APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

10 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta 

Jumlah universitas swasta di Jakarta ada banyak, tetapi sebagian saja yang berada di urutan atas pemeringkatan dunia.

Universitas Swasta di Jakarta, photo by Katerina Holmes on Pexels

Kampus terbaik di Jakarta itu apa aja, sih? Kalau kampus negeri seperti Universitas Indonesia atau Universitas Negeri Jakarta, kita semua udah tau lah, ya! Gimana kalau kampus swasta?

Apa aja kampus atau universitas swasta di Jakarta? Mau tau, Sobat Pintar? Yuk, kita kenalan sama 10 kampus terbaik di Jakarta berikut!

 

Pengertian Universitas Swasta

kampus terbaik di JakartaPhoto by Katerina Holmes on Pexels

Universitas swasta adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasi, bahkan profesi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan. Sebagai penyelenggara pendidikan, universitas swasta merupakan badan hukum (biasanya yayasan) yang didirikan oleh masyarakat dan berprinsip nirlaba.

Begitu pula dengan universitas swasta di Jakarta. Banyak kampus swasta di Jakarta yang didirikan oleh yayasan. Yayasan yang bersangkutan pula yang menyelenggarakan pendidikan di kampus swasta tersebut.

 

Perbandingan Kuliah di Universitas Negeri dengan Swasta

jumlah universitas swasta di JakartaPhoto by Ekaterina Bolovtsova on Pexels

Terus, apa bedanya antara universitas swasta dan negeri? Kamu bisa menebaknya, Sobat?

Yang pasti, universitas swasta didirikan dan dikelola oleh masyarakat, yang dikenal juga sebagai pihak swasta. Sementara itu, universitas negeri didirikan oleh pemerintah.

Dari sini, buntutnya agak panjang, Sobat. Pihak yang mendirikan dan mengelola sebuah institusi pendidikan sudah cukup memengaruhi penyelenggaraan pendidikan di dalamnya. Misalnya, universitas negeri yang memperoleh dana pendidikan dari pemerintah cenderung memiliki keterbatasan fasilitas. Akibatnya, kuota penerimaan mahasiswa baru harus menyesuaikan dengan fasilitas yang terbatas tersebut.

Sebaliknya, pendanaan universitas swasta yang dilakukan secara mandiri memungkinkannya untuk menyediakan fasilitas sesuai anggaran yang ada. Itulah sebabnya, ada beberapa kampus swasta di Jakarta yang memiliki fasilitas lebih baik ketimbang fasiltas pendidikan di sebagian kampus negeri.

Di dunia kerja, tak jarang reputasi kampus turut memengaruhi prospek karier alumninya. Itulah sebabnya kampus negeri dengan reputasi yang baik biasanya kebanjiran peminat dari tahun ke tahun. Di sisi lain, kampus swasta dapat membangun prestisenya sendiri melalui jaringan alumni yang kuat dan relasi yang yang baik dengan dunia industri.

Baik negeri maupun swasta, sebenarnya kita enggak bisa memukul rata bahwa yang satu lebih baik dari yang lain, Sobat Pintar. Ada bermacam variabel yang mesti dipertimbangkan saat memilih tempat kuliah, baik dari diri kita sendiri maupun dari kampusnya.

 

Daftar 10 Universitas Swasta Terbaik DKI Jakarta 2024

universitas akreditasi A di JakartaPhotyo by Monfocus on Pixaba

Kalau begitu, apa saja rekomendasi kampus swasta buat kuliah di Jakarta tahun ini? Berdasarkan QS World dan Asia University Rankings serta uniRank 2024, ini dia 10 kampus terbaik di Jakarta.

1. Bina Nusantara University (BINUS)


Image source: binus.ac.id

BINUS menjadi universitas swasta di Indonesia yang berada di urutan teratas pada QS ranking 2024. Memiliki reputasi sebagai world class university, mahasiswa internasional BINUS tercatat terdiri dari 50 kewarganegaraan. Universitas ini meraih akreditasi Unggul di dalam negeri dan lima QS Stars secara internasional, meliputi social responsibility, employability, teaching quality, inclusiveness, dan lain-lain.

BINUS tercatat memiliki sembilan kampus di enam kota. Khusus di Jakarta, lokasi kampusnya berada di kawasan Jakarta Barat. Berikut tiga kampus di Jakbar tersebut:

  • Kampus Anggrek: Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27, Kebon Jeruk
  • Kampus Kijang: Jl. Kemanggisan Ilir III No. 45, Kemanggisan/Palmerah
  • Kampus Syahdan: Jl. K. H. Syahdan No. 9, Kemanggisan/Palmerah

2. Telkom University


Image source: telkomuniversity.ac.id

Universitas swasta di urutan kedua QS ranking adalah Telkom University. Tel-U, begitu nama populer kampus ini, menggabungkan empat institusi pendidikan tinggi di bawah naungan Telkom Foundation, yaitu Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom, serta Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom.

Tel-U juga meraih lima QS Stars dan secara internasional berada di urutan yang sama dengan BINUS. Di dalam negeri status akreditasi institusinya pun sama, yakni Unggul. Kampus utama Tel-U berada di Bandung, sedangkan kampus di Jakbar beralamat di Jl. Raya Daan Mogot, Kedaung Kali Angke, Kecamatan Cengkareng.

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya


Image source: www.atmajaya.ac.id

QS ranking mencatat tiga bintang untuk Unika Atma Jaya. Peringkat internasionalnya berada di urutan ke-1201-1400 dan universitas swasta ini telah meraih akreditasi Unggul dari BAN-PT. Selain kampus BSD di Banten, Unika Atma Jaya memiliki satu kampus di Jaksel dan satu lagi kampus di Jakut:

  • Kampus Semanggi: Jl. Jend. Sudirman No.51, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi
  • Kampus Pluit: Jl. Pluit Raya No.2, RT.21/RW.8, Penjaringan, Kec. Penjaringan

4. Universitas Tarumanagara (UNTAR)


Image source: untar.ac.id

Di Asia Tenggara, UNTAR menorehkan empat QS Stars. Universitas swasta di Jakarta ini tergolong salah satu kampus tertua di Indonesia dan telah meraih akreditasi Unggul. Ada dua kampus di Jakbar milik UNTAR, yaitu:

  • Jl. Letjen S. Parman No. 1, Grogol
  • Jl. Tanjung Duren Utara No. 1, Grogol

5.  Universitas Budi Luhur (UBL)


Image source: www.budiluhur.ac.id

Menurut pemeringkatan uniRank, UBL berada di urutan ke-9 se-Indonesia. Akreditasi terbaru universitas swasta yang berdiri pada 2002 ini tercatat B. UBL punya dua lokasi kampus di Jakpus, yakni:

  • Kampus Roxy: Pusat Niaga Roxy Mas Blok E2 NO. 38-39 Jl. K.H. Hasyim Ashari
  • Kampus Salemba: Sentra Salemba Mas Blok S-T Jl. Salemba Raya No. 34-36

6. Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka (UHAMKA)


Image source: uhamka.ac.id

Dari sekian jumlah universitas swasta di Jakarta, universitas Muhammadiyah turut menjadi bagian dan berada di urutan ke-20 se-Indonesia versi uniRank. Namun Jakarta enggak punya universitas Muhammadiyah loh, Sobat! Menariknya, universitas Muhammadiyah yang ada di Jakarta ini bernama Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

UHAMKA tercatat berdiri sejak 1997, tetapi sebenarnya memiliki sejarah panjang sejak tahun 1957. Universitas dengan akreditasi Unggul ini berkampus di Jl. Limau 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

7. Universitas Gunadarma (UG)


Image source: www.instagram.com/gunadarma

Tak seperti kebanyakan universitas swasta, UG memiliki keketatan masuk yang terbilang cukup tinggi. Meskipun angka penerimaan mabanya hanya di kisaran 10-19%, UG sudah meraih akreditasi Unggul di dalam negeri dan berada di urutan ke-27 pemeringkatan uniRank.

Kampus utama UG berada di Depok, Jawa Barat. Namun universitas swasta ini memang dikenal punya banyak lokasi kampus. Di Jakarta saja, kampusnya cukup banyak:

  • Kampus A (Kenari): Jl. Kenari nomor 13, Jakarta Pusat
  • Kampus B (Salemba Bluntas): Jl. Salemba Bluntas, Jakarta Pusat
  • Kampus C (Salemba): Jl. Salemba Raya nomor 53, Jakarta Pusat
  • Kampus H2 (Simatupang): Jl. Tahi Bonar Simatupang kavling 38, Jakarta Selatan
  • Kampus J4 (Kemang Pratama): Jl. Kemang Pratama Raya no.13, Jakarta Timur
  • Kampus J5 (Cakung ): Jl. Sentra Primer Baru Timur, Jakarta Timur
  • Kampus L (Cengkareng): Jl. Raya Kamal Outring nomor 75, Jakarta Barat

8. Universitas Esa Unggul (UEU)


Image source: www.esaunggul.ac.id

Universitas swasta di Jakarta ini berdiri pada 1986, dinaungi oleh Yayasan Pendidikan Kemala Mencerdaskan Bangsa. Akreditasi institusinya saat ini tercatat Baik Sekali. Tingkat ketetatan masuknya terbilang sedang, sejumlah 50-59% calon mahasiswa baru yang mendaftar ke UEU dinyatakan lolos seleksi. Posisi UEU di pemeringkatan uniRank berada di urutan ke-38.

Lokasi kampus UEU di Jakarta berada di Jalan Arjuna Utara No.9, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ada dua lagi kampus UEU yang berlokasi di Tangerang dan Bekasi.

9. Universitas Mercu Buana (UMB)


Image source: pendaftaran.mercubuana.ac.id

UMB saat ini telah terakreditasi Unggul dan berada di urutan ke-50 se-Indonesia menurut uniRank. Kalau akreditasi institusi menjadi salah satu prioritasmu dan kamu mencari universitas akreditasi A di Jakarta, UMB jelas memenuhi kriteriamu, Sobat.

Namun mesti diperhatikan, UMB memiliki keketatan masuk yang cukup tinggi dengan angka penerimaan maba sebesar 20-29% saja. Berdiri pada 1985, kampusnya di Jakarta ada di beberapa lokasi, yakni:

  • Kampus Meruya: Jl. Meruya Selatan no. 1 Kembangan, Jakarta Barat
  • Kampus Menteng: Jl. Menteng Raya no. 29, Jakarta Pusat
  • Kampus Warung Buncit: Jl. Warung Buncit Raya no. 98, Jakarta Selatan

10. Universitas Pertamina


Image source: universitaspertamina.ac.id

uniRank menyebutkan bahwa universitas swasta ini memiliki akronim UPER dan menempatkannya di urutan ke-53. Berdiri pada 2016, Universitas Pertamina saat ini meraih akreditasi Baik dari BAN-PT. Lokasi kampus di Jaksel berada di Jl. Teuku Nyak Arief, Simprug, Kebayoran Lama.

Dari 10 kampus di atas, mana nih universitas swasta yang kira-kira bakal kamu kepoin lebih lanjut? Ingat ya, tiap-tiap kampus biasanya unggul dalam satu hal. Misalnya, jika mencari universitas swasta di Jakarta yang murah, kamu mesti membandingkan UKT dan uang gedung beberapa kampus sekaligus.

Beda lagi kalau, misalnya, kamu sekarang bersekolah di salah satu SMA swasta di Jakarta dan ingin melanjutkan kuliah di kampus dengan yayasan yang sama. Kalau begitu, kuliah di BINUS atau UNTAR bisa menjadi pertimbangan, Sobat Pintar! Siapa tau kamu bisa mendapatkan beasiswa dari yayasan, ya ga tuh?

0
20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog