redesain-navbar Portlet

null

Blog

Udah tau, belum? Yuk, Kepoin Jurusan Aktuaria dan Profesi Aktuaris!

Jurusan Aktuaria terdapat di universitas negeri dan swasta.

Jurusan Aktuaria, photo by 905513 on pixabay

Salah satu prospek kerja Aktuaria yang paling sering kita dengar adalah aktuaris. Tapi apa sebenarnya profesi aktuaris itu? Bagaimana dengan profesi-profesi lain dari Jurusan Aktuaria? And looking back, apa itu Jurusan Aktuaria? Di mana saja kampus yang memiliki jurusan menarik ini?

 

Aktuaris, Prospek Kerja Impian dari Jurusan Aktuaria

Aktuaris adalah seorang ahli yang mengaplikasikan Ilmu Ekonomi, keuangan, statistika, Matematika, dan probabilita untuk menyelesaikan persoalan bisnis yang terkait dengan risiko. Di Jurusan Aktuaria prospek kerja aktuaris ini biasanya menjadi incaran, Sobat.

Pada umumnya, aktuaris bekerja di perusahaan asuransi. Tugas-tugasnya antara lain menganalisis data statistik tentang berbagai hal seperti tingkat kecelakaan, kematian, penyakit, pensiun, dan lain-lain. Hasil analisis tersebut akan digunakan oleh perusahaan asuransi untuk memprediksi risiko maupun kewajiban pembayaran kepada klein-kliennya.

In other words, seorang aktuaris memiliki tanggung jawab untuk menangani berbagai persoalan bisnis, khususnya yang berkaitan dengan analisis peristiwa masa mendatang. Salah satu alasan kenapa aktuaris menjadi prospek kerja lulusan Aktuaria yang diidam-idamkan adalah penghasilannya yang teramat baik, bahkan untuk fresh graduates.

Tentu saja, prospek kerja Aktuaria tak terbatas pada profesi aktuaris saja. Pemeriksa klaim asuransi, penaksir asuransi, dan surveyor risiko asuransi, adalah sebagian prospek kerja Aktuaria yang tak dapat dipandang sebelah mata.

 

Ilmu Aktuaria, Perpaduan antara Keuangan dan Peluang

Berbagai prospek kerja Ilmu Aktuaria di atas dapat dilakoni oleh semua lulusan Jurusan Aktuaria. Pasalnya, kuliah di jurusan ini sudah membekali kita dengan ilmu tentang bagaimana mengelola risiko keuangan pada masa mendatang.

Let's be precise. As it's mentioned earlier, Aktuaria adalah ilmu yang mencakup Matematika, probability theory, Ilmu Ekonomi, dan Statistika. Perpaduan ilmu-ilmu tersebut digunakan untuk mengidentifikasi, membuat permodelan Matematika, dan menganalisis permasalahan-permasalahan bisnis dan finansial, sehingga pada akhirnya diperoleh solusi.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari saat kuliah di Jurusan Aktuaria yaitu:

- Komputerisasi dan Pemrograman Aktuaria

- Hukum Asuransi

- Manajemen Klaim

- Matematika Dana Pensiun

- Matematika Keuangan

- Probabilita Statistika

- SDM dalam Industri Asuransi, dll.

Untuk menjadi seorang aktuaris, kita harus mengikuti ujian yang diadakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Beberapa mata ujinya antara lain:

- Matematika Keuangan

- Probabilita dan Statistika

- Ekonomi

- Akuntansi

- Metode Statistika

- Matematika Aktuaria

- Pemodelan dan Teori Risiko

- Profesionalisme

- Investasi dan Manajemen Aset

- Manajemen Aktuaria

- Aspek Aktuaria dalam Asuransi Jiwa/ Dana Pensiun/ Asuransi Umum/ Asuransi Kesehatan.

 

Kuliah Ilmu Aktuaria di Kampus Negeri dan Swasta

Seiring waktu, semakin banyak orang yang menyadari cerahnya prospek kerja Ilmu Aktuaria. Tak heran, saat ini sudah banyak kampus-kampus negeri yang membuka Jurusan Aktuaria. Rekomendasi kampus negeri untuk kuliah Ilmu Aktuaria yaitu:

- Institut Pertanian Bogor

- Universitas Indonesia

- Institut Teknologi Bandung

- Universitas Gadjah Mada

- Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Bagaimana dengan Jurusan Aktuaria di kampus swasta? Pilihan kampus swasta untukmu tak kalah keren, Sobat:

- Surya University

- Universitas Pelita Harapan

- Universitas Prasetiya Mulya

- Universitas Katolik Parahyangan

- Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti

Selain Jurusan Aktuaria pada jenjang S1, Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti juga menaungi Jurusan Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Underwriting, Manajemen Klaim, Manajemen Pialang Asuransi, Manajemen Aktuaria, dan Manajemen Asuransi Syariah. Pada Program D3, STMA Trisakti menaungi dua prodi, yaitu Asuransi Jiwa dan Asuransi Kerugian.

 

Aktuaris, Profesi Tenaga Ahli yang Dibutuhkan

Prospek kerja lulusan Aktuaria di Indonesia ke depannya boleh dibilang cukup menjanjikan. Selain penghasilan yang baik, peluang kerjanya pun terbuka lebar. Saat ini setiap perusahaan diwajibkan memiliki minimal satu aktuaris, sedangkan perusahaan asuransi membutuhkan hingga puluhan aktuaris.

Walaupun begitu, Aktuaria adalah bidang ilmu yang cukup spesifik. Dalam artian, belajar Ilmu Aktuaria akan terasa menarik bagi Sobat Pintar yang suka melakukan riset, berhitung, melakukan analisis, bekerja secara mandiri, dan teliti.

Is that you, Sobat? Untuk memastikan pilihan jurusan kuliahmu, jangan ragu gunakan Tes Penjurusan. Terlepas dari prospek kerja lulusan Aktuaria yang begitu baik, kita perlu melihat ke dalam diri sendiri agar jurusan kuliah yang dipilih memang benar-benar telah sesuai.

30

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp