redesain-navbar Portlet

null

Blog

Aktuaris, Prospek Kerja Jurusan Aktuaria yang Paling Menjanjikan

Lulusan Jurusan Aktuaria banyak yang kemudian berprofesi sebagai aktuaris.

Prospek Kerja Jurusan Aktuaria, photo by stevepb on pixabay

Baru muncul sekitar tiga tahun terakhir, tapi Jurusan Aktuaria segera menjadi salah satu jurusan dengan keketatan cukup tinggi di SBMPTN. Kok bisa gitu? Salah satu sebabnya adalah peluang karir lulusan Aktuaria yang terbilang cukup cerah, Sobat.

Selain menjadi Aktuaris, mereka yang telah selesai kuliah Aktuaria bisa menekuni profesi lain seperti surveyor, analis investasi, perencana keuangan, maupun profesi-profesi sejenis. Still, actuary is the dream job nowadays. Ingin tahu sebabnya? Let's dive into it, Sobat!

 

Aktuaris, Peluang Karir Lulusan Aktuaria Idaman

Aktuaria adalah ilmu yang mengaplikasikan ilmu statistika dan metode matematika untuk menaksir risiko dalam industri keuangan dan asuransi. Aktuaris adalah seorang ahli yang mengaplikasikan ilmu ekonomi, keuangan, statistika, matematika, dan probabilita untuk menyelesaikan persoalan bisnis yang terkait dengan risiko.

Pada umumnya seorang aktuaris bekerja di perusahaan asuransi – it's not a must, though. Tugas seorang aktuaris di perusahaan asuransi antara lain menganalisis data statistik tentang berbagai hal seperti tingkat kecelakaan, kematian, penyakit, pensiun, dan lain-lain.

Next, hasil analisisnya akan digunakan oleh perusahaan untuk memprediksi risiko maupun kewajiban pembayaran kepada klein-kliennya. Tentunya, semua ilmu tentang satistik, risiko, dan prediksi sudah dikupas tuntas selama kita kuliah di Jurusan Aktuaria.

 

Ilmu Aktuaria dan Aplikasinya di Berbagai Bidang

Apakah bekerja di perusahaan asuransi adalah satu-satunya peluang karir lulusan Aktuaria? Tentu tidak, Sobat! Seorang aktuaris dapat pula bekerja di bidang pengelolaan dana pensiun, investasi, perbankan, keuangan, instansi pemerintah, pendidikan, bahkan di start up.

Itulah sebabnya, jabatan pekerjaan aktuaris sendiri cukup beragam, seperti Aktuari Pengembangan Produk, Analis Aktuaria, Analis Harga, Asisten Aktuaria, Aktuari Harga, Rekan Aktuaria, Aktuari Kesehatan, Konsultan Aktuaria, ataupun Aktuari Konsultasi. Setiap alumnus S1 Aktuaria bisa menjalani profesi-profesi tersebut.

Sesuai dengan jabatan pekerjaannya masing-masing, tugas aktuaris mencakup jasa konsultasi, perencanaan keuangan, bahkan perhitungan premi. Seorang aktuaris pun dapat menjelaskan persoalan-persoalan teknis kepada petugas pemerintahan, eksektif perusahaan, pemegang polis asuransi, pemegang saham, maupun publik.

Bila bekerja pada perusahaan asuransi, seperti telah disebutkan di atas, aktuaris bertugas memastikan berapa tingkat premi, berapa besar persediaan uang perusahaan, dan berapa banyak kewajiban yang harus dibayarkan oleh perusahaan sehingga perusahaan tersebut masih memperoleh laba. So, is it interesting for you, Sobat?

 

Kuliah Aktuaria, Langkah Awal Menjadi Aktuaris

If it is, then what are you waiting for? Cek dulu apakah Jurusan Aktuaria memang cocok buatmu. Jika kalian memang 'sehati' dan cocok, temukan Jurusan Aktuaria terbaik untukmu.

Setelah kuliah Aktuaria, kita harus mengikuti ujian yang diadakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Untuk menjadi seorang Ajun Aktuaris atau Associate, kita harus lulus ujian Matematika Keuangan, Probabilita dan Statistika, Ekonomi, Akuntansi, Metode Statistika, Matematika Aktuaria, Pemodelan dan Teori Risiko, serta Profesionalisme.

Sedangkan mata uji untuk menjadi seorang Tingkat Aktuaris atau Fellow yaitu Investasi dan Manajemen Aset, Manajemen Aktuaria, dan Aspek Aktuaria dalam Asuransi Jiwa/ Dana Pensiun/ Asuransi Umum/ Asuransi Kesehatan.

Banyak banget ujiannya ya, Sobat. Psstt... penyetaraan ujian untuk menjadi aktuaris bisa dilakukan selama kita kuliah, kok. Eitts, ada tapinya! Penyetaraan ujian ini hanya bisa dilakukan selama kita kuliah Aktuaria di kampus-kampus yang memiliki kerja sama dengan PAI dan PT. Jasindo.

Berikut ini kampus-kampus dengan Prodi Aktuaria di mana Sobat dapat mengikuti ujian penyetaraan selama kuliah:

1. Institut Teknologi Bandung

2. Universitas Gadjah Mada

3. Institut Pertanian Bogor

4. Universitas Indonesia

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

6. Universitas Padjadjaran

7. Universitas Brawijaya

8. Universitas Katolik Parahyangan

 

Aktuaris, Profesi Menjanjikan dari Jurusan Aktuaria

Ketika sama-sama mulai memasuki dunia kerja, alumni Jurusan Aktuaria adalah juaranya. Apa pasal? Yup! Penghasilan awal aktuaris terbilang cukup besar dibandingkan profesi-profesi lain. Gaji pada kisaran Rp4 hingga Rp7 jutaan siap masuk kantong aktuaris di awal perjalanan profesinya.

Bahkan, aktuaris di berbagai negara adalah profesi dengan bayaran tertinggi dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun tentu saja, dibutuhkan etos kerja yang baik untuk menjalani profesi ini. Seorang aktuaris wajib menguasai ilmu-ilmu administrasi, manajemen, komunikasi, media, ekonomi, akuntansi, matematika, hukum, hingga pemerintahan.

Aktuaris juga perlu memiliki soft skills dalam problem solving, critical thinking, dan decision making. Oh ya, ada banyak dokumen yang harus dibaca oleh seorang aktuaris. Now, do you enjoy reading, Sobat Pintar?

30

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp