redesain-navbar Portlet

null

Blog

Tips Presentasi Lancar: dari Persiapan hingga Eksekusinya

Presentasi yang baik melibatkan berbagai faktor yang perlu diperhatikkan.

Tips Presentasi, photo by airfocus on Unsplash

Sebagai pelajar, kita wajib banget tau bagaimana cara presentasi yang baik. Iya nggak, sih? Iya, dong. Bukan hanya demi nilai sekolah, tapi keterampilan melakukan presentasi yang baik itu bakal terus kita butuhkan hingga nanti saat kuliah maupun bekerja. So, why don't we learn the skill from now on?

 

Pengertian Presentasi

Photo by Teemu Paananen on Unsplash

Then, let's learn about presentation from square one. Apa itu presentasi? Menuru KBBI, pengertian presentasi adalah pengucapan pidato, penyajian, atau pertunjukan kepada orang-orang yang diundang.

Namun secara umum dapat dipahami bahwa presentasi adalah kegiatan berbicara sebagai bentuk komunikasi di hadapan hadirin atau audiens. Tak bersifat resmi seperti pidato, presentasi merupakan sarana untuk mengutarakan suatu topik, informasi, atau pendapat kepada audiens.

 

Tujuan Presentasi

Photo by Charles Deluvio on Unsplash

Telah disebutkan di atas bahwa tujuan presentasi adalah untuk menyampaikan suatu topik, informasi, atau pendapat kepada audiens. But there's more to it, Sobat Pintar.

Tujuan presentasi bisa sangat beragam. Materi presentasi dapat disusun tak hanya untuk berbagi informasi, tapi juga dapat digunakan untuk membujuk atau meyakinkan orang lain. It depends on who is presenting. Beberapa tujuan presentasi dapat diuraikan seperti di bawah ini.

1. Menyampaikan Informasi

Menyampaikan informasi sebenarnya merupakan fungsi utama presentasi. Informasi tersebut bisa bersifat rahasia, sangat penting, atau bahkan biasa saja. Misalnya, seorang pakar keilmuan biasanya menyampaikan materi presentasi yang bersifat edukatif.

2. Merumuskan Ide atau Gagasan

Presentasi juga dapat digunakan untuk mengajukan solusi atas suatu permasalahan. Presentasi seperti ini lebih komunikatif karena pihak presenter dan audiens lebih intens berdiskusi mencari solusi yang dibutuhkan bersama-sama.

3. Meyakinkan Orang Lain

Materi presentasi juga dapat disusun untuk meyakinkan audiens yang mendengarnya berdasarkan bukti dan data yang disampaikan. Misalnya, presentasi yang baik oleh seorang penjual dapat membujuk, meyakinkan, dan memotivasi klien untuk membeli produk yang sedang dipromosikan.

4. Menghibur Orang Lain

Presentasi yang baik dapat menghibur orang yang mendengarnya. Bukankah Sobat Pintar dapat menikmati stand up comedy ketika seorang stand up comedian mempresentasikan materinya?

5. Memperkenalkan Diri

Yup! You can present and introduce yourself, Sobat Pintar. Misalnya saat wawancara beasiswa atau masuk kuliah, pihak interviewer akan memintamu untuk memperkenalkan diri.

 

Persiapan Presentasi

Photo by Danielle MacInnes on Unsplash

Terlepas dari apapun tujuanmu melakukan presentasi, tips lancar presentasi yang terpenting adalah persiapan. Remember, the man who is prepared has his battle half fought.

Kalau begitu, apa saja yang harus disiapkan agar presentasi kita sukses ­– and so, winning the battle? Tentu saja materi presentasi itu sendiri, Sobat Pintar. But you may choose:

1. Materi Presentasi Lengkap

Apa yang akan Sobat Pintar sampaikan? Siapkan seluruh materi presentasi itu, baik naskah maupun slides, sebelum melakukan presentasi. Hindari membaca seluruh naskah atau slides sepenuhnya agar audiens tidak merasa diabaikan dan merasa bosan karenanya.

2. Sebagian Materi Presentasi

Menyiapkan sebagian saja materi presentasi bukan berarti kita tidak siap melakukan presentasi. Baik materi presentasi itu berupa naskah ataupun slides, kita menuliskan garis besar atau poin-poin yang penting saja. Penjabaran atau penjelasan panjang harus disimpan baik-baik di dalam kepala agar nantinya kita dapat menguraikannya di hadapan audiens.

Bagian penting dari persiapan presentasi adalah berlatih. Practice makes perfect. Salah satu tips lancar presentasi yang cukup penting yaitu berlatih sebelum melakukan presentasi itu sendiri. Kesiapan dan kepercayaan diri melakukan presentasi dapat dipupuk melalui latihan ini.

 

Cara Presentasi yang Baik

Photo by weibo.com/u/5435570920 on Pexels

You did prepare, and you did practice. Then, here comes the day when you have to present yourself in front of the audience. Apa saja yang perlu diingat agar presentasimu berjalan lancar? Inilah tips lancar presentasi untukmu, Sobat Pintar.

1. Tunjukkan Rasa Percaya Diri dan Semangatmu

Jangan tunjukkan sosok yang kurang meyakinkan di depan audiens. Semenarik apapun materi presentasi yang telah disiapkan, audiens bisa melihat ketika kita menyampaikan materi presentasi tersebut dengan penuh keraguan. Show up, and show yourself confidently.

Di sisi lain, ingatlah untuk bersikap rileks. Kuasai panggung dengan melangkah ke berbagai arah, termasuk mendekati audiens. Cara presentasi yang baik adalah dengan memadukan rasa percaya diri dan semangatmu dalam sikap yang rileks dan humble.

2. Kesan Pertama yang Tak Mudah Diabaikan

This is your show. Grasp every body's attention! Buat semua mata memandangmu sejak kata pertama meluncur dari bibirmu. Awali presentasimu semenarik mungkin dengan intonasi suara, sikap badan, ekspresi wajah, dan penampilan yang profesional.

3. Kuasai dan Manfaatkan Teknologi

Presentasi yang baik memerlukan bantuan teknologi. Baik laptop atau proyektor, cara kerja keduanya harus kita kenali dengan baik. Ada remote untuk membantumu me­-manage slides presentasi. Ada video atau animasi yang bisa digunakan untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik. So, why don't you use them?

4. Padat dan Tidak Bertele-Tele

Get your point across. Sampaikan materi presentasi dengan jelas, singkat, padat, lugas tanpa perlu berputar-putar tak tentu arah. Dengan demikian, presentasimu akan menjadi efektif.

5. Kontak Mata

Suatu presentasi yang baik tampak dari reaksi audiens. Kita dapat mengetahui reaksi audiens dengan menjaga arah pandangan mata kita. Jika sibuk menunduk membaca naskah atau membaca slides di proyektor, kita tak tahu apakah audiens sedang tidur atau menyimak presentasi.

Makanya, menjaga kontak mata dengan audiens itu penting. Arahkan saja pandangan mata secara umum kepada seluruh audiens tanpa harus benar-benar melakukan kontak mata dengan satu-dua orang. And put a smile on your face. Make your audience believe that you care about them.

Last but not least, libatkan audiens dalam presentasimu dengan satu-dua pertanyaan ringan – bahkan ini adalah tips lancar presentasi terbaik! Interaksimu dengan audiens dapat membantumu mengatasi degub jantung yang terlalu kencang atau keringat dingin di telapak tangan. Mau mencobanya, Sobat Pintar?

140

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Kunjungi Pameran