan Manajemen cukup beragam, meliputi Manajemen Bisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Syariah, dan Manajemen Produksi. Barangkali keragaman inilah salah satu faktor yang mendorong keyakinan bahwa Manajemen merupakan jurusan kuliah IPS yang menjanjikan.

Pada SBMPTN 2019, Manajemen terfavorit berada di Universitas Negeri Yogyakarta, UPN Veteran Yogyakarta, UPN Veteran Jakarta, dan UPN Veteran Jawa Timur. And yes, Manajemen di universitas-universitas tersebut telah terakreditasi A BAN-PT.

Pada SBMPTN 2020, Manajemen UNY akan menerima 96 mahasiswa baru. Berturut-turut, akan ada 183, 130, dan 200 mahasiswa baru di Manajemen UPN Veteran Yogyakarta.

 

Apakah ketiga jurusan diatas akan menjadi jurusan kuliah IPS yang difavoritkan lagi pada SBMPTN 2020? Sebagian dari jawaban pertanyaan ini berada ditanganmu, Sobat.

90

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ilmu hukum
00
kak mau tanya dong, kalo anak ipa mau linjur ke ips itu ambil utbk soshum apa ipc? terima kasih
00
manajemen dan ilmu hukum
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp